Pratinjau Laga

CPP: Chelsea vs Dynamo Kiev - Poin

Besok dini hari Stamford Bridge akan jadi tuan rumah leg pertama pertarungan dengan klub asal Ukraina. Sejarawan klub, Rick Glanvill dan ahli statistik klub, Paul Dutton mengincar start solid di babak 16 besar…

Poin-poin penting

Chelsea kini jadi salah satu dari 16 klub yang berharap bisa mendengar anthem Liga Europa sebanyak tujuh kali lagi.

Selain bisa mengangkat trofi di Olympic Stadium, Baku, tiket ke Liga Champions musim depan juga dipastikan. Berkat kebangkitan kami di Premier League, jalur itu bukan jadi satu-satunya jalur ke kompetisi terelit Eropa itu.

The Londoners punya catatan kandang yang apik di laga Eropa. Di semua kompetisi Eropa, termasuk Fairs Cup, the Blues hanya kalah delapan kali dari 118 laga yang dimainkan di kandang dan 82 di antaranya berakhir dengan kemenangan (69,5 persen).

Lebih relevan lagi, the Blues belum pernah kalah di Stamford Bridge di turnamen ini, baik format sekarang maupun sebelumnya, dengan menang 10 kali dari 12 laga. Dua sisanya berakhir imbang.

Sebaliknya, tim tamu Dynamo Kiev belum pernah menang di fase gugur Liga Europa sejak terakhir kali menang atas Besiktas pada Februari 2011, yang berarti sudah tak pernah menang di 10 laga.

Chelsea selalu menang di tujuh laga terakhir di Liga Europa yang dimainkan di Stamford Bridge dengan skor agregat 20-4.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Ada delapan pertandingan yang akan dimainkan dini hari besok dan Jumat depan akan menjadi hari penentu siapa-siapa saja yang akan masuk ke perempat final. Di babak ini, masih ada sejumlah tim kejutan dan pemuncak liga di kompetisi lokal masing-masing yang berpeluang maju ke babak berikutnya.

Per 22 Februari 2019

Layak jika kita ingat lagi perjalanan Chelsea untuk mencapai tahap ini. Pasukan Maurizio Sarri menutup fase grup sebagai pemuncak klasemen Grup L, lalu mengalahkan Malmo di kedua leg di babak 32 besar.

Sementara itu, Dynamo menjadi juara grup Liga Europa yang diisi salah satunya oleh lawan Arsenal di babak 16 besar, Rennes, dan mencetak dua gol tandang di babak 32 besar sebelum akhirnya menyingkirkan Olympiacos di kandang.

 

Baca dan Tonton: Assist-assist terbaik Eden Hazard

The Blues punya statistik yang sangat baik di Liga Europa dengan penguasaan bola tertinggi (66,7 persen), tembakan per pertandingan (19,9), sepak pojok terbanyak (73), dan akurasi umpan (90,7 persen). Kami ada di urutan kedua untuk tembakan ke arah gawang (48). 

Top skor Liga Europa 

Munas Dabbur (Salzburg) 7
Olivier Giroud (Chelsea) 6 
Wissam Ben Yedder (Sevilla) 6 
Luka Jovic (Frankfurt) 6
 

Bagaimana dengan tamu kita dini hari nanti? Dynamo Kiev adalah klub sepak bola tersukses di Ukraina dengan 15 gelar juara domestik, terakhir pada 2016, beserta tiga trofi UEFA.

Mereka punya pelatih legendaries dalam diri Valeriy Lobanovsky, yang menciptakan dinasti selama dua periode dalam kurun waktu tiga dekade. Hasilnya, mereka dua kali maju ke final Cup Winners’ Cup, pada 1975 dan 1985.

Tim Dynamo Kiev yang ia besut mengandalkan serangan dan pertahanan kolektif, menang dan kalah bersama-sama. Dinasti yang kini diwariskan ke Aleksandr Khatskevich berubah menjadi lebih pragmatis dan defensif, meski tetap agresif member tekanan pada bek-bek lawan. Gaya permainan cepat mereka dikombinasikan dengan banyak umpan silang, tembakan jarak jauh dan setplay yang rapi.

 

KEMUNGKINAN TERBAIK YANG BISA TERJADI BESOK SUBUH …

Kemenangan the Blues menyemarakkan Stamford Bridge.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA