Wawancara

Menurut Kepa Arrizabalaga Semua Laga Harus Dimenangi

Kiper kami, Kepa Arrizabalaga punya persyaratan minimum jika Chelsea ingin mencapai target lolos ke Liga Champions.

Kami masih punya empat laga lagi di Premier League, dimulai dari dini hari ini dengan menjamu Burnley di Stamford Bridge dan kiper kami ini ingin memetik poin penuh guna memastikan Chelsea berkompetisi di turnamen sepakbola tertinggi klub-klub Eropa di musim 2019/20.

“Tentu, ini laga yang sangat penting buat kami,” kata si pemain Spanyol. Kami masuk pada tahap di mana kami harus memenangi laga-laga ini. Ini laga yang harus dimenangi. Kami akan menghadapi Slavia Prague pada Kamis dan Burnley akan memberikan laga fisik yang sulit, dan ini adalah laga di mana kami harus memberikan segalanya untuk menang.”

“Kami tahu bagaimana sulitnya ini nanti. Kami punya empat laga lagi dan kami harus memenangi semuanya jika ingin bermain di Liga Champions musim depan. Kami tahu pertarungannya akan sangat ketat, sangat sulit. Kami masih punya empat laga lagi dan salah satunya di Old Trafford. Jadi, ini akan sulit.”

“Inilah yang kami upayakan sepanjang musim. Target kami adalah lolos ke Liga Champions. Kami tahu ini tidak akan mudah. Kami juga punya target lainnya, yaitu Liga Europa, jadi kami punya kesempatan lainnya.”

Menjelang akhir musim pertamanya di Inggris usai pindah dari Athletic Bilbao ke London barat Agustus lalu, Kepa juga menyampaikan penilaiannya tentang musim ini sejauh ini, baik dari sisi pribadi maupun tim. Meski puas dengan kemajuannya sejauh ini, ia ingin terus lebih baik lagi di kedua sisi lapangan.

Baca: Target Kante dan apa yang bisa ditingkatkan

“Kurasa kami menjalani musim yang baik,” jelasnya. “Pada awalnya kami merasa baik, dan mungkin kami tidak konsisten amat. Ada banyak naik-turun sepanjang musim, yang mungkin mempengaruhi berjuangan kami untuk masuk ke (zona) Liga Champions, jadi ini tidak mudah.”

“Kami juga telah melewati beberapa laga bagus di musim ini dan kurasa ide dan konsep yang manajer ingin implementasikan bisa kami terima dengan baik dan kami senang dan bersatu sebagai kesatuan pemain untuk mencapai target-target kami.”

“Secara umum, aku senang sekali dengan penampilanku pribadi. Ini sebuah perubahan besar buatku. Ini liga yang baru, tim yang baru, manajer yang baru, jadi sebagai pemain, semuanya baru. Tapi secara perlahan aku bisa beradaptasi dengan sekelilingku dan kurasa Anda bisa melihat segala sesuatunya menjadi positif. Jika ini berlanjut maka aku akan lebih baik lagi setiap harinya.”

Kiper internasional Spanyol ini juga melihat hal-hal besar yang ada di depan pasukan Chelsea ini, percaya bahwa tim dapat terus menjadikan musim pertama di bawah arahan Maurizio Sarri ini sebagai landasan untuk berkembang lebih jauh lagi.

“Dia adalah manajer yang memiliki ide jelas tentang bagaimana cara yang ingin ia mainkan, bagaimana tekanan yang ia ingin lihat dari timnya dan bagaimana timnya bertindak di lapangan, dan ia menyampaikan ide-idenya ke semua pemain. Awalnya sulit mengadaptasikannya ke liga baru, sulit baginya dan juga bagi para pemain, tapi kurasa kami punya masa depan yang cerah dan kami sangat kompak dalam keinginan untuk mencapai target akhir kami.”

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA