Internasional

UEFA Nations League: Kedudukan Terakhir

Dengan selesainya fase grup UEFA Nations League untuk para pemain Chelsea, berikut kami berikan perkembangan terakhir dari perjalanan mereka di putaran final yang akan digelar pada musim panas tahun depan.

Pada laga penentuan promosi dan degradasi, serta putaran final, kontingen Chelsea mendapat hasil bervariasi dan kami memulai ringkasan ini dengan tim yang berhasil lolos ke empat besar.
 

Masuk ke putaran final

Inggris

Pasukan Gareth Southgate jadi salah satu tim dari empat tim yang lolos ke putaran final UEFA Nations League Juni mendatang usai memuncaki grup A4 usai memetik kemenangan dramatis atas Kroasia di laga terakhir dengan mencetak dua gol di 13 menit terakhir untuk membalikkan ketertinggalan 1-0. Di laga sebelumnya, the Three Lions juga menang atas Spanyol. Ross Barkley, Ruben Loftus-Cheek dan Mason Mount juga ambil bagian di skuat di laga-laga tertentu. Portugal, Swiss, dan Belanda akan bergabung dengan Inggris di putaran final.

Promosi

Denmark

Usai memuncaki grup B4, Andreas Christensen dan Denmark mendapat promosi ke Liga A. Kemenangan 1-0 atas Wales di laga terakhir kedua mereka memastikan tiket promosi mereka dengan masih menyisakan satu laga di tangan. Di laga terakhir mereka, dini hari tadi, Denmark bermain imbang 0-0 dengan Republik Irlandia. Bek Chelsea itu tidak diturunkan dari bangku cadangan.

Terdegradasi

Kroasia

Setelah kalah 2-1 dari Inggris di laga terakhir mereka, Kroasia terdegradasi ke Liga B. Mereka sebenarnya bisa lolos ke putaran final andai mampu mempertahankan keunggulan 1-0 mereka di 15 menit terakhir di Wembley. Di kompetisi ini, finalis Piala Dunia ini mendapat hasil beragam setelah kalah 6-0 dari Spanyol di laga pertama namun akhirnya menang 3-2 atas lawan yang sama pekan lalu. Mateo Kovacic dan Mario Pasalic jadi bagian dari skuat itu.

Jerman

Kompetisi yang mengecewakan bagi Jerman dan Toni Rudiger karena mereka harus terdegradasi dari Liga A bahkan sebelum memainkan laga terakhir mereka. Jerman sempat unggul 2-0 atas Belanda dan sepertinya akan memetik kemenangan pertama namun Belanda mampu membikin dua gol di fase akhir pertandingan dan memaksakan laga berakhir imbang.
 

Tidak beranjak

Belgia

Belgia, yang tergabung di grup A2, meski sempat unggul 2-0, akhirnya gagal lolos ke putaran final usai kalah 5-2 dari Swiss di laga terakhir. Swiss lolos ke putaran final sementara Belgia tetap berada di Liga A. Eden Hazard dan Michy Batshuayi selalu tampil di setiap laga di kompetisi ini.

Republik Ceko

Republic Ceko menutup kompetisi dengan raihan tiga angka lebih sedikit dari Ukraina di Grup B1. Dengan hasil itu, mereka gagal lolos ke putaran final namun tidak terdegradasi. Semalam, Tomas Kalas bermain sejak menit pertama ketika menutup kompetisi dengan kemenangan 1-0 atas Slovakia.

Prancis

Ketika Jerman terus unggul atas Belanda dini hari tadi, sang juara dunia sepertinya akan lolos ke putaran final, namun dua gol telat Belanda membuyarkan harapan mereka dan merebut tiket mereka ke babak selanjutnya. Sabtu lalu, Perancis kalah 2-0 dari Belanda. Meski memiliki poin sama dengan juara grup, Prancis, yang diperkuat oleh N’Golo Kante dan Olivier Giroud, tetap berada di Liga A.

Italia

Hasil imbang tanpa gol Italia dengan Portugal Minggu lalu membuat mereka gagal lolos ke putaran final. Berada di posisi kedua, Italia, yang diperkuat oleh Jorginho dan Emerson Palmieri, tetap berada di Liga A. Polandia terdegradasi ke Liga B setelah jadi juru kunci.

Spanyol

Finis di urutan kedua, di bawah Inggris, di Grup A4, Spanyol tetap berada di Liga A namun tidak akan tampil di putaran final musim panas mendatang. Kekalahan dari Inggris di kandang dan dari Kroasia di kandang lawan – keduanya dengan skor 3-2 – membuat asa Spanyol, yang diperkuat Kepa, Cesar Azpilicueta, Marcos Alonso, dan Alvaro Morata, untuk lolos tertutup.

Wales

Kekalahan dari tim tamu Denmark di laga terakhir mereka membuat Wales yang diperkuat oleh Ethan Ampadu gagal lolos meski duduk di posisi kedua, di atas Republik Irlandia yang terdegradasi.
 

Hasil secara keseluruhan

Finalis

Empat juara grup dari Liga A akan tampil di putaran final UEFA Nations League, yang akan digelar di Portugal Juni mendatang.

Setelah dua partai semifinal, akan dilangsungkan partai final dan perebutan tempat ketiga.

Undian untuk putaran final akan dilakukan di Dublin pada Senin 3 Desember.

Tim promosi

Tim-tim ini akan berlaga di liga setingkat di atasnya di Nations League dan setidaknya akan menggaransi tempat mereka di play-off jika gagal lolos ke Euro 2020 melalui jalur standar.

Tim degradasi

Tim-tim yang terdegradasi akan bermain di liga satu tingkat lebih bawah di Nations League berikutnya.

 

 

 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA