Pratinjau Laga

CPP: Chelsea vs Dynamo Kiev - Sejarah

Dengan bantuan sejarawan klub, Rick Glanvill dan ahli statistik klub, Paul Dutton, mari kita tengok lagi pertemuan Chelsea dengan tim-tim asal Ukraina di kandang...

Sejarah pertemuan kedua tim

Kedua klub baru sekali bertemu, di fase grup Liga Champions 2015/16 ketika Chelsea, yang menyandang gelar juara Inggris, lebih unggul dibanding klub asal Ukraina itu. Setelah bermain imbang 0-0 di Kiev, kami menang 2-1 di London berkat tendangan bebas brilian Willian di menit-menit akhir. Kedua klub akhirnya sama-sama lolos ke fase gugur dengan Chelsea sebagai juara grup, namun sama-sama gugur di babak 16 besar.

Pemain Kiev, Aleksandar Dragovic mencetak dua gol di Stamford Bridge pada November 2015. Itu adalah laga kedua beruntun di tengah-tengah fase grup, menyusul kekalahan 1-3 dari tuan rumah Liverpool. Eden Hazard, Gary Cahill, dan John Mikel Obi ditepikan di laga itu oleh pelatih yang tengah mendapat tekanan, Jose Mourinho.

Bintang di laga itu – di tengah musim yang sulit baginya – adalah Willian. Umpan silang pemain asal Brasil itu dibelokkan Dragovic da menjadi gol bunuh diri. Ia kemudian memastikan kemenangan lewat sebuah tendangan bebas menyusul sebuah sepak pojok. Saksikan cuplikan pertandingannya di sini.

Satu-satunya pertemuan Chelsea lainnya dengan klub asal Ukraina adalah dengan rival Dynamo, Shakhtar Donetsk di fase grup Liga Champions 2012/13. Sang juara bertahan berhasil membalas kekalahan 1-2 di kandang lawan dengan menang 3-2 di Stamford Bridge. Willian, yang kala itu belum bermain untuk Chelsea, jadi pencetak kedua gol Shakhtar.

CATATAN THE BLUES

Beberapa pemain Chelsea menjadi target pena laser dari kubu tuan rumah ketika the Blues kalah 0-1 di markas Steaua Bucharest pada laga Liga Europa tanggal 7 Maret 2013. Di leg kedua, di Stamford Bridge, kami menang 3-1, dan pada akhirnya the Londoners berhasil menjuarai kompetisi ini untuk kali pertama.

Kemenangan kandang terbesar Chelsea di Eropa:

29/09/1971 Chelsea 13-0 Jeunesse Hautcharage Leg kedua babak pertama Cup Winners’ Cup


Kemenangan kandang terbesar Dynamo Kiev di Eropa:

02/09/1965 Coleraine 1-6 Dynamo Kiev Leg pertama babak penyisihan Cup Winners’ Cup 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA