HASIL AKHIR

LAPORAN PERTANDINGAN

Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Bournemouth 2 Chelsea 2

Sebuah gol telat Marcos Alonso, gol keduanya di laga itu, menghindarkan Chelsea dari kekalahan kedua beruntun serta mencegah Bournemouth mencatatkan dobel pertamanya atas kami di liga.

Si pemain Spanyol, dengan tendangan voli kerasnya, membuat the Blues unggul saat turun minum. Setelah mengawali pertandingan dengan kurang apik, penampilan kami perlahan membaik namun seperti dalam laga tengah pekan di Liga Champions, kami kemasukan dua gol dalam waktu singkat di babak kedua dan tampaknya kami tidak akan mampu menyamakan kedudukan meski terus menekan.

Bournemouth terus bertahan untuk mempertahankan keunggulan namun akhirnya pertahanan mereka jebol juga lima menit menjelang menit ke-90. Sepakan Pedro bisa dimentahkan kiper lawan namun bola mengarah ke Alonso yang berada di tempat yang tepat dan sukses menyamakan kedudukan lewat sebuah sundulan. Dia bahkan seharusnya bisa mencetak hat-trick jika saja sundulannya di masa perpanjangan waktu tidak melebar.

Meski Bournemouth tampil lebih dominan di awal laga dan memiliki peluang-peluang untuk unggul lebih dahulu, Alonso berhasil menciptakan gol pembuka yang merupakan buah dari dominasi pasukan Frank Lampard di pertengahan babak pertama. Gol itu tercipta setelah sepakan Olivier Giroud hanya menggetarkan tiang gawang.

Penyerang tengah asal Prancis itu kemudian melewatkan sebuah peluang emas untuk menggandakan keunggulan di awal babak kedua. Tak lama kemudian Jefferson Lerma dan Josh King membalikkan keadaan. The Londoners, yang tertinggal 2-1, membombardir pertahanan the Cherries yang bertahan total dan gol penyeimbang pun lahir tak lama setelah upaya dari Michy Batshuayi, masuk sebagai pengganti, bisa diamankan lawan.
 

Alonso dan Pedro merayakan gol pertama

Bournemouth memulai laga dengan meyakinkan

Willy Caballero sudah harus melakukan penyelamatan gemilang dengan kakinya di menit kelima untuk menghentikan percobaan Philip Billing yang menyambut umpan silang dari sisi kanan lapangan.

Beberapa saat kemudian, dari pemain yang sama, the Cherries seharusnya bisa unggul lebih dahulu ketika pemain bertubuh ramping tersebut lolos dari pengawalan Fikayo Tomori. Beruntung sepakannya hanya mengarah ke sisi samping gawang.

Chelsea harus bertahan dalam-dalam hingga ke kotak penalti sebelum kemudian mengendalikan permainan cukup lama. Dalam periode itulah Jorginho menerima kartu kuning ke-10-nya di Premier League musim ini dan berakibat pada skorsing dua pertandingan di liga.

Menjelang setengah jam, Pedro dan Alonso mulai menunjukkan pengaruhnya di sisi kiri sepertiga akhir lapangan, dan dari duel bola atas si bek sayap itulah Mason Mount mendapat peluang tembak. Tembakan on target kedua kami itu masih bisa diamankan oleh Aaron Ramsdale.

Alonso kembali mencetak gol di hari Sabtu

Kiper Bournemouth itu tak bisa berbuat apa-apa beberapa menit kemudian ketika Alonso menjebol gawangnya dari kotak enam yard. Bola meluncur deras ke arah si pemain Spanyol menyusul sentuhan Olivier Giroud terhadap umpan silang Reece James. Bournemouth pastinya merasa bersalah telah memberi ruang kepada James dan Jorginho dalam prosesnya. 33 menit berlalu dan skor berubah menjadi 1-0.

Momen terciptanya gol pertama

Sebelum turun minum, James memaksa Ramsdale melakukan penyelamatan sambil menjatuhkan diri dengan sebuah tembakan jarak jauh.

Permainan the Blues, berkaus putih hari ini, di babak pertama kurang mengalir dan terlalu mudah memberikan bola ke lawan. Namun, mengingat awal yang kurang apik dan peluang-peluang cepat dari lawan, keunggulan 1-0 saat interval perlu disyukuri.

Perubahan di babak kedua

Skor bisa saja menjadi 2-0 tak lama setelah babak kedua dimulai seandainya sambaran Giroud atas umpan silang Alonso tidak melebar. James mencoba menembak dari jauh namun bola masih melambung. Operan-operan Chelsea mulai membaik di awal babak kedua ini.

Namun tidak dengan antisipasi bola mati. Banyak pemain Chelsea yang berada di dekat Jefferson Lerma namun mereka tak mampu mengantisipasi tandukannya – dari situasi sepak pojok – yang terlalu keras untuk bisa dihentikan oleh Caballero.

Tim tuan rumah mengubah kedudukan menjadi 1-1 lewat sebuah sundulan

Itu terjadi di menit ke-54 dan dua menit kemudian Bournemouth unggul melalui sebuah pergerakan cepat. Billing mengoper ke Stacey yang kemudian melepas umpan silang rendah dan dibelokkan oleh Josh King ke sudut jauh.

Pergantian formasi

Ketika pasukannya terlihat kesulitan bangkit setelah tertinggal, Lampard melakukan dua pergantian sekaligus dengan memasukkan Willian dan Ross Barkley untuk Tomori dan Jorginho berturut-turut. Formasi pertahanan beralih ke empat bek.

Hujan mulai deras ketika tandukan Giroud yang memanfaatkan umpan silang James melebar. Pemain pengganti lainnya, Michy Batshuayi, berhasil menjebol gawang lawan di 20 menit terakhir namun sudah lebih dahulu terperangkap offside.

Pada saat ini, Bournemouth menumpuk seluruh pemainnya di belakang dan nyaris saja kebobolan ketika sepakan Barkley mengenai pemain lawan dan melebar tipis.

Chelsea menekan habis-habisan di 10 menit terakhir. Ramsdale masih bisa menyelamatkan gawangnya dengan mementahkan tembakan Batshuayi dari jarak dekat sementara tendangan Azpilicueta melebar.

Batshuayi tak sengaja memblok sepakan Alonso sebelum gol penyeimbang tercipta ketika laga tersisa lima menit lagi.

Ramsdale kembali melakukan penyelamatan, kali ini dari sepakan Alonso, tetapi meski sempat menepis sundulan follow-up Alonso, skor tetap berubah menjadi 2-2.

Di menit-menit terakhir, Chelsealah yang sepenuhnya memiliki peluang untuk memenangi pertandingan. Sebuah percobaan dari Barkley masih melebar tipis sementara harapan Alonso untuk mencetak hat-trick sirna ketika sundulannya yang memanfaatkan umpan silang James meluncur ke samping gawang.

Perubahan susunan tim

Frank Lampard tidak melakukan perubahan besar-besaran dari tim yang menelan kekalahan di Liga Champions pada tengah pekan dengan hanya menggantikan Toni Rudiger dan Ross Barkley dengan Fikayo Tomori dan Pedro. Tomori memainkan laga pertamanya sejak terakhir kali tampil di markas Hull di ajang FA Cup sebulan yang lalu. Sebelum pertandingan ini, bos kami mengatakan bahwa, menimbang performa mereka selama latihan, keduanya berpeluang tampil malam ini.

Selanjutnya apa?

Kini fokus tertuju pada aksi di kompetisi piala domestik, menjamu Liverpool di Stamford Bridge di putaran kelima FA Cup Rabu dini hari WIB. Musim ini, fase ini dimainkan pada tengah pekan untuk menyesuaikan dengan jadwal pertandingan menyusul diberlakukannya jeda musim dingin Premier League. Di Premier League, Everton akan jadi lawan berikutnya, juga di Stamford Bridge.

Chelsea (3-4-2-1): Caballero; Azpilicueta (k), Christensen, Tomori (Willian 64); James, Jorginho (Barkley 64), Kovacic, Alonso; Mount, Pedro; Giroud (Batshuayi 71).
Cadangan Kepa, Rudiger, Gilmour, Loftus-Cheek.
Gol Alonso 33, 85
Kartu kuning Jorginho 16, Christensen 71

Bournemouth (4-3-3): Ramsdale; Stacey, S Cook (k), Ake, Smith; L Cook (Gosling 80), Lerma, Billing; Fraser, C Wilson, King (Stanislas 68).
Cadangan Boruc, Rico, Francis, Wilson, Solanke.
Gol Lerma 54, King 57
Kartu kuning Smith 59, C Wilson 88

Penonton 10.667
Wasit Andre Marriner

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA