Analisis

Joe Cole Puji Kecepatan, Dribel, dan Keberanian Callum Hudson-Odoi di Laga Debutnya

Joe Cole sudah pernah bermain bersama Callum Hudson-Odoi sehingga tidaklah mengejutkan lagi baginya ketika melihat apiknya penampilan pemuda 18 tahun itu di laga debutnya sebagai starter di tim nasional Inggris.

Cole menjadi pundit ITV ketika Inggris menggulung Montenegro dengan skor telak 5-1 di Podgorica dan menjadi saksi apiknya penampilan dua penggawa Chelsea, Hudson-Odoi dan Ross Barkley, yang menjadi bintang di tim Tiga Singa, yang melanjutkan start sempurna mereka di fase kualifikasi Euro 2020.

Dari posisinya sebagai pemain depan yang kerap beroperasi melebar ke sisi lapangan ketika bermain untuk klub maupun negaranya, Cole tahu benar apa yang dia ucapkan ketika membahas permainan efektif di sektor sayap. Berdasarkan pengalamannya semasa menjadi pemain sepak bola, dia menjelaskan apa yang membuat Hudson-Odoi menjadi sosok yang berbahaya.

“Saya pernah bermain bersama Callum ketika aku baru saja kembali dari Amerika,” ceritanya.

“Saya cukup beruntung bisa berlatih dengan Chelsea Under-18, dan untuk pertama kali saya melihatnya. Dia melewati saya beberapa kali! Anda tidak bisa mengejarnya. Bahkan, di usia yang lebih dewasa, sebagai seorang pesepak bola, Anda bisa menjulurkan kaki dan menghentikan mereka, tetapi dengan kecepatan dan tenaga seperti itu, tidak ada yang bisa Anda lakukan.”

“Dengan kualitasnya, setelah bola dia pindah ke kaki kanannya dan melewati Anda, dia akan hilang. Anda harus menjadi seorang bek yang amat sangat andal untuk bisa menghadapinya.”

“Kesalahan kecil yang dia perbuat di babak pertama untuk gol (Montenegro) itu adalah kesalahan untuk pembelajaran. Sesuatu yang dilakukan oleh pemain berusia 18 tahun. Tetapi yang dia berikan adalah tenaga, kecepatan, kelangsungan, dan keberaniannya. Dia pemain hebat dan bisa lebih baik lagi. Dia perlu berkembang dan setiap kali saya lihat, permainannya semakin baik.”

Hudson-Odoi nyaris mencetak gol di babak kedua dan menyuplai umpan yang divoli Barkley menjadi gol kedua Inggris. Gelandang ini kemudian mencetak gol lewat sebuah penyelesaian klinikal di babak kedua. Gol itu menutup hari yang manis bagi Barkley, yang juga membukukan assist dini hari tadi dan tampil impresif melawan Republik Ceko di laga sebelumnya.

“Dia punya teknik, dia punya ukuran (fisik), dia punya fisikalitas, dan dia mulai bisa memanfaatkan kesemuanya itu,” pendapat Cole tentang Barkley.

“Dia yang membuat dirinya ditarik ke tim nasional Inggris, dan dia punya setiap kesempatan untuk bermain di tim Chelsea. Dia punya semua atribut yang diperlukan untuk menjadi gelandang kelas dunia.”

Baca: Si pencetak dua gol, Barkley, gambarkan penampilan kelas atas Hudson-Odoi

Barkley sendiri mengaku bahwa dia tidak bermaksud mengambil alih gol Hudson-Odoi, sementara video tayang ulang menunjukkan bahwa bola bergerak melebar sebelum kemudian dia belokkan.

“Aku belum menonton ulang gol itu dan aku tidak tahu apakah bola itu akan masuk atau tidak, tetapi jika iya, aku akan kecewa karena aku tahu dia (Hudson-Odoi) akan dongkol,” terang Barkley.

“Dia berkembang pesat dalam mencetak gol dan menciptakan assist. Tetapi, dia senang sekali dengan penampilannya dan aku senang dia menjadi starter karena hanya langitlah yang menjadi batasnya.”

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA