HASIL AKHIR

LAPORAN PERTANDINGAN

Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Chelsea 3 Burnley 0

The Blues berhasil menyudahi hasil-hasil kurang maksimal di kandang pada Sabtu malam ini dengan menghabisi perlawanan tim tamu Burnley sekaligus mengukuhkan posisi kami di peringkat empat.

Berbeda dengan saat kalah dari West Ham, Bournemouth, dan Southampton di Stamford Bridge, pasukan Frank Lampard berhasil mencetak gol pertama setelah mendominasi pertandingan, dan sudah unggul 2-0 saat turun minum berkat penalti atas pelanggaran Willian dan dituntaskan oleh Jorginho serta gol yang tercipta dari kombinasi alumni Akademi Chelsea. Umpan silang Reece James diselesaikan dengan manis lewat tandukan Tammy Abraham. Ini adalah gol ke-15 pencetak gol terbanyak kami musim ini.

Callum Hudson-Odoi, dengan gol pertama di liga dalam kariernya, membuat kami menjauh 3-0 tak lama setelah babak kedua dimulai.

Ini adalah pertemuan ke-100 antar kedua klub dan sebelum laga ini kedua tim punya rekor kemenangan yang sama. Seusai pertandingan, Chelsea unggul dalam jumlah kemenangan.

N’Golo Kante tak dibawa dalam pertandingan ini lantaran cedera hamstring yang dialaminya saat berlatih kemarin dan dengan cederanya Christian Pulisic, dua pemain yang tampil di laga FA Cup kontra Forest (dan mencetak gol), Ross Barkley dan Callum Hudson-Odoi, dipertahankan di posisinya.

Andreas Christensen melakoni start pertamanya di Premier League sejak kalah di markas Everton sebulan lalu dan tampil solid di laga yang berakhir dengan clean sheet pertama kami di kandang dalam dua bulan terakhir.
 

Burnley tak punya banyak pilihan di depan mengingat Ashley Barnes cedera dan Jay Rodriguez sakit, dan terpaksa memainkan Chris Wood. The Clarets sempat was-was ketika hidung penyerang tengah mereka berdarah setelah mengalami benturan keras di menit-menit awal, namun ia bisa melanjutkan pertandingan.

Jeff Hendrick, yang mendukung Wood di depan, melepas tembakan yang masih sedikit terlalu tinggi dan melebar di menit pertama. Willian kemudian melepas tembakan yang mengenai pemain lawan dan melebar di hadapan Shed End.

Giliran James menembak, lalu mengumpan silang. Bek kanan belia ini tampil menawan di 15 menit pertama di tengah gerakan-gerakan menjanjikan yang dikombinasikan dengan tempo operan yang ciamik dari the Blues.
 

Reece James punya andil besar dalam serangan tim

Burnley berhasil menceploskan bola ke gawang setelah tendangan bebas mereka ditanduk ke belakang, ke arah Jeff Hendrick yang berdiri di dalam kotak penalti dan menanduknya, namun VAR sepakat dengan hakim garis yang mengangkat bendera offside.

Dua puluh lima menit berlalu ketika keputusan wasit berpihak kepada Chelsea. Willian, yang diumpan oleh James, berdiri di sisi kiri kotak penalti Burnley dan menanduk bola yang sedikit masuk ke dalam kotak penalti. Kakinya secara ceroboh ditekel oleh Matthew Lowton. Jelas sebuah pelanggaran yang membuahkan penalti. Jorginho yang jadi algojo tak menyia-nyiakan kesempatan dengan sukses mengecoh Nick Pope dengan tendangan penalti khasnya.
 

Algojo kami membuka keunggulan

Ketika Burnley berusaha mengejutkan kami dengan melepas bola lambung, Kepa berhasil mementahkan tendangan bebas Dwight McNeil. Lalu, dari sebuah sepak pojok, beruntung ada Ross Barkley dan Azpilicueta yang berhasil menghalau bola sebelum melewati garis gawang.

Klub asal Lancashire itu bisa memberikan respons yang baik namun mereka malah tertinggal 2-0. James, di bawah tekanan pemain lawan, mengirim umpan silang brilian dari garis pinggir kanan lapangan dan ditanduk oleh Abraham. Setelah melompat tinggi, bola ditanduk memantul ke tanah. Saat bola bergerak ke atas, Pope dan Ben Mee, yang berdiri di mulut gawang, tak cukup cepat bereaksi dan malah membuat keduanya salah pengertian.
 

Tandukan Tammy Abraham yang membuahkan gol pertamanya di tahun 2020
Loading OPTA feed

Pope bisa menggagalkan upaya James untuk mengubah kedudukan menjadi 3-0 sebelum turun minum namun kami tak perlu menunggu lama untuk merealisasikannya. Lampard tentu senang dengan cara kami memulai babak kedua.

Kerja sama Mount dan Abraham yang bertukar umpan di depan gawang nyaris membuahkan hasil. Kemudian, Hudson-Odoi sukses menggetarkan gawang lawan di menit ke-49. Azpilicueta menyuplai umpan silang, Abraham nyaris bisa menjangkaunya dengan kepala namun di belakangnya ada si pemain sayap muda yang dengan mudah menceploskan bola dari jarak dekat. VAR kembali digunakan, untuk melihat apakah Abraham sudah mengenai bola sebelumnya – sehingga mengakibatkan gol dianulir karena offside – namun kemudian skor sah menjadi 3-0.
 

Callum Hudson-Odoi bikin gol ketiga

Pope berhasil mementahkan upaya Abraham yang memanfaatkan umpan apik Mount. Kemudian Mount kembali melepas umpan silang yang kembali menciptakan peluang bagi si pemain no.9, yang menanduknya dari dekat gawang. Masih melebar.

Namun demikian, pesepak bola 22 tahun itu telah punya andil besar dan di sisa babak kedua sulit untuk mengharapkan the Blues mencetak gol lagi. Lampard sendiri tidak melakukan pergantian.

Sepakan Willian bisa ditepis ke atas gawang dan tendangan Mount, menyambar umpan silang Hudson-Odoi, digagalkan oleh Pope. Sebuah pergerakan apik kembali mengancam gawang lawan namun gol keempat, yang menyamai kemenangan 4-2 kami di Turf Moor Oktober lalu, sulit tercipta. Bagaimana pun, ini kemenangan yang impresif.

Sebelum pertandingan dimulai, bos Burnley Sean Dyche menyatakan bahwa pasukannya merasa percaya diri untuk melawan Chelsea, dibanding tim-tim besar lainnya, mengingat hasil sebelumnya. Keyakinan yang terbukti bertolak belakang dengan hasil pertandingan.

Chelsea (4-3-3): Kepa; James, Christensen, Rudiger, Azpilicueta (k); Barkley, Jorginho, Mount; Hudson-Odoi, Abraham, Willian.
Cadangan Caballero, Zouma, Tomori, Emerson, Kovacic, Pedro, Batshuayi.
Gol Jorginho 27 pen, Abraham 38, Hudson-Odoi 49

Burnley (4-2-3-1): Pope; Lowton, Tarkowski, Mee (k), Taylor; Westwood, Cork; Lennon, Hendrick (Vydra 73), McNeil; Wood.
Cadangan Hart, Bardsley, Gibson, Long, Koiki, Pieters.
Kartu kuning McNeil 45+2, Westwood 54, Lennon 58

Penonton 40.396
Wasit Kevin Friend

Premier League 2019/2020
1Liverpool20191049143558
2Leicester City22143547212645
3Manchester City21142556243244
4Chelsea22123739291039
5Manchester United2297636251134
6Sheffield United228862421332
7Wolverhampton Wanderers2271053128331
8Tottenham Hotspur218673630630
9Crystal Palace227872024-429
10Arsenal2261062931-228

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA