Analisis

Maurizio Sarri Ungkap Instruksinya Saat Jeda dan Merayakan Kesuksesan di Liga Europa yang "Memang Layak"

Setelah menuntun timnya meraih kemenangan hebat di final Liga Europa, Maurizio Sarri memuji keberanian para pemain serta kualitas sepakbola yang mereka peragakan di babak kedua yang menentukan.

45 menit pertama di Baku berjalan ketat dan menegangkan. Arsenal tampil lebih berbahaya di awal laga namun permainan pasukan Sarri makin membaik dan akhirnya keluar sebagai pemenang.

Tampil lebih menggigit setelah turun minum bukanlah pemandangan yang biasa kita lihat musim ini, tapi pagi ini, di Baku, kami langsung tampil trengginas sejak babak kedua dimulai dan sukses menggelontorkan tiga gol ke gawang Arsenal dalam waktu 16 menit. Si bos mengungkap apa yang ia ucapkan kepada para pemainnya.

“Perasaanku di akhir babak pertama mengatakan bahwa laga ini sangat sulit,” kata Sarri.

“Ini adalah laga ke-64 kami musim ini dan sangat panas di lapangan, sangat sulit untuk bermain fisik. Dari bangku cadangan, perasaanku mengatakan bahwa kami mencoba mengelola hasilnya. Saat rehat, kuminta para pemainku untuk bermain lebih berani, bahkan jika itu artinya berisiko kalah.”

“Aku ingin timnya menggerakkan bola dengan lebih baik, dan para pemain melakukannya dengan sangat baik di babak kedua. Kami memainkan sepakboal yang sangat baik melawan tim yang sangat sulit, yang sangat berbahaya dalam fase ofensif dan dari serangan balik. Kami memainkan sepakbola yang sangat baik dan kupikir laga ini juga bagus untuk para penggemar.”

Sarri mengekspresikan emosinya setelah sukses menjuarai trofi mayor pertamanya dalam kariernya, meski kemudian berfokus pada kemenangan bersama

“Aku senang sekali, tapi bagian depan kaus ini sangat penting – trofi ini sangat penting bagi klub.”

“Di bagian belakang kaus, nama para pemain dan pelatih, tidak terlalu penting. Tentu trofi sangatlah penting untuk kami dan aku. Perasaan yang kami rasakan adalah kami layak menang. Kami bereaksi setelah mengalami masalah pada Januari dan Februari.”

“Pada akhirnya kami lolos ke Liga Champions melalui Premier League, yang mana tidak mudah. Kami tampil di final League Cup dan lolos setelah mengalahkan finalis Liga Champions Liverpool dan Tottenham. Dan, di final kami kalah dari Man City lewat adu penalti.”

“Di Liga Europa kami bermain 15 kali, menang 12 kali dan imbang tiga kali. Jadi, kurasa kami layak menjadi juara Liga Europa.”

“Aku senang sekali dengan para pemainku, seperti yang kukatakan kemarin. Ada yang berubah di awal Februari. Kami kalah 6-0 dari City di Manchester tapi kami mulai melakukan sesuatu yang berbeda, jadi perasaan kami mengatakan bahwa kami layak menang.”

Sarri menanggapi masa depan Eden Hazard yang mencetak dua gol pagi ini

“Seperti yang kalian tahu, Hazard adalah pemain yang hebat, tapi kalian harus menghabiskan waktu dua atau tiga bulan untuk memahaminya sebagai seorang pria. Ketika bisa memahaminya sebagai seorang pria, dia seorang pria yang luar biasa.”

“Aku tahu Eden ingin pergi, tapi seperti yang sudah kukatakan di setiap konferensi pers, aku ingin menghargai keputusannya.”

Baca: Hazard merayakan babak kedua yang super dan menatap ke depan

Soal masa depannya sendiri, Sarri menjawabnya seperti ini

“Aku sudah bicara dengan klubku. Musim ini berakhir satu jam lalu jadi besok aku akan bicara dengan klub, seperti (yang dilakukan oleh) setiap klub di akhir musim. Kami harus tahu apa yang bisa klub lakukan untukku, apa yang bisa kulakukan lebih baik lagi untuk klub. Kami akan memutuskannya dalam beberapa hari, tapi aku masih punya kontrak jadi pada saat ini kami belum bicara apa-apa.”

“Aku beruntung karena aku di Chelsea, salah satu klub terbaik di kompetisi terbaik di dunia. Saat ini aku senang, tapi tentu aku ingin tahu apakah klub senang dan apakah kami bisa menjadi lebih baik lagi. Kurasa aku layak bertahan tapi ini hanyalah pendapatku saja.”

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA