Kembali ke Budapest

Groupama Arena, tempat dilangsungkannya pertandingan kami melawan Vidi, adalah tempat yang familiar bagi the Blues, di mana tujuh dari anggota skuat kami pernah turut serta dalam laga pembukaan stadion ini dan ada beberapa pemain lain yang tampil bagi kami di laga itu pada 2014.

Kami terbang ke Budapest, ibu kota Hongaria, empat tahun lalu untuk menjalani laga pramusim melawan klub setempat, bersamaan dengan dibukanya Groupama Arena. Meski pada saat itu lawan kami adalah Ferencvaros – bukan Vidi.

Dari skuat Chelsea yang ada sekarang, Cesar Azpilicueta, Gary Cahill, Andreas Christensen, Cesc Fabregas, Eden Hazard, Victor Moses dan Willian tampil di laga itu. Sementara, Fabregas, yang tampil sebagai pengganti muncul sebagai bintang dengan mencetak gol kemenangan brilian.

Si pemain Spanyol itu mengambil lemparan ke dalam pendek di sisi kanan lapangan, berbalik badan, melewati lima bek hingga masuk ke kotak penalti sebelum kemudian melepaskan tembakan kaki kiri yang masuk ke sudut dekat gawang. Gol itu melengkapi comeback kami untuk memenangi pertandingan dengan skor 2-1.

Satu-satunya pemain yang bermain 90 menit penuh di laga persahabatan itu adalah bek Kurt Zouma, sementara eks pemain Fulham Zoltan Gera jadi pemain yang mencetak gol pertama di stadion itu.

Si pemain Perancis itu masih milik the Blues, namun tengah dipinjam Everton selama semusim penuh. Di sana, ia tampil regular di jantung pertahanan mereka, bersaing dengan Michael Keane dan Yerry Mina – yang baru saja didatangkan dari Barcelona musim panas ini.

Setidaknya ada lima pemain Chelsea yang ikut menaklukkan Ferencvaros kala itu yang menjadi lawan kami di Premier League musim ini. Petr Cech dan Nemanja Matic pindah dari Stamford Bridge ke Arsenal dan Manchester United berturut-turut, pada 2015 dan 2017.

Nathan Ake pindah secara permanen ke Bournemouth di musim panas yang sama ketika Matic pindah. Ia tampil impresif bersama the Cherries setelah sebelumnya dipinjamkan ke Dean Court.

Dua pemain lain sempat pindah beberapa kali hingga akhirnya bergabung dengan klub rival di Premier League. Usai tampil sebentar di SW6, yang sebagian besar waktunya dihabiskan sebagai pemain pinjaman di Italia, Mohamed Salah menemukan permainan terbaiknya menyusul kepindahan permanennya ke Roma di musim 2016/17. Ia kemudian kembali ke Inggris dan bergabung dengan Liverpool. Selama 18 bulan, ia meraih kesuksesan hebat di klub itu.

Yang terbaru adalah Andre Schurrle, yang sukses menjadi jawara Premier League bersama Chelsea serta Piala Dunia bersama Jerman selama dua tahun berseragam biru. Setelah pada 2015 sempat pulang ke negara kelahiannya, Jerman, untuk bergabung dengan Wolfsburg, kemudian Borussia Dortmund, yang meminjamkannya ke klub sekota kami, Fulham, musim ini.

Setelah tampil impresif di derbi London barat, mencetak hat-trick untuk kami di Craven Cottage pada 2014, namun gagal melakukan hal serupa bagi the Cottagers yang takluk 2-0 di tangan kami, di Stamford Bridge, bulan lalu.

Dua anggota tim lain yang ikut terbang ke Budapest pada 2014 itu kini sudah pensiun. Kiper Mark Schwarzer kini bekerja sebagai pundit televisi sementara legenda Chelsea Didier Drogba, yang ditarik keluar di penampilan perdana di periode keduanya bersama klub, melawan Ferencvaros, lantaran cedera, kini fokus pada perannya sebagai pemilik klub Phoenix Rising di Amerika Serikat.

Duo pemain kelahiran Brasil Filipe Luis dan Diego Costa kini kembali ke klub mereka sebelumnya, Atletico Madrid, dan menjadi rekan setim Fernando Torres – yang kemudian pindah ke klub Jepang Sagan Tosu musim panas lalu.

Asia, terutama Tiongkok, sepertinya jadi destinasi yang cukup populer bagi pemain-pemain Chelsea yang bermain kala itu. Tiga pemain di antaranya pindah ke negara tersebut. Ramires, yang mencetak gol penyeimbang kami di Budapest lewat sebuah tendangan setengah voli dari sudut kotak penalti, kini bermain di Jiangsu Suning. Di sana, ia berhadapan dengan Shanghai SIPG yang diperkuat Oscar dan Tianjin TEDA yang memiliki John Mikel Obi.

Terakhir, ada Branislav Ivanovic. Bek internasional Serbia itu kembali Rusia setelah kontraknya di Stamford Bridge berakhir pada Januari 2017. Kini, ia adalah kapten Zenit St. Petersburg, klub yang dibelanya setelah sebelumnya bermain untuk Lokomotiv Moscow.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA