Blog

Momen Kebangkitan Terbaik Chelsea

Perjalanan the Blues ke markas Cardiff City pada hari Minggu digelar 35 tahun sejak kami melakukan kebangkitan yang paling luar biasa melawan tim Wales dalam sebuah drama enam gol di Ninian Park.

Ini adalah sebuah momen dalam sepakbola Inggris ketika tak ada istilah kalah sebelum waktunya melainkan mengejar dan pantang menyerah, semangat yang terus ada dalam sepakbola, yang membuat olahraga ini populer di dunia.

Kami telah menikmati beberapa momen seperti itu dalam sejarah kami, yang paling terkenal biasanya tercipta di kompetisi Eropa ketika kami berhasil membalikkan kekalahan di leg pertama, dan Napoli dan Vicenza langsung terlintas dalam pikiran. Kemudian, tentu saja, ada kemenangan Piala FA kami yang terkenal atas Liverpool setelah tertinggal 2-0 di babak pertama pada tahun 1997, sebuah pertandingan yang akan selalu mendapatkan tempat khusus dalam sejarah the Blues.

Namun, tentu saja, tim yang sedang tertinggal 3-0 dengan hanya enam menit tersisa wajar saja untuk menyerah. Tapi coba sampaikan hal ini ke pasukan Chelsea besutan John Neal dalam musim 1983/84, yang tetap menjadi musim yang tak terlupakan bagi para suporter lawas saat kami memenangi gelar Divisi Dua untuk kembali ke periode yang hebat.

The Blues telah mengembangkan reputasi sebagai tim yang kerap melakukan kebangkitan hebat - tanyakan saja kepada tim Blackpool dan Bolton Wanderers yang melihat keunggulan tiga gol mereka melawan kami menjadi sia-sia  - tetapi pada kedua kesempatan itu waktu berpihak pada kami.

Melawan Cardiff City, di hadapan suporter di Ninian Park yang riuh, papan skor dan waktu melawan kami. Dengan lima menit lebih sedikit tersisa, the Blues tertinggal tiga gol dan wajar saja jika sebagian besar suporter kami yang melakukan perjalanan ke Wales selatan meninggalkan stadion lebih awal.

Namun, seperti yang dicatat oleh Neal, 'tim yang lebih rendah daripada tim kami akan menyerahpada saat itu' dan comeback yang ajaib dimulai ketika Kerry Dixon melepaskan tembakan rendah. Pada saat itu dia sudah dalam perjalanan untuk  menutup musim  sebagai pencetak gol terbanyak di divisi pada musim perdananya sebagai pemain the Blues, dan tentu saja ini hanya gol lainnya yang menambah catatan golnya.

Itu mungkin terlihat tak lebih dari sekedar gol hiburan, tetapi performa buruk Cardiff membuat kepercayaan tumbuh dalam diri pasukan Neal, bek kanan Colin Lee melepaskan tembakan dari sisi kiri kotak penalti dari jarak enam yard untuk mencetak gol kedua kami. Permainan kembali hidup!

Kemudian, dengan hanya beberapa detik tersisa untuk dimainkan, tangan pemain Cardiff City memblokir tembakan yang melesat kurang dari satu yard sebelum mencapai gawang. Apakah itu tidak disengaja? Tidak! Kami mendapatkan penalti! Nigel Spackman terpilih sebagai eksekutor. Dia melaksanakan tugasnya.

Tim tuan rumah nyaris tidak punya waktu untuk mengembalikan bola ke tengah lapangan sebelum peluit panjang berbunyi. Entah bagaimana the Blues telah merebut poin yang hampir mustahil, membawa kami memliki poin yang sama dengan Sheffield Wednesday dan Newcastle United di puncak klasemen.

Hebatnya, bahasan pasca-pertandingan berpusat pada peluang yang terlewatkan. Johns Neal dan Hollins sama-sama mengatakan bahwa tambahan waktu bermain selama lima menit bisa menghasilkan kemenangan yang ajaib untuk kami, meskipun hasil imbang sendiri sudah terasa seperti kemenangan.

"Ini adalah perasaan yang menyenangkan mengetahui bahwa kami bisa bangkit dari kedudukan tertinggal 3-0 dan bisa meraih hasil imbang selama kami tidak melakukannya terlalu sering! Para pemain tahu apa yang bisa mereka raih jika mereka sangat menginginkan sesuatu."

Itu juga merupakan kesempatan yang tidak akan dilupakan oleh Dale Jasper muda. Dia masuk sebagai pemain pengganti untuk melakoni debut Chelsea dan dia pikir keluarganya ada di sana untuk menyaksikan momen yang paling luar biasa ini.

"Orang tua saya harus meninggalkan stadion lebih awal karena beberapa masalah - mereka pikir semua sudah berakhir," keluh sang debutan. "Ketika kami membuatnya 3-3, saya berlinang air mata. Itu tidak bisa dipercaya, emosinya, luar biasa."

Hari-hari seperti ini tidak sering terjadi, tetapi pada saat Anda bermain dan Anda pikir semuanya kalah, jangan menyerah. Hal-hal aneh sudah pernah terjadi...

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA