Blog

Assist-Assist Terbaik Eden Hazard

Pada laga Minggu kemarin, Eden Hazard kembali menorehkan sejarah ketika menyuplai bola yang dikonversi menjadi gol kemenangan di markas Fulham dengan skor 2-1 dan jadi pemain ketiga yang bisa membukukan 50 gol dan 50 assist bagi Chelsea di Premier League.

Umpan ke tengah yang pemain berdarah Belgia ini arahkan ke Jorginho berhasil dikonversi menjadi gol vital di menit ke-31. Kini, ia bergabung dengan Didier Drogba dan Frank Lampard sebagai pemain-pemain yang bisa mengemas 50 gol dan 50 assist untuk the Blues.

Meski Hazard selalu mencetak dua digit gol selama lima dari enam musim terakhirnya, ini adalah pertama kalinya ia bisa membukukan 10 assist di liga dalam satu musim sejak pertama kali berseragam the Blues di musim 2012/13. Di musim itu, ia menorehkan sembilan gol dan 11 assist.

Untuk merayakan catatan bersejarah ini, mari kita lihat lagi beberapa assistnya yang paling berkesan dan penting di liga selama tujuh tahun menjadi pemain Chelsea.

Branislav Ivanovic vs Wigan, Agustus 2012

Hazard tidak butuh waktu lama untuk menorehkan sejarah di sepak bola Inggris ketika sudah membikin assist di menit kedua dalam laga debutnya di Premier League, kontra Wigan. Menerima bola dari Frank Lampard di lingkaran tengah, ia berputar dan menjauh dari penjagaan Ivan Ramis. Ia kemudian melepas umpan terobosan ke Branislav Ivanovic yang melakukan overlap dan menyelesaikannya ke gawang Ali Al Habsi untuk membuka keunggulan dalam laga yang berkesudahan dengan skor 2-0 itu.

Juan Mata vs Tottenham Hotspur, Oktober 2012

Si pemain Belgia melakukan kerja sama apik dengan Juan Mata sebelum kemudian membuat kami unggul 3-2 dalam laga panas di White Hart Lane di musim 2012/13. Menerima operan John Mikel Obi dari jarak 30 yard, ia melihat pergerakan Juan Mata yang berhasil melepaskan diri dari pengawalan lawan dan melepaskan umpan first-time yang membelah pertahanan Spurs dan diselesaikan menjadi gol kedua Mata.

Frank Lampard vs Aston Villa, Mei 2013

Hazard membantu Lampard menciptakan sejarah dengan membuat assist bagi gol Lampard di Villa Park, yang pada malam itu menyamai kemudian mematahkan rekor gol terbanyak klub yang dipegang oleh Bobby Tambling. Setelah menciptakan assist bagi gol ke-202 Lampard setelah laga berjalan satu jam, Hazard berperan penting dalam terciptanya gol kemenangan dua menit sebelum laga usai. Setelah memainkan umpan satu-dua dengan Ashley Cole, ia mensontek bola ke Lampard di tengah, yang kemudian mengonversinya jadi gol ke-203nya untuk Chelsea.

Cesc Fabregas vs QPR, April 2015

The Blues sepertinya akan kehilangan poin di Loftus Road sebelum Hazard muncul dan mencetak gol kemenangan dramatis di menit-menit akhir di derbi London barat. Menerima bola, hasil sapuan tak sempurna lawan, di wilayah pertahanan QPR, pria asal Belgia ini kemudian digiring mendekati bendera sudut lapangan oleh dua bek lawan namun ia berhasil meloloskan diri lalu melakukan kerja sama satu-dua dengan Oscar dan kemudian menggulirkan bola ke jalur pergerakan Cesc Fabregas yang berhasil menyegel kemenangan yang semakin mendekatkan kami dengan gelar juara.

Marcos Alonso vs Leicester, Januari 2017

Serangan tajam Hazard kadang memberikan kesempatan bagi rekan-rekannya untuk memanfaatkan ruang yang ditinggalkan oleh bek-bek lawan yang berusaha menutup pergerakan Hazard. Itulah yang terjadi ketika Marcos Alonso menciptakan gol pertama dari kemenangan 3-0 atas Leicester pada awal 2017. Ketika bek-bek the Foxes mengepung Hazard di tengah kotak penalti, Hazard dengan cerdik mengirim bola ke rekannya asal Spanyol itu, yang tak terkawal, dan diselesaikan dengan tendangan keras yang menembus gawang lawan.

Alvaro Morata vs Southampton, Oktober 2018

Memuncaki sebuah pergerakan yang melibatkan 31 operan, Hazard memanfaatkan kecepatannya untuk menciptakan ruang yang sulit ditemukan the Blues. Setelah menerima bola di touchline kiri, ia melepas umpan satu-dua dengan Marcos Alonso untuk membebaskan diri dari pengawalan dua bek Southampton. Ketika tengah menggiring bola ke kotak penalti, ia mencungkil bola, untuk menghindari bek lawan yang melakukan sliding tackle, ke Alvaro Morata, yang berhasil mengunci kemenangan 3-0.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA