Pratinjau Laga

CPP: Eintracht Frankfurt v Chelsea - Poin Penting

Laga empat besar Eropa kami dimulai di tepi Main di tengah Jerman. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton membahas laga semifinal...


POIN PENTING

Setelah diuntungkan hasil akhir pekan lalu, Chelsea sekarang berharap untuk mengejar kesempatan kedua kembali ke Liga Champions di Baku. Kedua tim berada di posisi keempat di liga masing-masing, namun Premier League memiliki empat tim di dua kompetisi UEFA, sementara Frankfurt adalah tim terakhir Bundesliga.

Sejauh ini, 11 kemenangan kami di Liga Europa telah menetapkan rekor baru bagi klub-klub Inggris dalam satu musim kompetisi Eropa, melampaui 10 yang diraih Manchester United dan Newcastle.

Laju The Blues saat ini, menyusul tiga pertandingan terakhir dari musim juara tahun 2012/13, juga menyamai rekor 15 pertandingan tak terkalahkan di Liga Europa. Frankfurt tak familiar dengan semifinal Liga Europa, mencapai tahap ini di kompetisi Eropa untuk pertama kalinya dalam 39 tahun terakhir, ketika mereka memenangi Piala UEFA.

Ini adalah penampilan semifinal di kompetisi utama Eropa Chelsea di bawah kepemilikan Roman Abramovich. Tidak ada klub di Eropa yang tampil lebih sering daripada kami.

photo of Key stat Key stat

Chelsea dan Frankfurt adalah tim pencetak gol terbanyak yang tersisa di kompetisi ini, dengan masing-masing mencetak 30gol dan 28 gol. Di antara kami, kedua tim telah memainkan 24 pertandingan di liga Europa musim ini dengan hanya satu kekalahan, yaitu pada laga perempat final the Eagles di markas Benfica. 

Tim lawan dini hari nanti juga memiliki top skorer yang tersisa dalam kompetisi ini, yaitu Olivier Giroud dan Luka Jovic. Pemain terakhir yang mencetak lebih dari 10 gol dalam satu musim Liga Europa adalah mantan pemain the Blues, Radamel Falcao, yang mencetak 12 gol untuk Atletico Madrid pada 2011/12.

Top skorer Europa League

Olivier Giroud (Chelsea) 10
Wissam Ben Yedder (Sevilla*) 8
Munas Dabbur (Salzburg*) 8
Luka Jovic (Frankfurt) 8
Fredrik Gulbrandsen (Salzburg*) 5
Sebastien Haller (Frankfurt) 5
Giovani Lo Celso (Real Betis*) 5
*Timnya sudah tersisih
 


Dari semua pemain yang timnya masih ada di kompetisi ini, Willian dari Chelsea dan pemain Frankfurt Mijat Gacinovic mencetak asis terbanyak untuk rekan setimnya

Pencetak asis di Europa League

Willian (Chelsea) 7
Igor Stasevich (BATE*) 7
Mijat Gacinovic (Frankfurt) 5
Andreas Ulmer (Salzburg*) 5
Olivier Giroud (Chelsea) 4
Pedro (Chelsea) 4
*timnya sudah tersisih

Eintracht lolos ke kompetisi ini dengan memenangi Piala Jerman, trofi besar pertama mereka sejak 1988, tetapi mendapat tempat mereka di kompetisi Eropa.

Mereka memenangi Piala UEFA pada 1979/80 tetapi paling diingat karena bermain di final Piala Eropa 1959/60 di Hampden Park, di mana mereka kalah 3-7 dari Real Madrid, Ferenc Puskas yang legendaris dan Alfredo Di Stefano mencetak gol untuk klub Spanyol tersebut.

Meskipun Frankfurt telah meningkatkan pencapaian baru dalam kompetisi ini dan dipastikan meraih posisi tertinggi mereka di klasemen Bundesliga selama 26 tahun, satu-satunya kemenangan dalam lima pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi adalah saat menjamu Benfica. Hasil tersebut bertepatan dengan ketidakhadiran Sebastien Haller karena cedera.

Di kandang di liga mereka tidak menang dalam dua pertandingan, imbang 0-0 dengan Hertha Berlin dan kalah 1-3 dari Augsberg.

Ini adalah semifinal ke-14 Chelsea di semua kompetisi Eropa sejak 1966, dan kesembilan sejak 2003 - pencapaian yang hanya bisa disamai oleh Barcelona. 

Kedua tim Liga Europa malam ini melaju dari delapan besar dengan skor agregat delapan gol, Chelsea dengan lima gol berbanding tiga melawan Slavia, dan Frankfurt dengan mencetak lebih banyak gol tandang daripada Benfica setelah imbang 4-4.

Satu atau dua gol tandang selalu berguna: jika terjadi pertandingan setelah 90 menit plus babak tambahan pekan depan, tim dengan gol tandang yang lebih banyak akan mengamankan tempat di final.


YANG TERBAIK YANG DAPAT TERJADI DINI HARI NANTI…

Selangkah lebih dekat menuju Baku.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA