Wawancara

Olivier Giroud Soal Kontrak Baru Chelsea, Maju di Bawah Tekanan dan Final Liga Europa

Usai menandatangani kontrak baru dari Chelsea, Olivier Giroud berbicara soal keputusannya untuk bertahan, meninggalkan zona nyaman, dan final Liga Europa yang digelar pekan depan.

Kontrak striker ini telah diperpanjang hingga akhir musim 2019/20 menyusul 18 bulan yang sukses di Stamford Bridge. Tahun lalu, dia membantu kami menjuarai FA Cup dan sejak itu dia berperan penting dalam perjalanan kami ke final Liga Europa, yang akan digelar akhir bulan ini.

Kami duduk bareng GIroud, menatap laga di Baku dan bicara soal persaingan untuk mendapatkan tempat di Chelsea. Tapi, pertanyaan pertama adalah alasan juara Piala Dunia ini untuk bertahan di London barat…

Selamat atas kontrak barumu, Olivier. Apa alasan di balik keputusanmu untuk bertahan di sini?

Aku merasa sangat baik di Chelsea, di klub ini. Aku dan keluargaku pun betah. Kami punya skuat yang sangat bagus, yang saling memahami baik di dalam maupun di luar lapangan. Aku benar-benar ingin melanjutkan (pekerjaanku) dan kurasa klub telah mempercayaiku. Ini berarti mereka bahagia dengan apa yang telah kucapai sampai sekarang. Aku benar-benar ingin melakukan lebih banyak lagi dan membalas kepercayaan yang telah mereka berikan padaku.

Seberapa cepat adaptasimu di Chelsea?

Ini mudah buatku. Tentu saja, ini bukanlah sebuah kepindahan besar, tapi tetap saja pindah, terutama karena aku punya anak-anak dan lain sebagainya. Kami bahagia tinggal di London dan aku bisa terus bermain secara profesional di Premier League. Ini merupakan sebuah langkah maju buatku, bergabung dengan klub tersukses di Inggris dalam 10 tahun terakhir, dan inilah mengapa aku merasa senang sekali. Sekarang, aku ingi memenangi lebih banyak trofi, dan kenapa tidak pekan depan!

Benar sekali, kita akan berhadapan dengan Arsenal di final Liga Europa…

Ini final turnamen Eropa, pertama kalinya bagiku bersama klub ini. Kami akan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Ini merupakan laga derbi melawan tim lamaku dan ini akan jadi (laga yang) spesial buatku, tapi aku harus melupakan tim apa yang kuhadapi pada tanggal 29. Selalu berbeda ketika kita berhadapan dengan rekan-rekan lama kita, tapi aku menyukainya. Aku akan 100 persen fokus pada pertandingan itu. aku sangat ingin memenangi trofi ini demi para penggemar, demi klub dan tentunya demi diriku sendiri. Kami layak mendapatkan sesuatu tahun ini dengan skuat ini. Aku tak sabar lagi.

Kau adalah pemain pertama Chelsea yang bisa mencetak 10 gol dalam satu musim turnamen Eropa, saat ini adalah top skor bersama turnamen ini dan masih berpeluang menambah koleksi gol di Baku…

Ketika tidak mendapat banyak kesempatan untuk tampil di Premier League, kita harus tetap fokus dan komit pada tim kapan pun manajer memasukkanmu ke starting XI. Tahun ini, aku selalu berusaha memberikan sesuatu kepada tim, selalu lebih, dan itulah yang terjadi di Liga Europa. Aku senang sekali dan bangga akan ini, dan akan luar biasa jika tim bisa menjuarainya dan aku bisa menjadi top skor. Ini akan sangat berarti.

Apakah kau menikmati persaingan dalam memperebutkan tempat di lini serang Chelsea?

Ya, tentu. Bagiku, ini selalu jadi sesuatu yang positif. Persaingan yang adil antara striker sangatlah penting bagi tim karena kita harus selalu maju dan meningkatkan diri. Bagus sekali untuk keluar dari zona nyaman dan memberikan kemampuan maksimal kita. Aku suka itu dan selalu membutuhkannya.

Anda memerlukan persaingan yang adil. Selama bermain dengan baik dan mencetak gol, kita akan bermain di laga berikutnya, setiap striker bahagia dengan itu. Jika kita tidak mencetak gol sementara pemain lain mencetak gol, maka dia harus bermain. Seperti itu. Ini selalu membantuku untuk terus maju dan berkembang. Mudah-mudahan tahun depan akan tetap sama.

Bagaimana pendapatmu perubahan sepakbola di negara ini (Inggris) selama tujuh tahun berkarir di sini?

Kurasa sekarang tim-tim Inggris punya kualitas juga kuantitas di skuat mereka, yang berarti mereka dapat lebih banyak melakukan rotasi dan bersaing di semua kompetisi. Tahun ini, tim-tim Premier League tampil sangat baik di turnamen-turnamen Eropa. Kami punya empat tim di dua final. Ini tidak pernah terjadi dan ini berarti jika kami punya jadwal yang berat dan melelahkan, kami masih bisa bersaing di Eropa. Mudah-mudahan ini akan berlanjut di masa depan.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA