Blog

Ketika Chelsea Berhadapan dengan Tim Asia Timur

Chelsea akan berhadapan dengan lawan dari Jepang untuk pertama kalinya di musim panas ini dengan menghadapi juara bertahan J.League, Kawasaki Frontale di International Stadium, Yokohama pada Jumat 19 Juli.

Chelsea akan menghadapi lawan dari Jepang untuk pertama kalinya musim ini, yaitu juara bertahan J.League, Kawasaki Frontale di International Stadium Yokohama pada Jumat 19 Juli.

The Blues pernah berkunjung ke Negeri Matahari Terbit itu untuk mengikuti ajang Piala Dunia Antar Klub FIFA pada Desember 2013 namun tidak bersua dengan klub-klub Asia di turnamen tersebut karena kami berhadapan dengan klub asal Meksiko, Monterrey di semifinal dan klub Brasil, Corinthians di final.

Soal pertemuan dengan tim-tim asal Asia, Chelsea punya catatan yang apik, yaitu hanya sekali tidak menang dari 17 laga dalam rentang 25 tahun.

Hong Kong

Satu-satunya kekalahan Chelsea dari tim asal Asia diterima dari lawatan pertama kami ke wilayah tersebut pada Mei 1994 ketika pasukan Glenn Hoddle kalah 2-1 dari tim pilihan Hong Kong XI dalam laga yang dimainkan di Hong Kong Stadium.

Hasil lebih baik didapat tiga tahun kemudian ketika the Blues kembali ke sana seusai menjuarai FA Cup dengan mengalahkan juara liga lokal South China 3-2 lewat dua gol Gianluca Vialli dan sebuah gol Roberto Di Matteo.

Pada lawatan terbaru, pada 2011, the Blues berhadapan dengan juara liga Kitchee di Barclays Asia Trophy. Frank Lampard sukses mengonversi hadiah penalti di babak pertama, yang kemudian ditambah dengan gol bunuh diri dan gol-gol dari Didier Drogba dan Daniel Sturridge untuk menyegel kemenangan telak 4-0.

Brunei

Setelah menghadapi South China pada Mei 1997, tim besutan Ruud Gullit bertandang ke Bandar Seri Begawan untuk berhadapan dengan tim nasional Brunei. The Blues tampil dominan dan menang 6-0 berkat brace pemain muda Mark Nicholls serta satu gol masing-masing dari Frank Sinclair, Gianfranco Zola, Dan Petrescu dan Vialli.

Thailand

Bangkok jadi perhentian terakhir kami di tur pascamusim kompetisi pada 1997. Di sana Chelsea bertemu dengan tim nasional Thailand di Supachalasai Stadium dan menang 1-0 lewat gol Dan Petrescu di babak pertama.

Pada 2011 kami kembali ke sana dan tampil memukau di Rajamangala Stadium dan memetik kemenangan 4-0 lewat gol-gol dari Lampard, Jose Bosingwa, Branislav Ivanovic dan Florent Malouda.

Dua lawatan terakhir the Blues ke ibu kota Thailand itu sama-sama berakhir dengan kemenangan 1-0; penalti Romelu Lukaku mengamakan kemenangan dari Singha All Star XI pada Juli 2013 sedangkan Dominic Solanke mencetak satu-satunya gol ke gawang Thailand All-Stars pada Mei 2015.


Malaysia

Seperti Thailand, Malaysia juga pernah menjamu the Blues sebanyak empat kali. Yang pertama adalah di Premier League Asia Trophy pada 2003. Di laga itu, the Blues unggul lebih dulu lewat Frank Lampard dan diperbesar oleh Jimmy Floyd Hasselbaink, Eidur Gudjohnsen dan Glen Johnson di babak kedua untuk menggenapi kemenangan 4-1.

Gol-gol dari Nicolas Anelka dan Ashley Cole ke gawang Malaysia Select XI memberikan kemenangan 2-0 pada 2008 sementara Didier Drogba sukses mencetak gol kemenangan di menit-menit akhir dalam laga yang berakhir 1-0 di hadapan sebanyak hampir 85.000 penonton pada 2011.

Terakhir kali ke sana, pada Juli 2013, kami menang 4-1 lewat gol-gol dari Bertrand Traore, Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku dan Victor Moses.

Korea Selatan

Chelsea pernah dua kali berhadapan dengan klub K League, Suwon Bluewings. Yang pertama, di Suwon World Cup Stadium, pada Mei 2005 berakhir 1-0 untuk kemenangan kami. Dua tahun kemudian, keduanya kembali berhadapan di laga pramusim di Los Angeles. Didier Drogba mencetak satu-satunya gol di laga itu, 10 menit menjelang laga usai.

Tiongkok

Satu-satunya kesempatan kami untuk berhadapan dengan klub asal Tiongkok terjadi pada 2008, dalam tur pramusim 2008. Pasukan Luiz Filipe Scolari menang mudah di dua pertandingan tersebut. Kami menggulung Guangzhou Pharmaceutical 4-0 lewat gol-gol dari Salomon Kalou, Lampard, Franco Di Santo dan Shaun Wright-Phillips kemudian menghantam Chengdu Blades 7-0 di Macau lewat dua gol Joe Cole dan sebuah gol masing-masing dari Anelka, Kalou, Lampard, Di Santo serta Wright-Phillips].


Indonesia

Kemenangan terbesar Chelsea dari klub asal Asia sejauh ini didapat pada 2013, ketika menyambangi Indonesia, yaitu 8-1 melawan BNI All-Stars di Jakarta. Ramires dan Lukaku masing-masing mengemas brace sedangkan Eden Hazard, Demba Ba, John Terry da Bertrand Traore masing-masing satu gol di hadapan lebih dari 80.000 fans di Stadion Gelora Bung Karno.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA