Berita

Joe Cole Resmi Pensiun

Dalam pernyataannya yang dirilis pagi ini, Joe Cole, pemain bintang Chelsea antara tahun 2003 hingga 2010, periode di mana ia meraih gelar juara Premier League tiga kali, FA Cup dua kali dan League Cup sekali, menyatakan keputusannya untuk menyudahi kariernya sebagai pesepak bola.

Berikut pernyataan selengkapnya:
 

Setelah berkarier sebagai pesepak bola profesional selama 20 tahun, kini saatnya untuk gantung sepatu. 716 laga profesional, 104 gol, untuk tujuh klub hebat – West Ham, Chelsea, Liverpool, Lille, Aston Villa, Coventry City dan Tampa Bay Rowdies – juga kehormatan untuk bermain bagi tim nasional Inggris. Itu merupakan mimpi yang terwujud. Semuanya.

Setiap pemain profesional mempunyai momen kunci di dalam karier mereka. Momenku adalah ketika aku menjadi pesepak bola muda West Ham. Seorang pesepak bola senior, yang hampir pensiun, berkata kepadaku: “Nikmatilah setiap pertandingan, anak muda. Hanya dalam satu kedipan saja momen itu akan hilang.” Dia benar. Kata-kata itu terus berputar di kepalaku, bahkan sekarang, lebih daripada waktu itu. Aku berusaha bermain dan hidup sesuai dengan nasihat yang dia berikan setiap hari karena menjadi pesepak bola profesional adalah sebuah kehormatan sejati.

Ada banyak sekali orang yang telah membantu di sepanjang karierku. Aku tidak ingin menyebutkannya satu persatu karena takut ada yang terlewat! Sederhananya, manajer, pelatih, staf back room, dan semua orang yang telah membantu di sepanjang perjalananku: terima kasih.

Yang paling kusukai dari menjadi pesepak bola profesional adalah perasaan ketika kembali ke ruang ganti setelah meraih kesuksesan. Sulit untuk mengulanginya tetapi aku akan selalu ingat semua mantan rekan setimku yang pernah merasakan pengalaman itu bersamaku. Aku sangat beruntung bisa bermain dengan beberapa pemain terbaik di eraku dan bahkan lebih beruntung lagi karena bisa memanggil sebagian besar dari mereka sebagai kawan.

Sebagai seorang penggemar (sepak bola), aku suka menonton pemain-pemain berteknik yang bermain dengan segenap hati dan itulah yang menjadi inspirasiku. Aku ingat, menjadi sesuatu yang istimewa ketika aku duduk di tribun, menonton pertandingan lalu mencoba menirukan mereka. Kuharap aku telah berhasil melakukannya untuk penggemar dan orang-orang yang menonton permainanku selama ini.

Memenangi trofi di Chelsea jadi sesuatu yang istimewa buatku. Kenangan itu akan selalu hidup bersamaku, selamanya, begitu pula dengan kesempatan untuk bisa berbagi dengan keluargaku. Istriku, Carly, dan tiga anak kami yang luar biasa, ayahku, George, ibuku, Susan, adalah yang paling membanggakan buatku.

Ke depannya, aku ingin tetap terlibat di sepak bola. Kurasa aku bisa menawarkan banyak sebagai pelatih dan sangat menikmati kesempatan untuk menjalankan tugas itu bersama the Rowdies. Sudah menjadi niatku untuk membagikan pengalamanku guna membantu pesepak bola-pesepak bola muda dalam meraih mimpi mereka, seperti yang kulakukan dulu.

Apa pun yang terjadi setelah ini, kuharap dua dekade mendatang akan sama istimewanya dengan 20 tahun terakhirku sebagai pesepak bola profesional. Sekali lagi, terima kasih banyak kepada semua orang yang telah membantu di sepanjang perjalananku.

Joe
 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA