Pratinjau Laga

CPP: Fulham vs Chelsea - Poin

Laga akhir pekan ini dimainkan tepat pada jam makan siang waktu setempat. Dua tim yang terpisah sejauh 13 tangga di klasemen Premier League akan saling berhadapan. Sejarawan klub, Rick Glanvill dan ahli statistik Chelsea, Paul Dutton sudah siap untuk derbi ini…

POIN-POIN PENTING

Ini adalah laga derbi London kedua Chelsea pekan ini, yang merupakan kali pertama sejak lima tahun dan dua hari lalu.

Andre Schurrle, yang saat ini bermain di Craven Cottage, tak perlu diingatkan akan hat-tricknya saat masih berseragam biru kala menang 3-1 di sana (simak bagian Sejarah yang akan kami rilis besok).

Laga ini merupakan laga terakhir yang mempertemukan the Cottagers dengan rival sekotanya, yang mungkin melegakan bagi mereka. Sejauh ini, hasilnya selalu kurang mengenakkan mereka – mereka mungkin menjadi klub London pertama yang kalah di 10 laga derbi dalam satu musim.

Tiga pria yang menjadi pelatih Fulham sebelumnya selalu punya keterkaitan dengan Stamford Bridge.

Claudio Ranieri baru saja diberhentikan dari jabatannya sebagai bos Fulham kemarin dan digantikan oleh caretaker Scott Parker, yang bergabung dengan the Blues semasa dilatih oleh si pria Italia pada 2004. Caretaker baru ini ditunjuk untuk mengisi jabatan asisten pelatih di Fulham menggantikan orang yang pernah menjadi gelandang the Blues lainnya, SlavisaJokanovic, musim panas lalu
 

Chelsea mengincar clean sheet keempat beruntun mereka di semua kompetisi.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Setelah membungkam Tottenham Hotspur 2-0 Kamis dini hari lalu, Chelsea yang telah bangkit kembali akan menyambut laga hari Minggu dengan menyadari bahwa mereka harus memperbaiki catatan selisih gol mereka untuk memperbesar peluang masuk ke zona Liga Champions.

 

Top skor Premier League

Sergio Aguero (Man City) 18
Mohamed Salah (Liverpool) 17
Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal) 16
Harry Kane (Tottenham) 15
Sadio Mane (Liverpool) 14
Eden Hazard (Chelsea) 12
Alexandre Lacazette (Arsenal) 12
Raheem Sterling (Man City) 12


Clean sheet Premier League

Alisson (Liverpool) 28 laga 16 clean sheet
Ederson (Man City) 28 laga  13 clean sheet
KepaArrizabalaga (Chelsea) 26 laga  11 clean sheet
Martin Dubravka (Newcastle) 28 laga  9 clean sheet
Hugo Lloris (Tottenham) 24 laga  9 clean sheet

Sementara, peringkat tiga dan empat klasemen, Spurs dan Arsenal, saling berhadapan di Wembley sedangkan tim peringkat lima, Manchester United akan menjamu Southampton. Setelah laga itu, ketiga tim tersebut tidak akan bertanding di liga pekan depan, berbeda dengan the Blues yang akan menyambangi Everton.

Keterlibatan Chelsea di ‘derbi London barat ‘ – melawan Brentford, Fulham atau Queen’s Park Rangers – jadi sesuatu yang sudah cukup sering kita lihat sejak pergantian Milenium hingga pertemuan di divisi utama, di Loftus Road pada April 2015. Kini, kebiasaan itu kembali di musim ini setelah puasa selama tiga musim.

Termasuk kemenangan 2-0 pada Desember lalu, the Blues sudah berhadapan dengan the Cottagers sebanyak sembilan kali (lima kali menang, empat kali imbang) sejak 2010 dan dengan QPR enam kali (tiga kali menang, sekali imbang, dan dua kali kalah).

Parker menggantikan posisi Ranieri dengan warisan posisi 19 klasemen, delapan poin di belakang Cardiff yang duduk satu tangga di atas mereka. Kekalahan 2-0 mereka pada Kamis dini hari lalu di Southampton merupakan kekalahan keempat beruntun mereka dan membuat mereka berjarak 10 poin dari the Saints sekaligus dari zona aman.

Hanya Palace dan Huddersfield yang punya catatan lebih buruk di kandang di divisi utama daripada Fulham, meski dari 17 poin yang mereka petik 15nya diperoleh di Craven Cottage. Mereka sudah kemasukan 63 gol, terbanyak di Premier League, dan jika tidak bisa mengubah catatan tersebut hingga 10 laga ke depan, maka mereka dipastikan akan menciptakan sejarah baru.


KEMUNGKINAN TERBAIK YANG BISA TERJADI AKHIR PEKAN INI…

Chelsea: Kebanggaan London barat.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA