Blog

Berapa Skornya?

Kami akan menyambut lawan di Stamford Bridge dengan bekal pengetahuan bahwa kami sudah tidak pernah kalah lebih dari 30 tahun ketika menjamu Watford.

Terakhir kali the Hornets bisa meninggalkan Stamford Bridge dengan meraih tiga poin adalah di laga terakhir musim 1985/86, ketika the Blues menurunkan tiga pemain debutan, salah satunya kiper berusia 17 tahun, Les Fridge. Di hari itu, kami kalah telak 5-1.

Akan tetapi, pertahanan kami sudah jauh lebih solid ketika Watford kembali pada November 1986, dengan bermain imbang 0-0. Sejak itu, kami tidak pernah lagi merasakan kekalahan dari klub Hertfordshire itu.

Rentetan itu berjalan selama 11 laga dimulai dari tiga hasil imbang beruntun di era 80an, sedikit mengingat Watford absen dari divisi utama di sebagian tahun 90-an.

Setelah itu, peruntungan berjalan sepihak karena kami hanya sekali gagal menang dari tujuh laga di Stamford Bridge sejak pergantian abad dan mencetak sekurang-kurangnya 18 gol dari lima laga terakhir.

Dua dari kemenangan itu datang di babak ketiga FA Cup, salah satunya dengan skor telak 5-0 pada Januari 2010. Daniel Sturridge memulai dan mengakhiri skor dalam perjalanan kami mempertahankan gelar juara dengan penuh gaya. Gol-gol Florent Malouda dan Frank Lampard, plus gol bunuh diri John Eustace jadi tiga gol lainnya di laga itu.

Tidak buruk mengingat kami harus bermain tanpa dua striker utama kami yang mengalami cedera dan berlaga di Piala Afrika, Nicolas Anelka dan Didier Drogba, tapi beruntung keduanya bisa segera kembali bergabung dengan kami untuk menjuarai kompetisi itu, yang merupakan Double kami yang pertama di kompetisi domestik.

Ini adalah jamuan keenam kali atas Watford di Premier League, dan kami belum pernah kalah dari mereka di kandang di kompetisi ini, dengan lima kali menang dan sekali imbang: ketika bermain sama kuat 2-2 di musim 2015/16, kala eksekusi penalti Troy Deeney dan gol bunuh diri Gary Cahill jadi sorotan malam itu.

Laga itu sendiri sangat menghibur, di mana the Blues unggul agregat 16-7 dari enam pertemuan sejauh ini. Di dua laga terakhir, kami bahkan bisa mencetak empat gol.

Meski demikian, kemenangan-kemenangan tersebut tidak diperoleh dengan mudah. Musim lalu, kami tampak mengendalikan permainan ketika Pedro membuka keunggulan di menit ke-12 dengan sebuah gol indah. Menerima sepak pojok pendek Eden Hazard, Pedro sukses menjebol gawang lawan setelah bola terlebih dahulu mengenai mistar gawang. Namun, Watford berhasil menyamakan kedudukan menjelang turun minum dan bahkan unggul di awal babak kedua.

Namun, laga masih jauh dari selesai. Michy Batshuayi yang turun dari bangku cadangan sukses menanduk umpan silang Pedro dan menyamakan kedudukan. Setelah itu, tandukan Cesar Azpilicueta tiga menit jelang bubar membuat kami unggul kembali. Akhirnya, Batshuayi mencatatkan nama untuk kedua kalinya di papan skor untuk mengubah kedudukan menjadi 4-2 di masa perpanjangan waktu.

Pertemuan di tahun sebelumnya punya pola yang sama, meski Chelsea harus bermain dalam kondisi lelah usai menyegel gelar juara Premier League tiga hari sebelumnya setelah menuntaskan perlawanan tuan rumah West Bromwich Albion dengan sebuah gol di menit-menit akhir. Asmir Begovic, Nathan Ake, dan Nathaniel Chalobah memainkan laga terakhirnya bersama the Blues seiring dengan sembilan pergantian yang dilakukan Antonio Conte di starting line-up tim.

Di laga itu, John Terry membuat kami unggul lebih dulu, meski hanya berlangsung selama dua menit. Laga kemudian berjalan seimbang namun Azpilicueta dan Batshuayi sukses mengembalikan keunggulan kami menjadi 3-1. Tapi, setelah itu kami kembali dikejar dan skor pun masih berimbang hingga 20 menit terakhir.

Pemain pengganti lainnya, kali ini Cesc Fabregas, memberikan jawaban dengan mencetak gol kemenangan lewat sebuah tembakan dari luar kotak penalti dua menit sebelum bubar. Kami pun menang 4-3 dan sukses menyamai rekor kemenangan terbanyak dalam semusim Premier League.

Jika pertemuan-pertemuan sebelumnya antara Chelsea dan Watford bisa dijadikan acuan, maka kita bisa berharap akan terjadi laga sengit lainnya di Stamford Bridge, dan sebagian penggemar the Blues pun akan berharap bisa meraih kemenangan ketiga beruntun atas the Hornets di Premier League.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA