Berita

Chelsea Dipastikan Lolos ke Eropa Musim Depan… Tapi Liga Champions atau Liga Europa?

Biasanya, empat tim teratas di klasemen Premier League akan lolos ke Liga Champions, sementara juara FA Cup, Carabao Cup dan peringkat lima divisi utama akan meluncur ke Liga Europa.

Namun, peringkat lima Premier League akan bisa berlaga di Liga Champions jika Chelsea atau Arsenal berhasil menjadi kampiun di Liga Europa atau Tottenham Hotspurs, jika terlempat dari empat besar, menjuarai Liga Champions.

Karena Carabao Cup sudah dijuarai oleh Manchester City, yang sudah memastikan satu tempat di Liga Champions melalui posisi mereka di klasemen, lima tim lainnya masih mungkin terlempar ke Liga Europa.

Watford juga akan bisa masuk ke Liga Europa jika mereka bisa mengalahkan Man City di final FA Cup di Wembley bulan depan – jika tidak maka spot terakhir akan diberikan pada tim peringkat ketujuh di Premier League.

Jika Chelsea ingin lolos ke Liga Champions melalui cara biasa, cara termudahnya adalah dengan memenangi ketiga laga terakhir di liga domestik untuk mengamankan posisi empat besar. Ini berarti dengan menaklukkan Man United di Old Trafford hari ini, menekuk Watford di Stamford Bridge sepekan kemudian dan membungkam Leicester City di pekan terakhir.

The Blues juga akan tetap berada di empat besar jika bisa menjaga diri dari kejaran Arsenal dan Manchester United hingga akhir musim. Saat ini kami unggul satu gol di atas Arsenal, yang kalah dari Leicester di laga hari ini. Mereka masih harus berhadapan dengan Brighton dan Burnley. Untuk Man United, jika malam ini kami menang, kami hampir pasti dipastikan finis di atas mereka berkat keunggulan selisih gol atas mereka. Tapi, jika kami kalah, maka poin kedua tim akan sama dan dua laga terakhir akan sangat menentukan posisi akhir kami. The Red Devils masih akan menghadapi Huddersfield dan Cardiff City.

Chelsea juga bisa lolos dengan finis di atas salah satu atau kedua rival terdekat kami di liga – jika peringkat tiga, Spurs, kolaps di akhir musim, kehilangan poin saat melawan Bournemouth dan Everton menyusul kekalahan dari West Ham kemarin.

(Peringatan: Jika Spurs finis di peringkat lima namun berhasil menjadi juara Liga Champions, dan Arsenal finis di peringkat enam namun berhasil menjuarai Liga Europa, maka sisa jatah ke turnamen elit Eropa hanya diberikan ke tiga tim teratas, sehingga Chelsea atau Man United yang ada di peringkat empat tidak akan kebagian jatah.)

Jika Chelsea gagal lolos melalui posisi di liga, satu-satunya rute kami untuk masuk ke Liga Champions musim depan adalah dengan menjuarai Liga Europa musim ini. Untuk bisa melakukannya, kami harus menjalani laga semifinal melawan Eintracht Frankfurt pada Jumat WIB, yang diikuti dengan duel dengan Arsenal atau Valencia di final yang diselenggarakan di Azerbaijan pada 29 Mei.

Yang harus diingat adalah selama kualifikasi ke Liga Champions musim depan menjadi harga mati, maka tidak ada istilah juara dua Liga Eropa – dan tidak seperti di piala turnamen domestik, hanya tim terbaik yang mengangkat trofi tersebut yang berhak memperoleh tambahan spot ke Eropa.

Jika Chelsea gagal masuk ke Liga Champions, maka kami akan dipastikan berlaga di Liga Europa. Tidak seperti Liga Champions, di mana tim-tim Inggris yang langsung lolos ke fase grup, kami harus finis di peringkat lima untuk menghindari babak kualifikasi kedua.

Dengan demikian, jika Man City menjadi juara FA Cup, peringkat keenam di liga juga sudah cukup untuk terhindar dari laga kualifikasi turnamen Eropa pada akhir Juli nanti.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA