Blogs

Pemain Terbaik Chelsea di Eropa – Olivier Giroud

Eden Hazard boleh saja jadi pemain kunci Chelsea saat mengalahkan Arsenal di final Liga Europa Kamis dini hari kemarin, tapi Olivier Giroud bisa dianggap sebagai pemain terbaik di turnamen ini mengingat kontribusinya yang luar biasa.

Bermain melawan mantan klubnya, striker asal Prancis ini berperan besar dalam kemenangan 4-1 kami di Baku dengan membuka keunggulan kami lewat sebuah tandukan akurat di menit ke-49, juga mendapatkan hadiah penalti yang kemudian dieksekusi dengan sempurna oleh Hazard untuk menjadikan skor 3-0 dan kemudian sekali lagi menyuplai di pemain Belgia untuk memastikan kemenangan.

Penampilan si striker berusia 32 tahun di sepanjang turnamen ini membuatnya jadi salah satu dari tujuh pemain Chelsea yang masuk dalam skuat terbaik Liga Europa musim ini. Tapi, kami punya alasan yang kuat untuk mentahbiskanya sebagai pemain terbaik kami di Eropa.

Eksekutor kelas atas

Meski hanya mencetak dua gol di Premier League, Giroud berhasil mengemas 11 gol di Liga Europa dan jadi pencetak gol terbanyak di turnamen itu sekaligus jadi pemain pertama Chelsea yang bisa membukukan dua digit gol di turnamen Eropa.

Meski demikian, bukan hanya jumlah golnya saja, melainkan variasi golnya yang membuat pria Prancis ini membuktikan diri sebagai penyerang yang komplit.

Rincian gol Giroud
Kaki kiri 5
Kaki kanan 3
Sundulan 3

Meski gol pertama dan terakhirnya di kompetisi ini tampak mirip, dengan menyambut umpan silang Emerson saat melawan BATE Borisov dan Arsenal dengan sebuah tandukan ke tiang dekat, sembilan gol lainnya diciptakan dengan cara yang berbeda-beda.

Tembakan dari sudut sempit dan tendangan voli yang dilakukannya saat menjamu PAOK, tendangan bebas yang menembus sudut atas gawang tuan rumah Vidi, back-heel manis di markas Malmo dan penyelesaian jarak dekat saat melawan Malmo dan Slavia Prague.

Kemampuan finishingnya dibuktikan sepenuhnya saat menekuk tuan rumah Dynamo Kiev dengan skor 5-0 di babak 16 besar. Saat itu, ia menciptakan hat-trick sempurna, mencetak gol dengan kaki kiri dan kanan serta sebuah sundulan memanfaatkan tendangan bebas Willian.

Penyuplai yang baik

Giroud dipuji sebagai pahlawan tanpa tanda jasa bagi juara Piala Dunia, Prancis, tahun lalu ketika tidak mencetak satu gol pun tapi berperan penting dalam serangan Prancis lewat kemampuannya dalam menghubungkan antar lini.

Dan, meski menemukan kembali sentuhannya bersama the Blues di Liga Europa, ia masih jadi penyuplai umpan yang baik dengan catatan lima assist, hanya kalah dari Willian dan dua pemain lain di kompetisi ini.

Salah satunya berasal dari umpan back-heel ke Pedro yang dikonversi menjadi gol pembuka saat menundukkan tim tamu Dynamo Kiev dengan skor 3-0, umpan terobosan cantik ke Callum Hudson-Odoi yang diselesaikan menjadi gol terakhir dalam kemenangan 5-0 di Kiev, kerja sama satu-dua yang membuka ruang bagi Pedro untuk membuka keunggulan kami saat mengalahkan Slavia 4-3 dan, yang terbaru, umpan tarik yang divoli dan menjadi gol kedua Hazard saat mengalahkan Arsenal di final.

Catatan itu menutup musim yang ciamik bagi si striker, yang kini sudah meraih gelar juara Eropa di level klub untuk ditambahkan ke empat medali juara FA Cup dan satu medali juara Piala Dunia.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA