Laporan Final FA Cup: Chelsea 1 Manchester United 0

Eden Hazard menyempurnakan penampilan ke-300nya dengan gol tunggal yang memberikan kemenangan kepada tim, dari eksekusi penalti di babak pertama. Meski si pemain Belgia itu yang jadi sorotan, kredit harus diberikan kepada barisan pertahanan the Blues yang tampil sangat kokoh di malam yang panas ini.

1’ – Kick-off

2' - Kami mendapat tendangan bebas setelah Alonso dijatuhkan Herrera. Tendangan bebas Fabregas masih mengarah tepat ke De Gea.

6' - Fabregas berhasil merebut bola dari Pogba lalu dijatuhkan oleh si pemain Perancis tersebut. Tendangan bebas untuk Chelsea.

9' - Peluang! The Blues melakukan serangan balik menyusul kesalahan Jones dalam mengoper. Bakayoko mengoper ke Hazard, yang kemudian melepas tembakan dari sudut sempit dan bisa dimentahkan oleh De Gea.

14' - Bakayoko terjatuh di dalam kotak penalti, akibat cegatan Matic, ketika akan menerima operan Fabregas. Pemain-pemain Chelsea mengklaim penalti namun wasit berkata lain.

15' - Di sisi lain lapangan, Sanchez terjatuh ketika berebut bola dengan Moses namun tampaknya pemain depan Man United itu terjatuh akibat salah langkah.

18' - Cahill melakukan tekel super di depan kotak penalti Chelsea untuk menghentikan bola yang dikejar oleh Sanchez.

19' - Mendekati menit ke-20 dan skor masih kosong-kosong. Peluang terbaik the Blues sejauh ini diciptakan oleh Hazard.

20' - Penalti untuk Chelsea! Jones menjatuhkan Hazard di kotak terlarang dan jelas sebuah pelanggaran. Penalti untuk Chelsea dan kartu kuning untuk Jones.

24' – Gol! The Blues unggul lewat eksekusi penalti Hazard yang sukses mengecoh De Gea!!! Sebuah eksekusi klasik dari si pemain Belgia. Chelsea sementara unggul 1-0.

25' - Kini United mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti Chelsea.

27' - Tendangan bebas dioper pendek dan membuahkan sepak pojok yang tak menghasilkan apa-apa. Bola kembali United kuasai kembali di wilayah pertahanan mereka.

29' - Usaha Pogba nyaris membuat United menyamakan kedudukan, beruntung bola masih melebar. Ancaman serius pertama mereka di laga ini.

38' - Sepak pojok untuk the Blues. Come on Chelsea!!!

39' - Sepak pojok Fabregas bisa dihalau De Gea dengan tinjunya. Lemparan ke dalam untuk Chelsea.

44' - Man United nyaris menyamakan kedudukan ketika Jones berhasil merebut bola dan bola kemudian ditanduk Young. Sepertinya masuk namun ternyata melebar tipis.

Babak pertama: Chelsea 1-0 Man Utd

47' - Belum ada pergantian dari kedua tim tapi tiga pemain cadangan kita - Barkley, Zappacosta dan Willian - terlihat sedang melakukan pemanasan.

53' - Man United mendapat tendangan bebas setelah Young dijatuhkan oleh Moses di area berbahaya. Bola langsung ditembak Rashford melewati kerumunan pemain. Bisa ditinju Courtois.

56' - Courtois melakukan sebuah penyelamatan cemerlang terhadap percobaan Rashford. Ini terjadi setelah Fabregas kehilangan bola. Man United lebih menguasai jalannya babak kedua.

57' - Valencia dikartu kuning akibat melanggar Hazard.

59' - Sapuan pemain kita mendarat ke kaki eks pemain kita, Matic, yang kemudian menembak keras. Melebar. The Blues harus terus waspada di babak kedua ini guna mempertahankan keunggulan 1-0.

63' - Sanchez berhasil memasukkan bola ke gawang kita tapi bendera offside lebih dulu diangkat dan gol pun dianulir.

67' - Man United terus menyerang dan baru saja mendapat tendangan penjuru.

70' - Peluang! Kante menggiring bola ke depan lalu mengumpan ke Alonso yang kemudian menembak ke arah gawang. Masih bisa dihentikan De Gea.

71' - Cahill melompat dan menyambut sepak pojok Fabregas dengan sundulan. Masih melambung ke atas mistar gawang.

72' - Penyelamatan yang sangat bagus dari Courtois ketika keluar dari areanya untuk menggagalkan usaha Rashford yang mendapat umpan terobosan dari Lingard!

73' - Man United melakukan dua pergantian pemain sekaligus dengan memasukkan Lukaku dan Martial untuk menggantikan Rashford dan Lingard.

82' - Fabregas melihat Giroud yang tengah berlari dan melepas sebuah umpan brilian, sayang sekali offside. Man United kemudian mendapat tendangan sudut yang ditanduk melebar oleh Pogba. Sorak-sorai dukungan dari kubu pendukung Chelsea semakin semarak. Memasuki lima menit terakhir, skor masih 1-0 untuk keunggulan Chelsea.

86' - Man United memasukkan mantan gelandang kita, Juan Mata, dan menarik keluar Jones.

87' - Man United menumpuk pemain di depan. Sanchez mencoba mengumpan silang Martial namun gagal dan hanya menghasilkan tendangan gawang untuk kita.

88' - Pergantian pertama kita di laga ini: Alvaro Morata masuk menggantikan Giroud.

90' - Kini Willian masuk menggantikan Hazard, yang tampil luar biasa dan mendapat tepuk tangan meriah dari pendukung Chelsea.

90+1' - Menit pertama dari lima menit yang disinyalkan sudah dilewati. Come on you Blues!!!

90+3' - Valencia melepas umpan silang ke Matic dan ditanduk. Melambung! Gelar juara sudah semakin dekat. Come on Chelsea!!!

Hasil akhir: Chelsea 1-0 Man United

Chelsea (3-5-2): Courtois; Azpilicueta, Cahill (k), Rudiger; Moses, Fabregas, Kante, Bakayoko, Alonso; Giroud (Morata 89), Hazard (Willian 90).
Cadangan yang tidak dimainkan: Caballero, Chalobah Zappacosta, Barkley, Pedro.
Pencetak gol Hazard 22 pen
Kartu kuning Courtois 90

Man United (4-3-3): De Gea; Valencia (k), Smalling, Jones (Mata 87), Young, Herrera, Matic, Pogba; Lingard (Martial 73), Rashford (Lukaku 73), Sanchez.
Cadangan yang tidak dimainkan: Romero, Bailly, Darmian, McTominay.
Kartu kuning Jones 21, Valencia 58.

Wasit Michael Oliver
Penonton 87.647

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA