Wawancara

Willy Caballero Bicara Soal Perannya di Chelsea, Peningkatannya Sebagai Seorang Kiper, dan Adaptasi Fantastis Kepa

Willy Caballero baru saja memperpanjang kontraknya selama setahun lagi dan kiper sarat pengalaman ini menyempatkan diri untuk duduk bareng dan ngobrol dengan kami tentang perannya di Chelsea, bersenang-senang di Cobham dan membantu mengeluarkan yang terbaik dari Kepa Arrizabalaga.

Caballero sudah berada di Stamford Bridge selama dua tahun dan telah tampil sebanyak 22 kali dan juga membela negaranya, Argentina di Piala Dunia musim panas lalu.

Rabu waktu setempat, pria 37 tahun itu memastikan diri bertahan di London barat untuk semusim ke depan. Kami pun berkesempatan untuk bicara denganya soal pengalaman, peningkatan, dan adaptasinya…

 

Bagaimana menurutmu peran yang kau emban di skuat ini, Willy?

Peranku sebagai kiper kedua adalah menciptakan atmosfer latihan yang bagus dengan Kepa karena dia harus tampil di setiap laga. Aku berusaha membantu mengeluarkan yang terbaik dari Kepa, tapi juga level terbaikku untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu. Juga, karena aku ingin bermain, aku tidak mau ada di bangku cadangan. Aku ada di tim yang bagus tapi seperti yang kita ketahui, Premier League sangat rumit, bermain di level yang sangat tinggi, jadi agar siap untuk setiap pertandingan maka kami harus punya kompetisi yang hebat setiap pekannya.

Selain itu, sebagai seorang pemain yang berpengalaman, aku harus melakukan beberapa hal di ruang ganti. Musim kompetisi sangat panjang dan ketika momen buruk terjadi kami harus muncul membantu tim fokus ke laga berikutnya, atau untuk membantu pemain-pemain muda siap. Aku tidak bicara hanya tentang aku, aku bicara soal semua pemain berpengalaman yang kami punya di ruang ganti. Kami sering membantu Callum Hudson-Odoi, Ethan Ampadu dan pemain-pemain muda lainnya.

Apa menurutmu kau mengalami peningkatan sebagai kiper selama dua tahun terakhir ini?

Jelas. Aku sudah bicara dengan Hilario, pelatih kiper, dan dia melihat peningkatan yang sangat bagus musim lalu. Aku senang sekali dengan ini karena ini berarti aku telah bekerja keras. Jika kita hanya bermain dan menunjukkan performa, terkadang kita bisa menyadari bagaimana apiknya permainan kita. Tapi jika soal melakukan sesuatu di tempat latihan setiap hari, bagus untuk menerima masukan ini karena Anda lebih yakin, lebih percaya diri, dan ketika kesempatan datang, kita sudah siap.

Seberapa nyamannya kau bekerja dengan kiper-kiper dan pelatih-pelatih lain?

Selama latihan, kami saling membantu satu sama lain. Kami menciptakan mentalitas yang berbeda pada pemain lain. Sebagai kiper, kami tumbuh dengan belajar bagaimana rasanya jika bermain dan jika tidak. Dan ketika mendapat kesempatan, kami sangat menikmatinya.

Dua tahun pertamaku di Inggris sangat sulit karena aku tidak bisa menjadi diriku sendiri di ruang ganti.

photo of Willy Caballero Willy Caballero

Dan start apik Kepa jadi bukti bahwa kerjamu di balik layar berhasil…

Ya, kurasa demikian, cara main Kepa menunjukkan bagaimana persaingan kami dan cara latihan kami, yang sangat baik di musim ini.

Adaptasi Kepa fantastis, bukan karena banyaknya pertandingan yang ia lakoni – ia bermain di banyak pertandingan dan tampil dengan baik – tapi dia sangat mampu beradaptasi dengan Chelsea, dengan keluarga ini, dengan klub ini. Dia juga bisa berbahasa Inggris dengan baik, jadi kurasa dia sudah beradaptasi dengan sempurna.

Ceritakan tentang hubunganmu dengan pemain-pemain lain, terutama mereka yang berbahasa Spanyol…

Grup Spanyol terdiri dari banyak orang! Bahkan pemain Brasil pun bisa berbahasa Spanyol, dua atau tiga pemain lain juga berbahasa Spanyol. Kami bersenang-senang.

Dua tahun pertamaku di Inggris sulit karena aku tidak bisa menjadi diri sendiri di ruang ganti. Sekarang, sejak datang di Chelsea aku merasa lebih percaya diri, dan sekarang aku merasa bisa menjadi diriku sendiri setiap hari. Ini karena kami bersenang-senang setiap hari, dalam bahasa Inggris, Spanyol, dalam bahasa-bahasa lain. Aku senang dengan ini karena aku lebih menikmati latihan setiap harinya di Chelsea.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA