Pratinjau Laga

CPP: Slavia Prague vs Chelsea - Poin

Chelsea tengah berada di Eropa tengah untuk menjalani pertandingan di Liga Europa. Sejarawan klub, Rick Glanvill dan ahli statistik, Paul Dutton melihat lebih detail ujian di perempat final ini …

Poin-poin Kunci

Chelsea berniat untuk menciptakan hasil yang baik sebagai bekal untuk maju ke semifinal ke-10 di Liga Europa sejak musim 2003/04 dengan penampilan yang apik di Bohemia dini hari besok. Slavia Prague adalah klub Eropa paling timur yang masih bertahan di kompetisi ini dan sejauh ini belum pernah kalah di Eden Arena, stadion mereka yang baru-baru ini dinamakan sebagai Sinobo Stadium.

Klub yang juga dikenal dengan sebutan Sesivani (Yang Dijahit) atau Cervenobili (Merah Putih) juara dua liga Ceko musim 2017/18 ini ditransfer ke Liga setelah disingkirkan oleh Dynamo Kiev di babak kualifikasi Liga Champions Agustus lalu.

Di babak 16 besar, klub asal Ukraina itu disingkirkan oleh the Blues dengan skor 5-0 di kandang sendiri, atau 8-0 secara agregat. Di Liga Europa musim ini, Slavia punya catatan impresif dan bahkan berhasil menaklukkan juara lima kali Sevilla dengan skor agregat 6-5 di babak sebelumnya.

Chelsea belum pernah berhadapan dengan tuan rumah laga dini hari besok, dan di sisi tuan rumah, Slavia terakhir kali berhadapan dengan lawan dari Inggris di Piala UEFA pada November 2008, di Praha, ketika Steve Sidwell mencetak satu-satunya bagi Aston Villa yang sekaligus menjadi gol tunggal di laga itu, hanya empat bulan setelah pindah dari Chelsea.

Klub Merah Putih itu baru saja dibeli oleh konglomerat Tiongkok, CITIC, dan sedang dalam tren positif. Di musim 2016/17, mereka meraih gelar juara liga pertama mereka dalam satu dekade terakhir dan musim lalu memecahkan rekor transfer mereka ketika mendatangkan Peter Olayinka dengan mahar £2,7 juta. Ini adalah kali pertama mereka menjejakkan kaki di perempat final Liga Europa.

 

Chelsea adalah tim dengan kemenangan terbanyak (sembilan) dan selisih gol terbesar (+21) di antara tim-tim yang masih bertahan di Liga Europa musim ini.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Dari 13 laga yang dijalani sejak musim 2012/13, the Blues berhasil memenangi 12 di antaranya. Di musim itu, kami jadi klub Inggris pertama yang bisa menjuarai semua turnamen mayor UEFA.

Ironisnya, Maurizio Sarri tidak akan senang dengan penjadwalan pertandingan yang ditetapkan oleh otoritas sepak bola Inggris yang menjadwalkan laga kontra West Ham pada Senin waktu setempat, hanya memberikan dua hari sebelum menjalani laga tandang di perempat final Liga Europa, kemudian kembali hanya punya waktu dua hari sebelum menyambangi Anfield di liga hari Minggu mendatang.

Tuan rumah laga dini hari nanti juga punya waktu istirahat dua hari lebih lama karena sudah bermain pada Sabtu malam, meraih kemenangan dalam derbi Praha kontra juru kunci Dukla dengan skor 5-1. Eks pemain sayap Chelsea, Miroslav Stoch jadi pencetak gol kedua timnya. Klub yang kini nyaman berada di puncak klasemen liga ini, akan memainkan laga derbi Praha ke-291 mereka melawan peringkat tiga Sparta, rival yang kerap menyulitkan mereka, Minggu nanti.

Tiga gol Olivier Giroud yang dilesakkan saat melawan Dynamo di laga ke-50nya di kancah Eropa menambah koleksi golnya di kompetisi ini menjadi sembilan. Pemain terakhir yang punya catatan gol lebih banyak darinya di Liga Europa adalah Aritz Aduriz, pemain Athletic Bilbao yang membukukan 10 gol di musim 2015/16. Rekor tertinggi di kompetisi ini dipegang oleh striker yang pernah membela Chelsea, Radamel Falcao dengan 17 gol untuk Porto di musim 2010/11.

Topskor Liga Europa 

Olivier Giroud (Chelsea) 9
Wissam Ben Yedder (Sevilla*) 8
Munas Dabbur (Salzburg*) 8
Luka Jovic (Frankfurt) 7
Giovani Lo Celso (Real Betis*) 5
*sudah tersisih


Assist terbanyak di Liga Europa

Igor Stasevich (BATE*) 7
Willian (Chelsea) 6
Andreas Ulmer (Salzburg*) 5
Mijat Gacinovic (Frankfurt) 4
Viktor Tsygankov (Dynamo Kiev*) 4
*sudah tersisih


Jika Chelsea berhasil maju ke babak berikutnya, lawan berikutnya adalah pemenang antara Benfica dan Eintracht Frankfurt, yang akan bertemu di Lisbon dini hari besok.

Chelsea adalah salah satu dari empat tim yang pernah menjuarai kompetisi ini, ketika masih bernama Piala UEFA, bersama Frankfurt, Napoli dan Valencia, dan adalah tim terbaik ketiga di daftar koefisien UEFA yang masih bertahan di turnamen ini.

Tiga bagian dari stadion tuan rumah akan ditutup di laga ini menyusul ditolaknya banding mereka atas hukuman yang diberikan akibat perilaku buruk supporter mereka meski sebenarnya tiket untuk laga ini sudah terjual habis. Jumlah penonton terbanyak Slavia di kompetisi Eropa adalah 19.370 orang, di laga kualifikasi Liga Champions Agustus lalu.

KEMUNGKINAN TERBAIK YANG BISA TERJADI BESOK DINI HARI …

Kegembiraan di Bohemia.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA