Berita

Bintang Liga Europa – Willian

Di episode teranyar dari serial yang mengangkat bintang-bintang Chelsea di Liga Europa musim ini, perhatian kami tertuju pada Willian yang telah berperan penting dalam membantu the Blues maju ke final tahun ini, satu dekade setelah menjuarai kompetisi ini bersama Shakhtar Donetsk.

Pada saat itu, pemain kelahiran Brasil itu baru berusia 20 tahun dan kompetisi ini bernama Piala UEFA ketika membantu klub asal Ukraina itu mengalahkan klub Jerman, Werder Bremen dengan skor 2-1 melalui babak tambahan di final di Istanbul pada 2009.

Sepuluh tahun setelah kesuksesan, pemain sayap berpengalaman itu berperan penting dalam rentetan tanpa kalah Chelsea hingga ke final di Baku musim ini dengan menyumbang 10 gol.

Bersama Andreas Christensen, Willian adalah satu-satunya pemain Chelsea yang selalu tampil di 14 laga hingga ke final turnamen ini dan dia pun selalu membawa arah yang benar sejak menit pertama, mengapteni tim dan mencetak satu-satunya gol saat mengalahkan PAOK di Yunani September lalu.

Meski “hanya” mencetak tiga gol yang salah satunya diciptakan melalui tendangan bebas khasnya saat melawan Vidi dan Dynamo Kiev, Willian bersinar di turnamen itu dengan kontribusi tujuh assist, tertinggi bersama pemain BATE Borisov, Igor Stasevich.

Beberapa assist itu pun bahkan krusial – flick untuk Alvaro Morata yang dikonversi jadi satu-satunya gol ke gawang Vidi di Stamford Bridge di fase grup, sebuah umpan ke pusat pertahanan ke Olivier Giroud yang membuka kemenangan 3-0 kami atas Malmo di babak 32 besar dan sebuah umpan silang terukur yang ditanduk Marcos Alonso dan membuahkan gol kemenangan atas tuan rumah Slavia Prague di perempat final yang berakhir dengan kemenangan 1-0.

Momen Hebat

Dari semua assistnya di Liga Europa musim ini, adalah tendangan bebasnya saat melawan Dynamo Kiev yang mungkin paling dikenang dalam waktu lama. Setelah mengamankan kemenangan 2-1 atas klub Ukraina itu di Liga Champions pada 2015 lewat sebuah tendangan dari sisi kiri kotak penalti, si pemain Brasil ini kembali menciptakan gol dengan cara serupa di babak 16 besar, ketika menembak bola dari sisi kiri lapangan yang membuahkan gol kedua kami dalam laga yang berakhir dengan kemenangan 3-0 itu.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA