Internasional

Babak Kualifikasi Euro 2020 - Selayang Pandang

Untuk pertama kalinya Piala Eropa akan digelar di berbagai tempat di Eropa pada musim panas mendatang dan mengingat Nations League juga berdampak pada kualifikasi, ada beberapa hal yang perlu dijelaskan seputar Euro 2020.

Kapan kualifikasi dimulai?

Laga kualifikasi pertama dimainkan pada Jumat dini hari, di mana setiap negara setidaknya akan bertanding satu kali di jeda internasional ini, maksimal dua kali.

Bagaimana proses kualifikasinya?

Sebanyak 55 negara UEFA harus berkompetisi di babak kualifikasi, yang akan berakhir pada November. Terdapat 10 grup yang terdiri dari lima sampai enam tim, yang masing-masing akan berhadapan dua kali, tandang dan kandang. Dua tim teratas dari setiap grup akan otomatis lolos ke Euro 2020, sementara empat slot sisa akan diperebutkan melalui laga playoff.

Di mana Nations League digelar?

Tidak seperti yang diperkirakan sebelumnya, peserta playoff tidak akan ditentukan berdasarkan hasil di babak kualifikasi, melainkan setiap tim dari keempat liga di Nations League akan mendapat alokasi tempat di Euro 2020.

Juara grup dari setiap liga – A, B, C, dan D – akan memainkan laga playoff pada Maret 2020 untuk mengamankan salah satu dari empat tempat yang tersisa. Formatnya adalah semifinal playoff dengan sistem gugur, diikuti dengan final, per liga, di mana juara dari masing-masing liga A, B, C, dan D akan mengisi keempat spot terakhir di Euro.

Jika negara tersebut sudah lolos melalui jalur konvensional, maka tempat mereka akan diberikan kepada tim peringkat tertinggi berikutnya di Nations League sesuai kastanya.

Sebagai contoh, di Liga D, empat tim yang menjadi juara grup adalah Georgia, Makedonia, Kosovo, dan Belarusia. Jika salah satu dari mereka otomatis lolos ke Euro, maka tempat mereka di babak playoff akan diberikan kepada tim dengan peringkat tertinggi berikutnya, dalam contoh ini Luksemburg. Dan seterusnya.

Total, ada sebanyak 16 tim yang akan bersaing di babak playoff, yang akan memainkan semifinal dan final dalam satu leg. Dua tim dengan peringat tertinggi akan menjadi tuan rumah di semifinal sementara tuan rumah untuk keempat laga final akan diundi kemudian.

Baca: EUFA Nations League – kedudukan terakhir

Siapakah tuan rumah Euro 2020?

12 kota di 12 negara berbeda! Untuk merayakan ulang tahun ke-60 Piala Eropa yang pertama, UEFA memutuskan untuk memiliki lebih dari satu tuan rumah untuk Euro 2020. Mereka adalah:

Amsterdam, Belanda
Baku, Azerbaijan
Bilbao, Spanyol
Budapest, Hongaria
Bucharest, Rumania
Copenhagen, Denmark
Dublin, Irlandia
Glasgow, Skotlandia
London, Inggris
Munich, Jerman
Rome, Italia
St Petersburg, Rusia

Masing-masing kota akan menggelar tiga laga fase grup serta babak 16 besar atau perempat final. Semifinal dan final akan dihelat di Wembley.

Sesuai jadwal, turnamen ini akan diselenggarakan dari 12 Juni 2020 hingga 12 Juli 2020.
 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA