Laporan pertandingan: Manchester City 1 Chelsea 3

Selama dua pekan berturut-turut pasukan Antonio Conte bangkit dari ketertinggalannya untuk meneruskan rentetan kemenangannya. The Blues mencetak tiga gol di babak kedua untuk mengamankan kemenangan 3-1 di Etihad.

Diego Costa, Willian dan Eden Hazard masing-masing mencetak satu gol dalam laga yang mempertontonkan kebolehan kami dalam melakukan serangan balik dan dengan demikian mempertahankan posisi di puncak klasemen.

Gol bunuh diri Gary Cahill memberi keunggulan bagi tim tuan rumah jelang turun minum tapi kami akhirnya menunjukkan karakter untuk membalikkan keadaan dan mencatatkan kemenangan kedelapan beruntun di Premier League.

Kesedihan tuan rumah diperparah dengan diusirnya Sergio Aguero dan Fernandinho jelang akhir laga setelah si striker itu melanggar David Luiz dan memanaskan emosi para pemain.

Nemanja Matic tidak diturunkan lantaran mengalami cedera otot ringan dan posisinya diisi oleh Cesc Fabregas, satu-satunya perubahan dari susunan tim setelah enam laga sebelumnya.

Pemain Spanyol itu berpartner dengan N'Golo Kante di lapangan tengah, dengan Victor Moses dan Marcos Alonso kembali beroperasi sebagai bek sayap.

Di depan, pemain yang dinominasikan sebagai Pemain Terbaik Bulanan, Pedro dan Diego Costa menjadi starter untuk the Blues.

Sebelum laga dimulai, dilakukan mengheningkan cipta untuk menghormati korban kecelakaan pesawat di Kolombia.

Dua menit pertama babak pertama sudah membuat Chelsea khawatir, ketika Eden Hazard dilanggar Fernandinho, anklenya terputar dan terjatuh. Beruntung, ia bisa segera berdiri dan kembali beraksi.

Pemain Belgia itu kemudian mengawali serangan dan, setelah melakukan umpan satu-dua dengan Diego Costa, tembakannya masih bisa dihalau John Stones.

Permintaan penalti City di menit ketujuh, ketika bola yang diolah David Silva terlihat mengenai tangan Cahill, tidak dikabulkan wasit. Kapten kami itu memang dalam posisi tidak bisa menghindari bola.

Peluang pertama di laga itu lahir dari tim kami, tapi Hazard kurang beruntung, tembakan melengkung dengan kaki kanannya masih melebar. Peluang itu didahului oleh kerjasama Pedro dan Diego Costa. Aguero kemudian memaksa Thibaut Courtois melakukan penyelamatan.

Setelah 20 menit yang cukup tenang, laga langsung hidup; Fernandinho menanduk tendangan bebas De Bruyne ke gawang, namun gol tersebut dianulir lantaran ia sudah berdiri dalam posisi offside. Semenit kemudian kami nyaris unggul. Fabregas membebaskan Hazard dengan umpan lambung brilian, tapi setelah melewati Claudio Bravo, si pemain sayap itu memilih mengoper dan bukannya menembak, dan situasi bisa diamankan City.

Ketika David Luiz menyikut Aguero saat tidak menguasai bola, striker Argentina dan pendukung tuan rumah meminta wasit Anthony Taylor untuk mengeluarkan kartu, tapi setelah berunding dengan asisten wasit, ia menganggap itu bukan pelanggaran.

City kemudian menyia-nyiakan peluang terbaik mereka ketika Aguero berhasil menyongsong umpan tarik Silva dan ditembak, namun masih bisa diblok Cahill.

City terus menekan hingga jelang akhir babak pertama, dan akhirnya mereka unggul ketika umpan silang Jesus Navas dibelokkan Cahill ke gawang Courtois.

Seharusnya tuan rumah bisa dengan cepat menggandakan keunggulan mereka ketika Leroy Sane menggiring bola dari tengah dan menyelipkan bola ke sisi kanannya. De Bruyne menerima bola dan menembak dari sudut sempit, tapi Courtois masih bisa menggagalkan tembakan kompatriotnya itu dengan kakinya.

Conte melakukan pergantian pemain pertama empat menit setelah babak kedua dimulai, dengan memasukkan Willian dan menarik keluar Pedro. Setelah si pemain Brazil menembak dari jarak jauh, kami hampir kebobolan lagi. Back pass Alonso direbut Aguero, namun setelah berhasil melewati Courtois, tembakannya masih bisa diblok dengan sempurna oleh Cahill.

Tak lama kemudian mereka bahkan punya peluang lebih baik lagi. Kali ini tembakan De Bruyne, yang menyambut umpan Navas, mengenai mistar gawang.

Tim tuan rumah harus membayar ruang yang mereka tinggalkan dalam serangan the Blues berikutnya.

Fabregas, yang mengumpan ke Diego Costa, mengangkat bola ke depan, dan setelah menang adu fisik dengan Otamendi, si striker itu menembak rendah melewati Cabalero dan membuat penggemar Chelsea bersorak kegirangan.

Masuknya Willian memberikan pengaruh positif di serangan kami, di mana City kesulitan mengatasi kecepatan dan larinya.

Namun, pasukan Pep Guardiola, terus mengancam dan Moses melakukan clearance yang luar biasa penting dengan membuang bola tembakan Aguero yang sudah bergulir di atas garis gawang.

Sembilan menit setelah menyamakan kedudukan, the Blues unggul lewat sebuah serangan balik mematikan. Bola dioper ke Diego Costa, yang melihat Willian yang berlari, melepas umpan terukur. Setelah mengolah bola sebentar, pemain pengganti itu maju ke kotak penalti City dan menembak ke sudut bawah gawang.

Di 15 menit terakhir, City melakukan pergantian pemain lagi. Yaya Toure dan Kelechi Iheanacho masuk, sementara dari kubu the Blues, Chalobah masuk menggantikan Diego Costa.

City terus menekan untuk mencari gol penyeimbang namun ketika laga tinggal tersisa satu menit, skor menjadi 3-1. Alonso membebaskan Hazard yang berlari, tak terkawal dan menembak tanpa ampun.

Tensi memanas di masa perpanjangan waktu. Aguero menjatuhkan David Luiz yang ingin membuang bola. Striker itu diusir wasit dan diikuti oleh Fernandinho, yang diusir akibat memegang leher Fabregas.

Kini the Blues sudah meraih delapan kemenangan beruntun di Premier League, dan mungkin hari ini adalah kemenangan palin impresif jika melihat dari kualitas lawan yang kami kalahkan.

Berikutnya, West Bromwich Albion di Stamford Bridge seminggu lagi.

Chelsea (3-4-3): Courtois; Azpilicueta, David Luiz, Cahill (k); Moses, Kante, Fabregas, Alonso; Pedro (Willian 49), Diego Costa (Chalobah 80), Hazard.
Cadangan yang tidak dimainkan: Begovic, Aina, Ivanovic, Oscar, Batshuayi
Pencetak gol 
Diego Costa 60, Willian 69
Kartu kuning 
Kante 49, Chalobah 90+5

Manchester City (3-4-3): Bravo; Otamendi, Stones (Iheanacho 78), Kolarov; Navas, Fernandinho, Gundogan (Toure 76), Sane (Clichy 69); Silva (k), Aguero, De Bruyne.
Cadangan yang tidak dimainkan: Cabalero, Sagna, Zabaleta, Toure
Pencetak gol Cahill (bunuh diri) 45
Kartu kuning 
Otamendi 17, Navas 81
Kartu merah Aguero 90+6, Fernandinho 90+6

Wasit Anthony Taylor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA