HASIL AKHIR

LAPORAN PERTANDINGAN

Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Chelsea 4 Everton 0

Chelsea sukses mempertahankan posisi empat besar dengan sebuah performa yang sangat mengesankan pada hari Minggu malam di Stamford Bridge lewat gol-gol yang dicetak oleh Mason Mount, Pedro, Willian, dan Olivier Giroud. Ini merupakan kemenangan kedua beruntun atas tim Merseyside dalam kurun waktu enam hari.

Gol Mount mengingatkan gaya main Frank Lampard dalam mencari ruang dan menyelesaikan peluang, dan tentunya sumbangannya itu mendapat apresiasi dari bos di touchline. Setelah Pedro mengemas gol kedua tim sebelum turun minum, tekanan menjadi reda dan sejak saat itu the Blues memainkan babak kedua dengan lebih menikmati sepak bola mereka dan menghibur publik Stamford Bridge.

Everton cuma punya satu peluang bersih di babak pertama namun setelah jeda pun mereka tetap tak punya banyak peluang. Gol Willian yang mengubah skor menjadi 3-0 tercipta cara yang luar biasa, dan gol Giroud yang mengunci kemenangan 4-0 berasal dari insting predatornya yang tajam.
 

Billy kembali memukau

Meski Mount adalah produk Akademi yang mencatatkan namanya di papan skor, alumni kami lainnya juga tampil impresif. Billy Gilmour diberi kesempatan menjadi starter di Premier League untuk kali pertama dan langsung berperan sentral dalam permainan tim, dengan kemampuannya untuk mempertahankan penguasaan bola ketika tim berada di bawah tekanan dan kemudian mengalirkan bola ke depan. Di babak kedua, dia menjalankan peran lebih menyerang dan juga menunjukkan kemampuan untuk menerobos ke kotak penalti. Dengan penampilan memukaunya, dia kembali terpilih sebagai match of the match, untuk kedua kalinya beruntun. 
 

Gilmour jadi metronom lini tengah

Selain pemain muda asal Skotlandia itu, Ross Barkley juga tampil ciamik dengan torehan dua assist meski tidak mencetak gol yang pastinya dapat menambah kesengsaraan penggemar Everton yang hadir.


Pemilihan pemain

Lampard menghadiahi tim yang mengalahkan Liverpool di FA Cup dengan kembali menurunkan mereka. Satu-satunya perubahan pada tim adalah masuknya Mount, sehubungan dengan tidak adanya Jorginho yang diskors dan Mateo Kovacic yang cedera.
 

Start apik

Jordan Pickford melakukan sebuah penyelamatan gemilang di menit keenam untuk menggagalkan Chelsea unggul cepat. Sebuah kesalahan Everton dimanfaatkan Giroud untuk membebaskan Willian di sisi kanan. Umpan silang yang dilepaskannya sangat jitu dan coba diselesaikan dengan tendangan voli Mount. Namun kiper timnas Inggris itu masih bisa menghentikannya.

Mount mendapat momen emas delapan menit kemudian. Bermain lebih dalam di lini tengah ketimbang posisi yang biasa dimainkannya sepanjang musim ini, Mount menerima umpan Gilmour lalu bertukar umpan dengan Pedro yang berada di lebar lapangan. Saat menerima operan balik, Mount berputar lalu melepas tembakan ke sudut dekat dan gagal dihalau oleh Pickford. Penantian tiga bulan pemuda 21 tahun itu untuk menciptakan gol keenamnya berakhir dengan sangat manis.

Kiper Everton berhasil menyelamatkan gawangnya dari tembakan Willian - usai menggiring bola - namun tak kuasa melakukan hal yang sama di pertengahan babak pertama. Skor menjadi Chelsea 2 Everton 0 ketika Barkley, yang setiap kali menyentuh mendapat cemoohan dari penggemar mantan klubnya, membebaskan Pedro dari dua bek lawan dan onside (yang kemudian dipastikan oleh VAR). Tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Pickford, si pemain Spanyol tak mendapat kesulitan berarti untuk menceploskan bola ke gawang. Barkley layak mendapat kredit atas assist yang dibuatnya.

Pedro melesakkan gol kedua kami

Chelsea sepenuhnya mengendalikan permainan meski Everton sebenarnya memiliki kesempatan untuk memperkecil ketertinggalan di menit ke-26 setelah Zouma melakukan kesalahan, namun sepakan Dominic Calvert-Lewin masih melebar.

Giroud terus membuat Pickford sibuk dengan sebuah tembakan menjelang akhir babak pertama. Kami pun menutup babak tersebut dengan keunggulan 2-0. Jika melihat kelicinan permainan kami, maka tentunya kita boleh berharap melihat lebih banyak gol lagi.


Dua gol cepat di babak kedua

Willian dan Giroud merealisasikannya di 10 menit pertama babak kedua. Gol pertama berasal dari umpan Barkley, yang ditembak Willian dari jarak 25 yard. Gol berikutnya tercipta berkat suplai umpan silang Willian yang tak disia-siakan oleh Giroud dari jarak tiga yard.

 

Giroud sumbang gol keempat tim

Chelsea kembali menekan hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan namun Pickford masih bisa menghindarkan gawangnya dari kebobolan lebih banyak ketika melompat tinggi untuk mementahkan percobaan Pedro, dan kemudian menjatuhkan diri untuk menepis sepakan menyusur tanah Azpilicueta.

Clean sheet ini merupakan kali kedua beruntun bagi Kepa setelah kembali menjaga gawang. Jika biasanya ia selalu sibuk kali ini hanya sesekali beraksi, terutama dengan memotong sebuah umpan silang rendah di menit-menit akhir.


Debut di Premier League 

Penyerang sayap Tino Anjorin masuk di 20 menit terakhir, aksi pertamanya di Premier League setelah sebelumnya tampil di Carabao Cup musim ini. Dia bahkan nyaris mencetak gol jika saja tidak menunda tembakannya, usai menerima umpan Gilmour. Ketika laga tinggal menyisakan lima menit lagi, pemua 18 tahun lainnya, penyerang tengah Armando Broja, diturunkan untuk melakoni pengalaman pertamanya di level ini.


Kembalinya Carlo

Bukan hari terbaiknya di touchline Stamford Bridge namun mantan manajer kami yang pernah mempersembahkan dua gelar juara dalam semusim, Carlo Ancelotti, mendapat penghormatan dari para pendukung Chelsea dengan dinyanyikan beberapa lagu di babak kedua serta mendapat sambutan hangat dari Lampard sebelum dan sesudah pertandingan.

 

Berat untuk the Toffees

Everton pastinya benci datang ke Stamford Bridge! Sudah 25 kunjungan di Premier League sejak terakhir kali pulang dengan membawa kemenangan (1994 silam). Catatan ini menyamai rentetan tanpa kemenangan Tottenham di Stamford Bridge, 25 laga antara 1993 dan 2006, yang merupakan catatan tandang terburuk di sepanjang sejarah Premier League.

Selanjutnya apa?

Setelah tidak bertanding di tengah pekan, tim akan bertandang ke West Midlands untuk menghadapi Aston Villa pada Minggu tengah malam. Laga ini akan menghadirkan sosok lama lainnya di Chelsea, John Terry, asisten manajer Villa sekarang, yang sedang berada di posisi kedua terbawah klasemen Premier League.
 

Chelsea (4-3-3): Kepa; Azpilicueta (k), Rudiger, Zouma, Alonso; Barkley, Gilmour, Mount (James 60); Willian (Anjorin 71), Giroud (Broja 86), Pedro.
Cadangan Caballero, Tomori, Christensen, Batshuayi.
Gol Mount 14, Pedro 21, Willian 51, Giroud 54
Kartu kuning Zouma 82

Everton (4-4-2): Pickford; Digne, Keane, Holgate, Sidibe; Bernard (Walcott h-t), Davies (Kean 58), Gomes, Sigurdsson (k); Calvert-Lewin (Gordon 76), Richarlison.
Cadangan Steckelenburg, Mina, Baines, Iwobi.
Kartu kuning Gomes 53, Holgate 90+1

Penonton 40.694
Wasit Kevin Friend
 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA