Blogs

Gol-gol Tercepat Chelsea di Premier League

Shane Long baru saja mencetak gol tercepat dalam sejarah Premier League yaitu tujuh detik. Tahukah Anda siapa saja pemain-pemain yang punya torehan gol tercepat untuk the Blues di kompetisi ini?

Anda mestinya masih ingat gol-gol cepat dari Diego Costa dan Kenedy, yang tercipta di detik ke-35 dan 39 ke gawang Everton dan Norwich City. Namun, kedua gol itu tidak masuk dalam lima gol tercepat yang pernah dibuat oleh pemain-pemain kami di Premier League.

Semua gol di bawah ini tercipta di detik ke-30 atau kurang. Tanpa banyak basa-basi lagi, berikut lima gol tercepat yang pernah pemain kami bikin. Oh, jika Anda tidak mengetahui ini, Keith Weller adalah pemegang rekor gol tercepat klub dengan 12 detik, yang dilesakkan ke gawang Middlesbrough di ajang League Cup.

JOHN SPENCER

Gol tercepat Chelsea di Premier League tercipta di detik ke-19 ketika menggunduli the Foxes dengan skor 4-0 di musim 1994/95. Ironisnya, tim tamu kebobolan ketika Dennis Wise mengirim umpan silang ke pemain termungil di lapangan, yang kemudian melompat tinggi mengalahkan “raksasa-raksasa” di jantung pertahanan lawan dan berhasil menyundul bola ke gawang. Colin Mafham dari The Mail menulis: “Spencer memimpin pesta pora atas Leicester yang malang melalui tarian dengan langkah tercepat musim ini.” Spenny paling dikenang atas golnya ke gawang Austria Memphis ketika berlari menyusuri panjang lapangan namun gol ini yang membuat namanya masuk dalam buku rekor.

GIANFRANCO ZOLA

Berikutnya ada gol ke gawang Nottingham Forest di detik ke-24 di musim 1998/99. Striker-striker Chelsea sudah tidak mencetak gol selama enam jam sejak awal musim sebelum pemain mungil asal Italia ini menciptakan momen magis ketika berhadapan dengan eks kiper the Blues, Dave Beasant. Setelah melakukan kerjasama satu-dua dengan Pierluigi Casiraghi, yang menang adu fisik dengan Alan Rodgers dan mengembalikan bola ke partnernya di lini depan, Zola menyelesaikannya dengan sebuah sepakan melengkung yang jadi ciri khasnya. Tim tamu memprotes pergerakan Casiraghi dalam proses terciptanya gol pertama itu, namun bos Forest, Dave Bassett, justru tidak mempermasalahkannya dengan berkata, “Anda tak bisa jadi pecundang – Anda punya kaki untuk menghalaunya.”

GUSTAVO POYET

Semusim kemudian, kala menjamu Manchester United pada Oktober 1999, pada saat itu tim Setan Merah adalah juara di level Eropa dan belum terkalahkan di Premier League selama lebih dari sembilan bulan. Namun, reputasi tidak berarti apa-apa bagi Gus Poyet dan rekan-rekannya di the Blues, yang tampil sangat dominan di laga itu. Massimo Taibi, yang kurang meyakinkan di laga pertamanya di bawah mistar gawang United, diuji lewat umpan silang Dan Petrescu; keputusan si kiper untuk maju menjemput bola ternyata berakibat fatal karena bola berhasil disundul Poyet dan membuahkan gol di detik ke-28. Stamford Bridge masih terus bersorak selama 90 menit di laga yang berakhir dengan kemenangan telak 5-0 untuk kami.

EIDUR GUDJOHNSEN

The Blues bertemu Arsenal lima kali di musim 2003/04, dan pertemuan kandang di liga ini berlangsung sepekan setelah mereka menyingkirkan kami di FA Cup. Pendukung kami tentu mengharapkan hasil berbeda ketika Eidur Gudjohnsen memberikan start yang diimpi-impikan, berada di puncak klasemen, dengan sebuah penyelesaian cerdik ke sudut belakang gawang memanfaatkan umpan silang Geremi yang disundul oleh Adrian Mutu. Sayang sekali, setelah gol di detik ke-29 itu, the Gunners membobol gawang kami dua kali di 20 menit berikutnya dan Gudjohnsen tak mampu mengendalikan emosinya sehingga harus menerima kartu kuning kedua di babak kedua.

PEDRO

Butuh waktu sedikit lebih lama dari gol Poyet di atas, namun di laga kontra Manchester United ini Pedro mengemas dua gol dalam laga yang dimenangi dengan empat gol pada Oktober 2016. Laga baru berjalan 30 detik ketika si pemain Spanyol berlari di antara bek-bek Setan Merah dan kemudian menjebol gawang David de Gea. Ia meneruskan penampilan apiknya dengan sepasang Goal of the Month dalam perjalanan membantu the Blues memulangkan mahkota Premier League.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA