Piala Liga: 1998

Untuk tahun kedua beruntun The Blues hadir di Wembley dan untuk kali kedua beruntun pula Middlesbrough hadir sebagai lawan.

Satu-satunya perbedaan adalah ini pertandingan final Piala Liga dan Chelsea ditangani oleh Gianluca Vialli, yang melanjutkan tugas Ruud Gullit, Februari tahun ini.

Kemenangan 2-0 juga diraih dan Vialli mengangkat trofi begitu peluit panjang berbunyi (kapten Dennis Wise membiarkan sang player-manager yang melakukannya), tapi kali ini perpanjangan waktu dibutuhkan karena Middlesbrough yang diperkuat para pemain seperti Paul Merson, Andy Townsend, dan Paul Gascoigne gigih berjuang.

Frank Sinclair membuka kedudukan, mengawali pergerakan yang berakhir dengan sundulan kepala menyambut umpan silang Wise. Kemudian Roberto Di Matteo kembali menghancurkan impian The Teesiders, setelah menyambar umpan tendangan penjuru Gianfranco Zola.

Kevin Hitchcock menjadi pahlawan di babak kedua, dengan mencegah dua penalti saat adu penalti ketika memaksa Blackburn puas dengan skor imbang 1-1. Di babak keempat, Southampton dikalahkan 2-1 di kandang kita.

Gol-gol Tore Andre Flo dan Graeme Le Sauz memberikan kita keunggulan 2-0 saat tandang ke Ipsiwch pada perempat-final, tapi keunggulan itu menguap hingga pertandingan kembali ditentukan melalui adu penalti. Kali ini Ed de Goey menjadi pembeda dengan melakukan penyelamatan dari James Scrowcroft dan Mauricio Tarrico untuk mengamankan kemenangan 4-1. Di semi-final yang dimainkan dua leg, Arsenal telah menanti.

Leg pertama dilangsungkan di Highbury, kita tampil buruk dan beruntung hanya kalah 2-1. Stephen Hughes memborong gol-gol kemenangan The Gunners, tapi sundulan telat Mark Hughes memberikan secercah harapan kala tampil di Stamford Bridge.

Persiapan leg kedua diwarnai dengan mundurnya Gullit. Vialli mengganti pelatih asal Belanda itu dan ini menjadi laga pertamanya.

Periode kepelatihan pemain-manajer Italia itu diawali dengan baik. Hughes menciptakan keunggulan sekaligus menyamakan skor agregat pada babak pertama. Di Matteo kemudian mencetak gol dengan tembakan keras ke pojok gawang. Ditambah pula finis cantik Dan Petrescu yang membuat skor menjadi 3-0.

Dennis Bergkamp mencetak gol penalti telat untuk Arsenal yang memberikan akhir laga menegangkan, tapi peluit akhir segera berakhir yang disambut dengan kegembiraan di seantero stadion.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA