Pratinjau Laga

CPP: Chelsea vs Eintracht Frankfurt - Poin

Dini hari besok kami punya kesempatan untuk memperpanjang musim dan bersaing memperebutkan trofi dengan menjamu klub asal Jerman di Stamford Bridge. Sejarawan klub, Rick Glanvill dan ahli statistik klub, Paul Dutton sudah mempersiapkan pandangannya untuk leg kedua semifinal…

POIN-POIN

Jumat lalu, Chelsea menorehkan rekor baru di Liga Europa berupa 16 laga tanpa kekalahan secara beruntun, dan dengan kompetisi domestik yang akan diselesaikan pada hari Minggu, kini fokus dapat dialihkan untuk mengalahkan Eintracht Frankfurt demi mengangkat trofi terberat UEFA.

Sebaliknya, Eintracht sudah kalah tiga kali dan baru menang sekali dari tujuh laga terakhir mereka di semua kompetisi. Dengan dua laga besar di Bundesliga, posisi mereka di zona Liga Champions musim depan kini diragukan.

Hari Minggu lalu, mereka ditekuk 6-1 di markas Bayer Leverkusen – kekalahan terburuk mereka musim ini dan untuk pertama kalinya kebobolan enam kali di babak pertama di liga.

“Hari yang kelam” begitu pengakuan pelatih Adi Hutter. “Mental atau fisik kami tidak segar. Saya tidak ragu lagi kami aka akan memainkan penampilan yang berbeda Kamis nanti. Kepala kami akan segar saat itu.”

Dengan berlaganya pencetak gol terbanyak di Liga Europa musim ini (the Blues dengan 31 gol, Eagles 29) sepertinya akan tersaji laga yang seru di Stamford Bridge.

Chelsea tidak pernah kalah dari lawan asal Jerman di Stamford Bridge.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Akankah gol tandang Pedro di Frankfurt menguntungkan Chelsea? The Blues bermain imbang 1-1 di lima leg pertama yang dimainkan di kandang lawan di fase gugur kompetisi UEFA dan memenangi empat di antaranya. Pengecualian terjadi saat melawan Paris Saint-Germain, yang berakhir imbang 2-2 di Stamford Bridge di babak 16 besar Liga Champions musim 2014/15.

Kemenangan 1-0 Eintracht Frankfurt atas tuan rumah Inter musim ini adalah satu-satunya kemenangan mereka dari empat kesempatan setelah bermain imbang di kandang di leg pertama kompetisi UEFA. Satu-satunya hasil imbang 1-1 itu diikuti dengan kekalahan 3-0 di markas Juventus di musim 1994/95.

Jumat dini hari lalu adalah kedua kalinya Chelsea memetik hasil imbang di leg pertama semifinal kompetisi Eropa yang dimainkan di kandang lawan, setelah sebelumnya melawan Liverpool pada 2008, yang kemudian menuntaskan tugas kami di Stamford Bridge dengan kemenangan 3-2 untuk akhirnya maju ke final Liga Champions untuk kali pertama.

Bila digabung, Chelsea dan Frankfurt sudah tampil 26 lagi di Liga Europa musim ini dan hanya menelan sekali kekalahan (Eintracht saat kalah 4-2 atas Benfica di perempat final).

Pencetak gol di Liga Europa

Olivier Giroud (Chelsea) 10
Luka Jovic (Frankfurt) 9
Wissam Ben Yedder (Sevilla*) 8
Munas Dabbur (Salzburg*) 8
Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal) 5
Fredrik Gulbrandsen (Salzburg*) 5
Sebastien Haller (Frankfurt) 5
Giovani Lo Celso (Real Betis*) 5
*Sudah tersingkir.

Pencetak Assist di Liga Europa

Willian (Chelsea) 7
Andreas Ulmer (Salzburg*) 5
Mijat Gaćinović (Frankfurt) 5
Viktor Tsygankov (Dynamo Kiev*) 4
Olivier Giroud (Chelsea) 4
Pedro Rodriguez (Chelsea) 4
*Sudah tersingkir.

Jika skor tetap berimbang 1-1 setelah 90 menit, maka akan dimainkan babak tambahan, yang kemudian, jika diperlukan, ditentukan lewat adu penalti. Aturan produktivitas gol tandang juga berlaku hingga waktu normal berakhir.

The Blues telah melakoni empat kali adu penalti di kompetisi Eropa, dan keluar sebagai pemenang di final di Munich pada musim 2011/12 dan kalah di tiga kesempatan lainnya. Eintracht Frankfurt baru sekali menghadapi adu penalti di kompetisi Eropa, kalah atas Salzburg di perempat final Piala UEFA 1993/94.

Jika Chelsea berhasil melangkah ke final, kami akan berhadapan dengan lawan yang tidak asing lagi, dan sejarah berpihak ke London barat. Pertemuan dengan Arsenal di perempat final Liga Champions pada 2004 dikenang atas gol kemenangan Wayne Bridge di Highbury dan menjadikan tim asuhan Claudio Ranieri sebagai tim London pertama yang berhasil maju ke semifinal Liga Champions.

Kemenangan lain di delapan besar terjadi di tahun 2007, berkat gol sensasional Michael Essien yang tercipta di menit-menit akhir pertandingan, yang menjadikan the Blues sebagai tim Inggris pertama yang berhasil memetik angka penuh di stadion Mestalla-nya Valencia dalam 40 tahun terakhir.


 

KEMUNGKINAN TERBAIK YANG BISA TERJADI DINI HARI BESOK …

Ke Baku.

Bagi tim yang lolos, final Liga Europa akan digelar di Olympic Stadium, Baku, pada Kamis 30 Mei .


KABAR LAINNYA DARI CHELSEA