Pratinjau Laga

CPP: Dynamo Kiev vs Chelsea - Poin

The Blues memang sudah menginjakkan satu kakinya ke babak berikutnya, namun hal itu belum bisa dipastikan karena masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan di tepi Sungai Dnieper. Sejarawan klub, Rick Glanvill dan ahli statistik klub, Paul Dutton memberikan pandangannya untuk leg kedua…


POIN-POIN PENTING

Chelsea, yang punya catatan kemenangan terbanyak di Liga Europa musim ini dan sudah tak terkalahkan di 12 laga terakhir, membawa keunggulan 3-0 di leg pertama ke leg kedua yang digelar di Olympic stadium, Kiev, dini hari nanti.

The Londoners berhasil memenangi 11 dari 15 laga terakhir di kompetisi Eropa menyusul kemenangan pertama di Stamford Bridge dan kini, dengan signifikansi gol tandang, satu gol yang dimasukkan ke gawang lawan akan membuat tuan rumah harus membuat lima gol untuk bisa lolos ke babak selanjutnya. The Blues sendiri baru kemasukan empat gol dari sembilan laga di Eropa sejauh ini.

Di antara tim-tim yang masih berlaga di Liga Europa musim ini, hanya Eintracht Frankfurt (enam) yang punya rentetan tak terkalahkan di kandang lawan lebih banyak ketimbang Chelsea (lima – empat kali menang dan sekali imbang).

Sembilan puluh persen dari tim-tim yang bisa mencetak tiga gol di leg pertama fase gugur Liga Europa berhasil lolos ke babak berikutnya (73 dari 81 tim).

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Jika kita harus berterima kasih kepada Eden Hazard atas gol penyeimbangnya yang dicetak di menit-menit akhir saat menjamu Wolves, Dynamo menebus kekalahan 3-0 Jumat lalu dengan menggebuk tim juru kunci Arsenal Kiev dengan skor 4-0 di liga Ukraina, kemenangan yang mereka butuhkan sebagai pemompa semangat untuk menghadapi laga mala mini. Sementara, permukaan lapangan, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tampak terpangkas di beberapa bagian.

Sepertinya stadion akan terisi penuh meski laga derbi Kiev pada akhir pekan hanya ditonton oleh sekitar 6.868 orang, nyaris setengah dari tempat duduk dengan warna tradisional kuning-biru di stadion Olympic National Sports Centre, yang berkapasitas 70.000, tampak kosong.

Hasil undian Chelsea di fase grup di kompetisi yang sama di musim 2015/16 juga mempertemukan kami dengan stadion baru Dynamo yang punya kapasitas terbesar keenam itu; laga malam ini diperkirakan akan menyedot penonton yang jauh lebih banyak.

(Sejak rekonstruksi pada 2011)

Tim Ukraina itu memang jago kandang, namun sudah kalah dua kali di kompetisi domestik dan sekali di fase grup Liga Europa, dari klub Ceko, Jablonec.

Di kompetisi ini musim lalu, mereka disingkirkan oleh Lazio setelah kalah 0-2 di kandang lalu imbang 2-2 di Roma. Tim asal Inggris terakhir yang bertamu ke markas mereka, Man City di babak 16 besar Liga Champions 2015/16, menang 3-1.

Kemenangan di laga malam ini akan menempatkan Chelsea di perempat final sementara undian semifinal akan dilangsungkan pada Jumat. Tim unggulan tidak bisa berhadapan dengan tim dari satu negara yang sama. Juga akan dipilih nominal bagi tim ‘tuan rumah’ di final.

Olivier Giroud, yang berpeluang melakoni laga ke-50nya di kompetisi Eropa mala mini, adalah topskor ketiga di kompetisi ini.

Topskor Liga Europa

Wissam Ben Yedder (Sevilla) 7
Munas Dabbur (Salzburg) 7
Olivier Giroud (Chelsea) 6
Luka Jovic (Frankfurt) 6
Giovani Lo Celso (Real Betis) 5

 

Assist terbanyak di Liga Europa

Igor Stasevich (BATE) 7
Willian (Chelsea) 5
Andreas Ulmer (Salzburg) 4
Mijat Gacinovic (Frankfurt) 4
Viktor Tsygankov (Dynamo Kiev) 4


 


KEMUNGKINAN TERBAIK YANG BISA TERJADI BESOK DINI HARI …

Masuk ke delapan besar kompetisi Eropa untuk ke-17 kalinya dalam sejarah kami.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA