Blog

Benteng The Blues – Penampilan Apik Chelsea Kala Menjamu Klub-Klub Asal Jerman

Chelsea akan berupaya mempertahankan rekor kandang apiknya kala menjamu klub-klub Jerman di Stamford Bridge ketika menjamu Eintracht Frankfurt di leg kedua semifinal Liga Europa Jumat dini hari mendatang.

Klub Bundesliga itu tak pernah menang dari sembilan lawatan terakhirnya di Stamford Bridge di kompetisi Eropa di mana tujuh di antaranya dimenangi oleh the Blues dan dua lainnya berakhir imbang, dengan catatan 17 gol dan hanya kemasukan tiga kali.

Dengan keunggulan di semifinal usai bermain imbang 1-1 di leg pertama di Frankfurt, para suporter Chelsea tentu berharap pasukan Maurizio Sarri dapat melanjutkan rekor hebat itu seiring dengan keberhasilan melangkah ke final Liga Europa.

Chelsea 1-0 1860 Munich – Maret 1966

Mereka mungkin masih bersaing di divisi tiga liga Jerman, tapi 1860 Munich adalah tim yang hebat pada 1966 ketika mereka menjuarai Bundesliga dan berhadapan dengan the Blues di perempat final Piala Fairs. Setelah bermain imbang 2-2 di Jerman, leg kedua di Stamford Bridge baru membuahkan gol di menit ke-80 ketika Peter Osgood mencetak gol kemenangan 10 menit jelang laga usai dan mengirim kami ke semifinal untuk berhadapan dengan Barcelona.

Chelsea 2-0 Hertha Berlin – November 1999

Butuh kemenangan untuk menyegel tiket ke babak berikutnya di Liga Champions, Chelsea berhasil melewati adangan Hertha Berlin dengan gol-gol dari pemain yang tidak biasa. Didier Deschamps membuat kami unggul lewat tembakan dari jarak 25 yard di menit ke-10 dan full-back Albert Ferrer kemudian menyelesaikan umpan terukur Dennis Wise tepat sebelum turun minum. Gol-gol tersebut adalah satu-satunya gol mereka selama bermain untuk Chelsea.

Chelsea 0-0 Stuttgart – Maret 2004

Sebuah gol dari Fernando Meira di Jerman menjadi bekal kami untuk menghadapi Stuttgart di leg kedua yang ternyata berlangsung seru di mana tim tamu berhasil menyamakan kedudukan. Di menit ke-77, tim tamu nyaris unggul ketika sundulan Boris Zivkovic dimentahkan oleh Carlo Cudicini. Tendangan Jesper Gronkjaer di menit-menit akhir sempat mengenai tiang gawang, namun the Blues berhasil mempertahankan keunggulan agregat 1-0 dan berhak lolos ke perempat final untuk menghadapi Arsenal.

Chelsea 4-2 Bayern Munich – April 2005

Laga perempat final Liga Champions kontra Bayern Munich sepertinya menjadi milik Bayern Munich ketika gol cepat Bastian Schweinsteiger di babak kedua meniadakan keunggulan kami yang diraih lewat gol Joe Cole di menit keempat. Namun, Frank Lampard membuat kami kembali unggul dua gol, yang salah satunya berupa aksi individu lalu melepas tendangan voli yang membuahkan gol keempat kami. Akhirnya, kemenangan dipastikan lewat tembakan jarak dekat Didier Drogba yang mengubah kedudukan menjadi 4-1. Tendangan penalti Michael Ballack kembali membangkitkan asa Bayern untuk leg kedua, namun akhirnya the Blueslah yang lolos ke semifinal dengan kemenangan agregat 6-5.

Chelsea 2-0 Werder Bremen – September 2006

The Blues memulai Liga Champions musim 2006/07 dengan kemenangan. Michael Essien membuat kami unggul atas Werder Bremen di menit ke-23 dengan memanfaatkan sebuah bola liar di luar kotak penalti. Sundulan Miroslav Klose sempat mengenai tiang gawang namun Ballack, yang telah pindah ke Chelsea, mengamankan kemenangan usai mengonversi hadiah penalti di pertengahan babak kedua.

Chelsea 2-0 Schalke – Oktober 2007

Sebuah gol di awal masing-masing babak memberi jalan bagi the Blues untuk meraih kemenangan pertama kami atas Schalke di Liga Champions. Florent Malouda membuka keunggulan di menit keempat dengan menusuk ke kiri dan melihat sepakannya masuk ke kolong kaki kiper Manuel Neuer. Drogba menyegel kemenangan ketika babak kedua baru berjalan dua menit dengan menanduk umpan silang Paolo Ferreira dari sisi kanan.

Chelsea 2-0 Bayer Leverkusen – September 2011

Pertarungan ketat dengan Bayer Leverkusen mengalami kebuntuan hingga menit ke- 67 ketika David Luiz menggiring bola sejauh 60 yard di sisi kiri lapangan, lalu mengirim umpan ke Ashley Cole sebelum kemudian maju ke depan kotak penalti, menerima umpan dari Fernando Torres dan melepas tembakan melengkung ke sudut bawah gawang. Torres kemudian menyuplai bola ke Juan Mata di masa perpanjangan waktu untuk mengamankan kemenangan 2-0 di laga pertama Liga Champions yang berakhir dengan kejayaan di Munich Mei tahun berikutnya.

Chelsea 3-0 Schalke – November 2013

Brace Samuel Eto’o membantu the Blues menang 3-0 atas Schalke di fase grup Liga Champions. Pemain asal Kamerun itu memberikan keunggulan lewat sebuah usaha oportunis di menit ke-31 dengan mengejar kiper Timo Hildebrand yang akan menyapu bola dan berhasil membelokkannya ke gawang Schalke. Ia kemudian menerima umpan dari Willian dan mengonversinya menjadi gol kedua beberapa menit setelah babak kedua dimulai. Pemain pengganti, Demba Ba menutup kemenangan dengan sebuah tendangan voli cantik tujuh menit jelang bubar.

Chelsea 1-1 Schalke – September 2014

Setelah selalu kalah di dua laga sebelumnya di Liga Champions yang dimainkan di Stamford Bridge, Schalke berhasil memetik satu poin pada lawatan terakhir mereka. The Blues unggul lebih dahulu di menit ke-11 setelah Cesc Fabregas bertukar umpan dengan Eden Hazard lalu menggelindingkan bola melewati kiper Ralf Fahrmann. Namun, kami gagal memanfaatkan keunggulan dan malah kebobolan dari sebuah serangan balik yang dituntaskan oleh Klass-Jan Huntelaar ketika laga berjalan satu jam. Di pertemuan kedua, Chelsea tampil jauh lebih trengginas dan menang telak 5-0 di Jerman.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA