Wawancara

Sekembalinya ke Timnas, Ross Barkley Ingin Tampil Baik di Nations League

Malam ini Ross Barkley kemungkinan akan memberi andil untuk tim nasional Inggris di semifinal Nations League UEFA yang sekaligus untuk melihat bagaimana kemajuan si pemain.

Gelandang ini selalu tampil di tiga laga the Three Lions di putaran final Piala Dunia Brasil 2014 dan sudah mengoleksi 22 caps saat masih berusia 22, namun cedera dialaminya di penghujung kariernya di Everton hingga awal kariernya di Chelsea membuatnya harus absen membela timnas hingga hampir dua tahun lamanya.

Di awal musim, Barkley bicara soal kerja kerasnya untuk memastikan dirinya berada di kondisi terbaik di Chelsea. Dan musim di mana ia tampil sebanyak 48 kali untuk klub dan berhasil memenangi trofi mayor, dia juga mendapatkan tempatnya lagi di Inggris dan jadi starter sebanyak lima kali. Tiga di antaranya ia lakoni di laga kualifikasi Nations League, mencetak dua gol saat mengalahkan Montenegro dengan skor 5-1.

“Aku yakin pindah ke Chelsea akan memperbesar peluangku bermain untuk Inggris dan aku sering sekali tampil di musim ini,” kata Barkley kepada situs resmi Chelsea sebelum bergabung ke kamp latihan Inggris.

“Aku sudah masuk-keluar tim (Chelsea), berjalan dengan baik, dan aku sudah sering tampil bagi Inggris tahun ini, sesuatu yang kupercaya akan terjadi ketika aku sedang berlibur di musim panas, kembali masuk tim dengan laga-laga besar yang akan datang dan aku sudah menantikan itu semua.”
 

Bagi pria 25 tahun ini, dan banyak anggota skuat Inggris lainnya yang terlibat di dua final antar sesama tim Inggris di turnamen Eropa, mepetnya jadwal pertandingan klub dengan pertandingan tim nasional membuat waktu istirahat yang ada semakin sempit. Namun, Barkley memandang positif hal itu, dan bagaimana Nations League pertama ini, yang menggantikan turnamen sebelumnya, mendapat sambutan yang baik dari para pemain.

“Istirahat baik untuk pikiran tapi jika kita libur selama sembilan hari atau dua pekan maka tubuh kita pun libur, jadi ini tergantung pada bagaimana cara kita memperlakukan diri selama liburan,” jelasnya. “(Dampaknya) bisa baik atau buruk, tergantung pada pendekatannya, tapi bagiku kali ini kami hanya punya istirahat beberapa hari sebelum berkumpul lagi, jadi aku akan berada dalam mode sepakbola.”

“Ada sisi positif dan negative dari menggantikan laga persahabatan. Ada beberapa risiko bermain di laga kompetitif namun ini adalah sesuatu yang Anda impikan ketika kecil. Anda tak bisa mengeluh. Anda cuma bisa menantikannya. Kami mempersiapkan setiap laga dengan cara untuk menunjukkan bahwa kami adalah salah satu yang terbaik.”
 

Dan tidak ada cara lain untuk melakukannya selain mengalahkan Portugal di putaran final pertama Nations League Minggu nanti. Tapi, sebelum itu, Barkley dan koleganya harus menghadapi tantangan yang tidak mudah dari Belanda di semifinal kedua dini hari nanti pukul 01.45 WIB.

“Penampilan Belanda mulai membaik,” puji Barkley. “Aku menyaksikan Under-17 mereka menjuarai Euro kala itu, dengan pemain Chelsea (Ian Maatsen) yang ikut tampil.

“Mereka mulai tancap gas lagi. Mereka punya kumpulan pemain yang bagus dan ini akan memberikan tantangan tersendiri, dan akan jadi laga kompetitif yang bagus.”
 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA