Sejarah

Rating Card FIFA untuk Kandidat Shed Wall, Bobby Tambling

Masing-masing dari kelima legenda Chelsea yang menjadi kandidat untuk mengisi satu tempat kosong di Shed Wall telah menerima pengakuan atas kemampuan mereka dari abad ke-21 berupa Rating Card FIFA. Yang kami bahas pertama adalah pengakuan untuk Bobby Tambling…

Voting untuk menentukan siapa mantan pemain yang akan bergabung dengan legenda-legenda Chelsea lainnya di Shed Wall masih dibuka hingga 22 Maret. Nama Tambling ada di antara nama-nama seperti Jimmy Greaves, John Hollins, Roy Bentley, dan Charlie Cooke. Anda dapat menyumbang suara Anda di sini.

Tidaklah mengejutkan jika Tambling mendapat skor tinggi dalam kategori tembakan dan dribel di Rating Card FIFA!

Tambling melakukan debutnya untuk Chelsea saat masih berusia 17 tahun pada Februari 1959 dan langsung mencetak gol kemenangan saat melawan West Ham United yang berakhir dengan skor 3-2. Itu adalah gol pertama dari 202 gol yang dikoleksinya, yang bertahan selama 40 tahun sebelum akhirnya dipecahkan oleh Frank Lampard pada 2013.

Selama dua musim berikutnya, Tambling kerap diturunkan, sebagian besar sebagai pemain sayap, dan kariernya sebagai pencetak gol andal ketika menggantikan posisi yang ditinggalkan Jimmy Greaves pada 1961.

Tambling mengemas 22 gol di musim penuh pertamanya meski tidak bisa menghindarkan kami dari degradasi. Setahun kemudian, ia jadi kapten termuda yang berhasil memimpin rekan-rekannya meraih promosi dan menyumbang 37 gol. Gol-gol Bobby terus mengalir sepanjang 1960an dan membawa Chelsea menjadi klub yang diperhitungkan dalam persaingan trofi-trofi mayor.

Namun, sangat disayangkan, Piala Liga 1965 adalah satu-satunya trofi yang dimenangi Tambling di Chelsea, meski sempat mencetak gol saat berhadapan dengan Leicester City di final. Bobby jadi pemain pertama Chelsea yang bisa mencetak gol di final FA Cup meski golnya pada 1967 itu hanya menjadi gol hiburan.

Sebelumnya, di musim itu, Tambling mencatatkan lima gol saat menggulung tuan rumah Aston Villa dengan skor 6-2. Tidak ada pemain Chelsea yang bisa mencetak gol sebanyak itu dalam satu laga di liga.

Menjelang berakhirnya era 1960an, posisi Tambling terancam dan di musim 1969/70 mulai jarang tampil hingga kemudian yang bersangkutan bergabung dengan Crystal Palace.

Buka bagian Sejarah untuk mengetahui lebih banyak tentang sejarah Chelsea.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA