Wawancara

Ross Barkley Puji Musim yang Positif Ini dan Menarget Trofi Lainnya Bersama Inggris

Ross Barkley merayakan gelar juara mayor kedua dalam kariernya ketika Chelsea berhasil meraih mahkota juara Liga Europa di Baku dan gelandang Inggris itu menyatakan bahwa memenangi trofi secara reguler adalah alasan yang membuatnya bergabung dengan klub ini 18 bulan yang lalu.

Setelah menonton final FA Cup ketika Chelsea berhadapan dengan Manchester United karena tidak diturunkan dari bangku cadangan, pria 25 tahun ini tampil selama 15 menit di Azerbaijan. Adalah kontribusinya di kompetisi Liga Europa berupa gol di kandang dan tandang saat melawan Malmo yang memberikan jalan bagi kami untuk maju ke fase gugur Februari lalu.

“Rasanya luar biasa,” akunya.

“Kami telah bekerja keras untuk ini sepanjang musim dan laga ini berjalan sempurna untuk kami. Hari-hari seperti inilah yang membuatku datang ke klub ini karena kenangan-kenangan ini akan tinggal seumur hidup dan mudah-mudahan akan ada banyak lagi yang akan datang.”

Sebelum pertandingan, ada banyak pembicaraan mengenai kemungkinan tampilnya N’Golo Kante dan Barkley adalah salah satu pemain yang kehilangan tempatnya di lini tengah setelah si pria Prancis dinyatakan pulih dari cedera pergelangan kaki dan siap tampil. Namun demikian, ia mengaku bahwa persiapan yang ia lakukan sama sekali tidak berbeda dan merasa senang bisa membantu tim saat diturunkan.”

“Rasanya spesial bisa jadi bagian di laga final, entah jadi starter atau pengganti, Anda harus melakukan apa yang bisa Anda lakukan untuk membantu memenangi pertandingan,” tegas Barkley. “Saat aku masuk ke lapangan, skornya sudah 4-1 jadi kami tahu kami hanya perlu menunggu waktu saja.”

“Anda harus mempersiapkan setiap laga seolah-olah Anda seorang starter, namun N’Golo sedang tidak siap tampil untuk kami. Ketika ia mendapat cedera saat latihan, cedera itu terlihat serius jadi sungguh luar biasa melihatnya bisa bermain selama 90 menit di final. Sebagai sebuah tim, kami bermain dengan brilian dan pulang dengan hasil yang kami inginkan, yaitu trofi.”

Kini Barkley bergabung bersama skuat Inggris besutan Gareth Southgate yang bersiap menjalani laga semifinal Nations League melawan Belanda pekan depan dan ia berharap kesuksesan klub-klub Inggris di kompetisi Eropa dapat menjadi pertanda positif bagi tim Tiga SInga jelang lawatan mereka ke Portugal.

“Tentu saja membantu jika memiliki pemain-pemain yang pernah merasakan kesuksesan karena perasaan yang Anda rasakan setelah meraih sesuatu itu sangat istimewa. Kami juga punya dua klub Inggris di final Liga Champions, jadi bagi Inggris, ini membantu kami dalam mempersiapkan diri menghadapi semifinal dan mudah-mudahan kami bisa kembali ke Inggris dengan trofi lainnya.”

Menjelang musim penuh pertamanya bersama Chelsea, Barkley memuji pencapaian timnya musim ini. Ia terutama puas dengan adaptasi para pemain terhadap perubahan gaya main yang ditanamkan oleh Maurizio Sarri, sementara masih dapat bersaing memperebutkan titel dan bahkan mencapai target.

“Aku menikmatinya,” jawabnya ketika merefleksikan musim 2018/19 ini. “Ada sedikit transformasi dalam hal gaya main tapi akhirnya kami bisa meraih trofi. Kami tidak beruntung saat melawan Man City di final Carabao Cup tapi kami lolos ke Liga Champions melalui finis kami di liga dan sekarang kami menjuarai trofi Eropa jadi Anda harus melihat musim ini secara positif.”

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA