Internasional

Italianya Jorginho Menang Besar dan Alvaro Morata Bikin Dua Gol untuk Spanyol

Jorginho tampil sebagai jantung di lini tengah Italia yang menggulung 10 pemain Liechtenstein dengan enam gol di laga kualifikasi Euro 2020 dini hari tadi. Sementara, brace Alvaro Morata yang dikombinasikan dengan clean sheet Kepa Arrizabalaga membawa Spanyol menang 2-0 di Malta.

Roberto Mancini kembali memasangkan Jorginho dengan Marco Veratti di lini tengah dan Italia pun mendominasi penuh laga di Parma. Tuan rumah bahkan sudah unggul empat gol saat jeda turun minum plus unggul satu pemain. Gol-gol dibikin oleh Stefano Sensi, Veratti dan Fabio Quagliarella sementara tim tamu kehilangan Daniel Kaufmann yang melakukan handball.

Pemain Chelsea itu ditarik keluar setelah laga berjalan satu jam. Setelah itu, Italia menambah dua gol lagi dan semakin mengukuhkan posisi mereka di puncak grup menyusul kemenangan 2-0 atas Finlandia Sabtu lalu waktu setempat.

Pindah ke selatan, Kepa bermain sejak menit pertama bagi Spanyol yang juga mencatatkan dua kemenangan dari dua laga kualifikasi. Pemuda 24 tahun itu nyaris tak mendapat ujian berarti sedangkan Morata mengemas dua gol yang menyegel raihan tiga poin bagi pasukan Luis Enrique. Si striker, yang sedang dipinjamkan ke Atletico Madrid, melepas tembakan keras menyilang dengan kaki kirinya ke gawang lawan ketika laga baru berjalan setengah jam. Itu adalah gol pertamanya di ajang internasional sejak November 2017.

Gol keduanya datang 42 menit kemudian dengan menanduk sebuah umpan silang brilian dari Jesus Navas ke jala lawan. Kini Morata telah mengoleksi 15 gol untuk Spanyol dan masuk dalam jajaran 20 top skor Spanyol terbaik sepanjang masa. Dengan kemenangan ini, juara Euro 2012 ini nyaman berada di puncak grup.

Di tempat lain, Andreas Christensen tidak dipanggil dari bangku cadangan ketika Swiss dan Denmark bertarung sengit di Basel. Tuan rumah unggul 3-0 lebih dahulu berkat gol-gol dari Remo Freuler, Breel Embolo, dan pemain Arsenal Granit Xhaka. Denmark kemudian bangkit dan berhasil mencetak tiga gol di enam menit terakhir.

Di Praha, Tomas Kalas tampil 90 menit bagi Republik Ceko dalam laga persahabatan di Brasil. Asa mereka untuk menebus kekalahan telak 5-0 dari Inggris di laga sebelumnya hidup ketika David Pavelka membuat timnya unggul. Namun, gol penyeimbang Roberto Firminho di babak kedua dan dua gol Gabriel Jesus di fase akhir pertandingan membuat tim asal Amerika Selatan itu keluar sebagai pemenang.

Kenneth Omeruo tidak diturunkan saat Nigeria mengalahkan Turki dalam laga persahabatan. Bek, yang musim ini dipinjamkan ke Leganes di La Liga, tampil saat timnya menang 3-1 atas Seychelles di Piala Afrika Sabtu lalu. Ola Aina batal membela negaranya lantaran cedera.

Di kelompok usia muda, Inggris Under-21 besutan Aidy Boothroyd kalah di kandang sendiri untuk pertama kalinya sejak 2011 akibat dibobol Jerman di menit-menit akhir dalam laga yang dilangsungkan di Vitality Stadium, markas Bournemouth. Jake Clarke-Salter jadi starter di jantung pertahanan sementara Jay Dasilva dimasukkan sebagai pemain pengganti. Tim singa muda menyamakan kedudukan lewat Dominic Solanke, alumni Akademi Chelsea lainnya, yang bermain di markas barunya di pantai selatan.

Ketika laga sepertinya akan berakhir imbang, pemain Wolfsburg, Felix Uduokhai mencetak gol di masa perpanjangan waktu sekaligus memberikan kekalahan bagi pasukan Boothroyd. Fikayo Tomori hanya duduk di bangku cadangan di laga itu. Kini perhatian tim singa muda tertuju pada Piala Eropa kelompok usia mereka, yang akan dimainkan di Italia dan San Marino pada Juni.

Inggris Under-20 harus menelan kenyataan pahit di Liga Elit Under-20 setelah takluk 1-0 di Portugal. Reece James bermain penuh di laga itu, sementara Dujon Sterling dimasukkan di babak kedua. Tim arahan Paul Simpson itu kalah setelah gawangnya dijebol oleh pemain Braga, Pedro Martelo, setelah satu jam.

Belanda Under-19 juga menelan kekalahan pahit ketika Daishawn Redan dan Juan Castillo gagal mencegah terjadinya gol kemenangan Spanyol di menit-menit akhir pertandingan dalam laga kualifikasi krusial untuk menentukan langkah mereka ke putaran final Euro. Belanda hanya butuh satu poin untuk finis sebagai juara grup dan lolos ke turnamen yang akan digelar di Armenia, namun setelah kebobolan di menit ke-90, Spanyollah yang berhak lolos ke putaran final turnamen yang akan diikuti oleh delapan tim.

Di level Under-17, Ian Maatsen tampil penuh sebagai bek kiri dan sukses membantu Belanda menggasak Republik Ceko dengan skor 5-2 dan maju ke putaran final musim panas nanti sebagai juara grup. Sam McClelland membantu Irlandia Utara membukukan clean sheet meski hasil 0-0 tidak cukup untuk mengangkat posisi mereka dari dasar klasemen grup.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA