Pratinjau Laga

CPP: Cardiff vs Chelsea - Poin

Premier League kembali di waktu yang tepat untuk menutup bulan Maret. Sejarawan klub, Rick Glanvill dan ahli statistik klub, Paul Dutton menyajikan pengamatan mereka untuk laga antar dua tim ibu kota…

Poin-poin Penting

Hat-trick dari Eden Hazard sukses taklukkan tim asal Wales ini di pertemuan sebelumnya, pertengahan September, setelah Sol Bamba membuka keunggulan mereka lewat sebuah serangan balik. Kemenangan atas Cardiff di Stamford Bridge itu membuat the Blues berada di puncak klasemen setelah lima pertandingan. Akan tetapi, itu enam bulan lalu.

Penampilan The Bluebirds di empat laga kandang terakhir berada di urutan ke-13 sementara Chelsea ke-16 untuk penampilan di kandang lawan.

Dengan demikian, tim yang maju ke perempat final Liga Europa ini telah mengalahkan semua tim Premier League mulai dari Newcastle (peringkat 13 klasemen) ke bawah di markas mereka musim ini, sementara, hingga hari ini, tuan rumah belum pernah bisa mencuri poin ketika berhadapan dengan tim enam besar.

The Londoners, yang tidak pernah kalah dari dua klub promosi di musim yang sama sejak musim 2012/13, juga sudah menang empat kali dari enam laga Premier League yang dimainkan di Wales. Hari Minggu nanti, Chelsea berpeluang mencatatkan dobel kelimanya di liga musim ini.

Chelsea selalu memenangi pertemuannya dengan Cardiff City di Premier League.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Dengan jumlah pertandingan Premier League yang tersisa 20 persen lagi, kini fokus kedua tim adalah mencari rentetan hasil positif untuk meraup poin sebanyak mungkin.

Performa diambil dari penampilan di enam laga terakhir baik kandang maupun tandang.
*Juga bisa lolos ke Liga Champions 2019/20 dengan menjuarai Liga Europa 2018/19.

Setelah kehilangan poin di dua laga terakhir di liga, Chelsea harus tampil lebih baik hingga akhir musim daripada dua tim di atasnya. Setelah pekan ini, the Blues masih harus bertandang ke tiga kali, dua di antaranya Anfield dan Old Trafford.

Lima dari delapan laga Tottenham akan dimainkan di stadion baru mereka, dan masih harus bertamu ke markas Manchester City, Liverpool dan Bournemouth. Di antara ketujuh tim teratas, penampilan Spurs di enam laga terakhir adalah yang terburuk.

Arsenal, dengan catatan tandang terburuk di antara tujuh tim teratas, akan menghadapi lima ujian berat di kandang lawan, yaitu di markas Wolves, Everton, Watford, dan klub yang terancam terdegradasi, Burnley. Man United, yang kalah di dua laga terakhir mereka, akan menjamu dua juara – the Blues dan City – dari lima laga kandang terakhir mereka. Sementara, dua laga terakhir mereka adalah tandang ke Huddersfield dan menjamu Cardiff di kandang.

Secara teori, lawan-lawan paling menyulitkan yang bakal dihadapi di fase terakhir Premier League ini adalah mereka yang masih harus memperjuangkan sesuatu – entah tiket ke kompetisi Eropa atau keluar dari zona degradasi. Terakhir kali, Cardiff berhasil menghentikan rentetan tiga kekalahan beruntun dengan mengalahkan West Ham 2-0.

Performa diambil dari penampilan di enam laga terakhir baik kandang maupun tandang.

Huddersfield akan dipastikan terdegradasi jika kalah di markas Palace Sabtu nanti dan jika Burnley dan Southampton berhasil mengamankan tiga poin. Itu berarti satu hari lebih lama ketimbang Derby, yang juga dipastikan terdegradasi setelah laga ke-32, di musim 2006/07.
 

Topskor Premier League

Sergio Aguero (Man City) 18
Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal) 17
Harry Kane (Tottenham) 17
Sadio Mane (Liverpool) 17
Mohamed Salah (Liverpool) 17
Raheem Sterling (Man City) 15
Eden Hazard (Chelsea) 13
 

Clean sheet terbanyak Premier League

Alisson (Liverpool) 17
Ederson (Man City) 14
Kepa Arrizabalaga (Chelsea) 11
Hugo Lloris (Tottenham) 9
Martin Dubravka (Newcastle) 9
Jordan Pickford (Everton) 9
Neil Etheridge (Cardiff) 8

 

KEMUNGKINAN TERBAIK YANG BISA TERJADI AKHIR PEKAN INI…

Pulang dari Wales dengan membawa tiga poin.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA