Internasional

Dua Gol Eden Hazard Menangkan Belgia; Mateo Kovacic Bukukan Caps ke-50 untuk Kroasia

Tercipta gol dan caps bersejarah dari mereka yang beraksi di panggung internasional dini hari tadi di ajang kualifikasi Euro 2020.

Eden Hazard punya andil dalam terciptanya ketiga gol Belgia di penampilan ke-99 ketika the Red Devils mengawali babak kualifikasi ini dengan raihan tiga poin di Brussels. Youri Tielemans membuka keunggulan ketika laga baru berjalan seperempat jam namun keunggulan tersebut hanya bertahan beberapa menit setelah disamakan oleh Rusia lewat gol Denis Cheryshev, yang sukses memanfaatkan kesalahan kiper Thibaut Courtois.

Michy Batshuayi bermain dari menit awal di lini serang bersama Hazard dan nyaris mengembalikan keunggulan ketika babak pertama tersisa tujuh menit lagi saat bola hasil sepakannya bisa dihalau lawan sebelum benar-benar melewati garis gawang. Hazard kembali beraksi di masa perpanjangan waktu babak pertama dengan menyeruak masuk ke kotak penalti dari sisi kanan lalu dilanggar oleh eks bek the Blues, Yuri Zhirkov.

Hadiah penalti dieksekusi dengan penuh percaya diri oleh kapten Belgia, mengecoh kiper lawan untuk menjatuhkan badan ke kanan. Tuan rumah gagal memanfaatkan keunggulan mereka di babak kedua, di mana sepakan Batshuayi mengenai tiang gawang. Hazard memastikan tiga poin lewat gol ke-29nya di panggung internasional melalui tendangan kaki kiri dari jarak dekat di menit ke-88. Hazard dan Batshuayi sama-sama bermain penuh di laga itu.

Belgia akan bertandang ke Siprus pada Senin untuk menjalani laga kualifikasi berikutnya, di mana Hazard akan mencatatkan penampilan ke-100nya di ajang internasional, sebuah rekor tersendiri, jika dimainkan.

Di Zagreb, Kroasia memastikan kemenangan di menit-menit akhir dalam laga seru kontra Azerbaijan. Mateo Kovacic melakoni penampilan ke-50nya bagi Kroasi di laga itu. Gelandang itu dimainkan bersama Luka Modrid dan Ivan Rakitic di tim finalis Piala Dunia 2018, yang tertinggal lebih dulu di menit ke-19 usai gawangnya dibobol oleh Ramil Sheydaev.

Pasukan Zlatko Dalic berhasil bangkit dan memenangi pertandingan setelah bek Rangers, Borna Barisic mensontek bola di muka gawang dan tendangan melengkung Andrej Kramaric di 12 menit terakhir masuk ke gawang. Kovacic digantikan lima menit sebelumnya sementara Mario Pasalic tidak diturunkan dari bangku cadangan. Kini Kroasia bertolak ke Budapest untuk menghadapi Hongaria pada Senin.

Masih di Eropa, berlangsung laga persahabatan berdurasi satu jam bagi Andreas Christensen dan Denmark yang melanjutkan persiapan mereka dalam menghadapi laga kualifikasi Euro 2020 dengan hasil imbang melawan Kosovo. Di penampilan ke-17nya untuk timnas, pria 22 tahun itu dimainkan di jantung pertahanan dari skema empat bek dan dibutuhkan gol penyeimbang dari pemain Southampton, Pierre-Emile Hojbjerg, di menit-menit akhir untuk menyelamatkan Denmark dari kekalahan.

Tendangan penalti Christian Eriksen di babak pertama membuat keunggulan Kosovo sirna, meski gol dari Bersant Celina, yang saat ini bermain untuk Swansea City di divisi Championship, seperti akan mengamankan kemenangan bagi tuan rumah hingga akhirnya drama di menit-menit akhir itu terjadi. Denmark akan memulai laga kualifikasi dengan bertandang ke Swiss pada Rabu.

Ashton Gate di Bristol jadi venue pertandingan Inggris Under-21, yang diperkuat oleh Fikayo Tomori dan Jay Dasilva di lini pertahanan, melawan Polandia. Mengingat Piala Eropa akan digelar pada Juni, laga ini dimanfaatkan oleh Aidy Boothroyd untuk mempersiapkan timnya dengan menghadapkannya dengan sesama tim yang bermain di putaran final.

Tim Singa Muda unggul cepat lewat striker Everton, Dominic Calvert-Lewin, yang didahului oleh pergerakan apik Reiss Nelson di sektor kiri. Namun, sebuah tendangan bebas brilian dari Sebastian Szyanski memastikan kedua tim bermain sama kuat di hadapan lebih dari 25.000 penonton. Jake Clarke-Salter tidak diturunkan oleh Aidy Boothroyd, sementara Tammy Abraham ditarik dari skuat tak lama menjelang laga. Seusai laga, Tomori terpilih sebagai man of the match.

Trevoh Chalobah mengapteni Inggris Under-20, di St. George’s Park, yang melanjutkan perjalanan mereka di Elite League dengan menghadapi Polandia, yang diperkuat oleh Marcin Bulka di bawah mistar gawang. Pasukan Paul Simpson mengalami kekalahan kedua di kandang musim ini setelah kalah 3-1. Gol tuan rumah diciptakan oleh pemain Arsenal, Eddie Nketiah. Reece James tidak dipanggil dari bangku cadangan.

Inggris Under-17 punya kabar yang lebih bagus di mana tim Steve Cooper memulai kualifikasi untuk putaran final Piala Eropa musim panas nanti dengan kemenangan telak 5-2 atas Swiss. Pemain Chelsea, yang masih pelajar, Tino Livramento dan Lewis Bate tampil di laga itu. Bate masuk di fase akhir pertandingan sementara pemain lainnya, Myles Peart-Harris ada di bangku cadangan.

Pada laga sebelumnya, George Nunn tampil untuk pertama kalinya bagi Republik Irlandia saat tim Under-18 mereka kalah dari Turki dalam laga persahabatan. Striker tersebut menjadi starter bagi pasukan Andy Reid dalam laga yang digelar di Istanbul dan digantikan saat turun minum. Irlandia akhirnya takluk 4-0.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA