Wawancara

Olivier Giroud Bicara Soal Golnya di Liga Europa 

Olivier Giroud adalah top skor Liga Europa musim ini dan menjelang leg pertama perempat final melawan Slavia Pragua, striker ini menganalisis trigol sempurna yang ia ciptakan di babak sebelumnya, menggarisbawahi pentingnya kompetisi ini, serta menimbang tantangan yang akan dihadapi dini hari nanti.

Giroud sudah mengemas sembilan gol bagi the Blues di Liga Europa musim ini dengan rata-rata satu gol setiap 74 menit. Tiga di antaranya ia ceploskan di laga sebelumnya, di markas Dynamo Kiev, dan kita pun melaju ke babak delapan besar dengan mudah di turnamen yang kita juarai pada 2013 ini.

Malam di ibu kota Ukraina itu terbilang fantastis untuk Giroud dan tentunya akan selalu ia kenang.

“Aku baru diberi tahu seusai laga bahwa itu adalah hattrick yang sempurna,” kata pria 32 tahun.

“Aku tidak sadar bahwa aku mencetak satu gol dengan kaki kanan, satu dengan kaki kiri dan satu lagi dengan sundulan. Ini sangat memuaskan. Semuanya dilakukan dengan satu sentuhan. Sebagian besar dari gol-golku berasal dari satu sentuhan. Di dalam kotak penalti, Anda tidak punya banyak waktu untuk berpikir soal efisiensi, karena semuanya terjadi begitu saja.”

“Anda harus bergerak secepat mungkin, melakukan gerakan yang tepat, dan cukup klinikal untuk memainkannya dengan satu sentuhan.”

“Gol pertamaku benar-benar merupakan golnya striker karena aku mengantisipasi flick dari Ruben. Lalu aku beruntung karena bola jatuh ke jalurku. Untuk gol-gol seperti itu, segala sesuatunya terjadi dengan cepat, jadi Anda harus menyentuh bola dengan cara yang tepat atau bola akan mengarah ke tribun.”

“Gol kedua berasal dari umpan silang matang Marcos yang mengarahkan bola di antara bek dan kiper, dan aku berusaha sebisa mungkin untuk tetap onside. Kusambar dengan kaki kananku karena bola dioper ke kaki kananku. Itulah efisiensi.”

“Gol terakhir dari umpan silang apik Willy, kerja sama yang manis, dan blok yang bagus dari bek. Sudah lama kami tidak mencetak gol dari situasi bola mati, jadi bagus.”

Penampilan the Blues di Liga Europa nyaris sempurna, dengan memenangi sembilan dari 10 laga di kompetisi ini. Ini merupakan sebuah ujian tentang konsistensi di berbagai laga di sepanjang musim ini, dan Giroud bertekad untuk mengakhiri musim dengan baik di kandang dan di Eropa.

“Kami punya Premier League di satu sisi dan Liga Europa di sisi lain. Kami menutup memastikan tiket Liga Europa setelah laga di Kiev dan fokus ke Premier League. Sekarang kami harus fokus di Liga Europa lagi.”

“Ada perbedaan yang jelas antar keduanya. Terkadang pemain juga dirotasi. Tak masalah apa kompetisinya: akhir musim adalah yang terpenting, kami ingin finis di empat besar dan menjuarai Liga Europa. Itulah dua target utama kami.”

“Secara pribadi, sebagai seorang pemain depan, tentu bagus sekali jika kita bisa mencetak banyak gol,” imbuhnya. “Terutama karena Liga Europa adalah kompetisi yang paling banyak kumainkan.”

“Seorang pemain depan, biasanya, diukur dari seberapa besar dampak yang dia berikan. Bukan hanya soal mencetak gol dan membantu pemain lain mencetak gol, tetapi juga tentang semua usaha di sisi itu. Aku berusaha memberikan yang terbaik dan membantu timku memenangi pertandingan. Sejauh ini berjalan dengan baik dan mudah-mudahan akan terus seperti itu.”

Dini hari nanti kita akan berhadapan dengan Slavia Prague untuk kali pertama dalam sejarah, dan meski mereka bukan berasal dari negara raksasa sepak bola, Giroud tak mau menganggap remeh mereka.

“Mereka sampai di sini bukan karena keberuntungan. Tim ini layak mendapatkannya. Ini adalah perempat final kompetisi Eropa dan kami harus mendapatkan hasil yang baik di sana agar bisa lebih tenang di leg kedua.”

“Ini tidak akan mudah, kami mengantisipasi laga yang sangat sulit. Sevilla adalah tim yang sangat bagus, jadi jika mereka tersingkir oleh Slavia, maka ini berarti mereka siap dan mereka punya kualitas yang diperlukan. Kami akan menganalisis tim mereka dan kami akan pergi ke sana untuk menang.”

“Aku yakin mereka akan mendapat dukungan hebat, tapi penggemar kami juga akan ke sana dan penggemar kami selalu mendukung kami 100 persen.”

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA