Pratinjau Laga

CPP: Chelsea vs Slavia Prague - Poin Penting

The Blues akan selangkah lebih dekat ke Baku dini hari nanti jika bisa mempertahankan keunggulan kami atas lawan dari Republik Ceko yang diperoleh pekan lalu. Ahli statistik klub, Rick Glanvill dan ahli statistik klub, Paul Dutton bicara tentang leg kedua ini…


POIN-POIN PENTING

Semua leg penentu perempat final Liga Europa akan dilangsungkan dini hari besok, di mana empat klub yang tersisa dari 213 klub yang bersaing di kompetisi ini akan mencoba menjadi yang terbaik dan hanya berjarak dua laga lagi dari final, dan kejayaan.

Chelsea, juara tahun 2013 sudah 13 kali menjejakkan kakinya di semifinal kompetisi Eropa sejak April 1966 – tujuh di Liga Champions, empat di Piala Winners, dan masing-masing sekali di Liga Europa dan Inter-Cities Fairs Cup. Tentu the Blues tidak ingin kehilangan kesempatan untuk maju ke semifinal ke-14nya.

Di saat yang bersamaan, kami juga mengincar laju tanpa kalah ke-15 beruntun di Liga Europa baik di kandang maupun tandang dan untuk maju ke babak empat besar kompetisi ini untuk kali kedua.

Kami tak terkalahkan di Eropa di 11 laga, mendekati rekor tak tanpa kalah klub di kompetisi UEFA sebanyak 14 laga beruntun yang dicatatkan antara 2008 dan 2010. Clean sheet yang dibukukan dini hari nanti akan jadi yang kelima berturut-turut, catatan terbaik the Blues di turnamen UEFA sejak enam clean sheet yang dibukukan antara Oktober 2007 dan Maret 2008 (meski di antaranya berupa tiga hasil imbang 0-0).

Chelsea tidak pernah tereliminasi dari kompetisi Eropa ketika memetik kemenangan tandang di leg pertama, selalu lolos ke babak berikutnya dari 12 kesempatan.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Berkat gol kedua Marcos Alonso dari dua penampilannya di kompetisi Eropa, the Blues menorehkan kemenangan ketiga beruntun di Praha dari gol tunggal yang dicetak di 10 menit terakhir. Dua kemenangan sebelumnya diciptakan oleh William Gallas pada September 2003 dan Oscar pada Februari 2013.

Sebelum pekan lalu, Slavia tak pernah menelan kekalahan di Eden Arena di kompetisi Eropa musim ini, dan sundulan bek kiri kami itu sukses memberikan kekalahan pertama mereka di fase gugur kompetisi Eropa sejak terakhir takluk dari tim tamu Tottenham di Piala UEFA pada Februari 2008.

Namun demikian, mereka hanya perlu melihat penampilan mereka saat bertandang ke markas Genk pada babak 32 besar musim ini untuk mencari inspirasi tentang bagaimana seharusnya mereka tampil di kandang lawan karena di laga itu tim Merah Putih berhasil bangkit dari ketertinggalan dan akhirnya menang 4-1 di kandang tim pemuncak klasemen liga Belgia.

Chelsea bukan hanya jadi tim yang paling banyak melepas tembakan di Liga Europa musim ini (188), tendangan sudut terbanyak (89), dan operan terbanyak (7.761) dengan akurasi tertinggi (91 persen), kini pemain-pemain the Blues pun memimpin di kategori gol dan assist.

Pencetak gol terbanyak di Liga Europa

Olivier Giroud (Chelsea) 9
Wissam Ben Yedder (Seville*) 8
Munas Dabbur (Salzburg)* 8
Luka Jovic (Frankfurt) 8

*Sudah tersingkir


Pencipta assist terbanyak di Liga Europa

Willian (Chelsea) 7
Igor Stasevich (BATE*) 7
Andreas Ulmer (Salzburg*) 5
Mijat Gacinovic (Frankfurt) 4
Viktor Tsygankov (Dynamo Kiev*) 4

* Sudah tersingkir

Di antara klub-klub yang masih bersaing di kompetisi ini, termasuk Frankfurt yang berpeluang menjadi lawan Chelsea di semifinal, Chelsea jadi yang terbaik di semua kategori. Pencetak gol terbanyak kedua dan ketiga di skuat Maurizio Sarri adalah pemuda lulusan Akademi, Callum Hudson-Odoi (empat gol) dan Ruben Loftus-Cheek (tiga gol – bersama Willian), yang sama-sama dimainkan sejak menit pertama di Anfield akhir pekan lalu.

Tim tamu banyak mengganti tim saat menjamu Sparta di laga derbi Praha Minggu lalu. Laga tersebut berakhir dengan skor 1-1, membuat Slavia unggul lima poin di puncak klasemen liga. Tomas Soucek, yang pekan lalu absen akibat skorsing dan sudah bisa tampil dini hari besok, mencetak gol lewat tandukannya namun sebuah tembakan berpilin dari jarak jauh berhasil mengecoh kiper Ondrej Solar dan membuat skor menjadi seimbang.

Juara Liga Europa akan mendapat tiket langsung ke Liga Champions musim depan.

SITUASI DI TIGA PARTAI LAIN

Napoli (0) Arsenal (2)
Pada pertemuan terakhir antar kedua tim, di musim 2013/14, keduanya menang 2-0 di markas masing-masing.

Valencia (3) Villarreal (1)
Villarreal tidak pernah bisa membalikkan defisit yang mereka telan di leg pertama yang digelar di kandang sendiri di sepanjang keikutsertaan mereka di kompetisi UEFA.

Eintracht Frankfurt (2) Benfica (4)
Pemenang partai ini akan berhadapan dengan Chelsea atau Slavia Prague di semifinal.

 

Aturan gol tandang berlaku selama 90 menit pertama sehingga laga akan berakhir setelah waktu normal plus perpanjangan waktu kecuali jika Slavia Prague unggul 1-0. Jika itu terjadi, maka akan dimainkan babak tambahan dan, jika perlu, adu tos-tosan.

Chelsea baru menang sekali dari empat adu penalti di kompetisi UEFA (Liga Champions 2012) dan tiga kali kalah. Slavia selalu menang di dua kesempatan, terakhir pada 2008.

KEMUNGKINAN TERBAIK YANG BISA TERJADI DINI HARI BESOK …

Maju ke semifinal untuk ke-24 kalinya sejak klub dibeli Roman Abramovich.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA