Berita

Mantan Pemain Bintang Chelsea, Michael Essien Pindah ke Klub Baku

Michael Essien pindah ke klub Azerbaijan, Sabail FK, di tahap berikutnya dalam kariernya sebagai pesepak bola.

Gelandang 36 tahun, yang bergabung dengan Chelsea pada 2015, dan jadi salah satu bintang yang memenangi banyak trofi selama 256 penampilannya untuk the Blues, dan tahun lalu sempat bermain di Indonesia.

Kini ia pindah ke ibu kota Azerbaijan, bersama klub yang, baru didirikan tiga tahun lalu, kini duduk di peringkat tiga liga. Kontrak Essien berakhir pada Mei 2020 dan akan menjadi bagian dari staf pelatih Sabail Under-19 sambil menyelesaikan lisensi kepelatihannya.

“Aku (pindah) ke sini tiga pekan lalu,” kata Essien. “Aku melakukan pembicaraan yang bagus dengan klub dan mereka menceritakan proyek mereka. Setelah kupikir-pikir, aku suka (proyek) itu, dan di sinilah aku sekarang.”

“Ini berbeda dengan apa yang kulihat sebelumnya. Tampak menarik dan seru. Senang sekali bisa ada di sini.”

Semasa membela Chelsea, pria kelahiran Ghana ini mengoleksi dua medali Premier League, dua FA Cup, League Cup dan dibawa sebagai pemain cadangan di final Liga Champions 2012 setelah tampil di babak-babak sebelumnya di kompetisi itu.

Ia juga dua kali menerima penghargaan Goal of the Season versi Chelsea, berkat gol berkelasnya ke gawang Arsenal dan Barcelona.
 

Ia juga sempat bermain di Prancis, Spanyol, Italia, dan Yunani dan telah membela timnas Ghana sebanyak lebih dari 50 kali. Sorotan diberikan ketika negaranya jadi satu-satunya tim Afrika yang lolos ke fase gugur Piala Dunia 2016 di Jerman. Ia terpilih sebagai tim terbaik di turnamen Piala Afrika dua tahun kemudian.

Essien juga tampil di laga Chelsea Legends yang digelar di Stamford Bridge Mei tahun lalu.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA