Blog

Akankah Kita Tak Terkalahkan di Liga Europa?

Jika terhindar dari kekalahan saat melawan Eintracht Frankfurt di Jerman, Chelsea akan menciptakan rekor baru di Liga Europa berupa rentetan tanpa kekalahan terpanjang dalam sejarah kompetisi ini.

Kemenangan 4-3 kami atas Slavia Prague di leg kedua perempat final memperpanjang laju tak terkalahkan kami di kompetisi ini menjadi 15 laga, menyamai rekor yang ditorehkan oleh Atletico Madrid pada 2011 dan 2012.

Catatan itu membantu Atletico menjuarai Liga Europa 2012, yang kala itu dipenuhi oleh tim-tim Spanyol, setelah menyingkirkan Valencia di semifinal dan Atletic Bilbao di final. Tiga pemain yang kemudian berkarier bersama the Blues juga tampil di laga itu – Thibaut Courtois, Filipe Luiz, dan Radamel Falcao.

Laju tak terkalahkan mereka dimulai di fase grup musim 2011/12, setelah menelan satu-satunya kekalahan mereka di kompetisi itu, 2-0 di markas Udinese. Setelah itu, mereka bangkit untuk mempertahankan gelar juara dengan mengalahkan Hapoel Tel Aviv, Viktoria Plzen dan Academica sebelum kemudian kalah di markas tim yang disebut terakhir dengan skor 2-0.

Klub terakhir yang nyaris menyamai rekor itu adalah lawan kami dini hari nanti. Eintracht Frankfurt sudah melewati 14 laga tanpa kalah di Liga Europa, tetapi kalah dari Benfica dengan skor 4-2 di leg pertama di babak sebelumnya. Di leg kedua, mereka membalas dengan menang 2-0.

Rekor kami sendiri dimulai di musim yang sama ketika rekor Atletico Madrid berakhir, di musim 2012/13, terakhir kali kami bersaing di Liga Europa. Kami akhirnya berhasil menutup turnamen itu dengan raihan trofi, dan rentetan tak terkalahkan kami dimulai di semifinal ketika menang dua kali atas Basel lalu memupuskan harapan Benfica di final yang digelar di Amsterdam.

Lima tahun kemudian, di Liga Europa musim ini, kami melanjutkan apa yang kami tinggalkan saat itu, dan hingga sekarang kami belum pernah sekalipun kalah di kompetisi ini, plus beberapa laga terakhir di musim 2012/13. Bahkan kami hanya sekali tidak menang, dimulai dengan lima kemenangan beruntun lalu bermain imbang 2-2 di markas Vidi di laga terakhir fase grup, ketika kami sudah menggaransi posisi puncak klasemen.

Setelah itu, kami langsung kembali ke jalur kemenangan dengan selalu menang di dua leg di fase gugur sejauh ini, yakni melawan Malmo, Dynamo Kiev, dan Slavia Prague, membuat kami hanya berjarak satu laga lagi untuk menciptakan sejarah baru di kompetisi ini.

Kemenangan di Frankfurt juga akan membantu kami melangkah lebih jauh untuk menorehkan rekor lainnya, karena tidak pernah ada tim yang dapat menjuarai Liga Europa tanpa setidaknya menelan satu kali kekalahan dari perjalanannya ke final.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA