Berita

Karier Eden Hazard di Chelsea

Situs web resmi Chelsea memberikan apresiasi kepada Eden Hazard setelah berita kesepakatan untuk transfernya ke Real Madrid tercapai.

Kepindahan ini mengakhiri karier hebat Hazard di Chelsea. Bukan hanya banyaknya penghargaan individu dan kolektif selama dia di Stamford Bridge yang akan selalu dikenang; keterampilan, kecepatan, dan senyumnya tidak akan pernah dilupakan oleh siapa pun yang beruntung menyaksikannya bermain dengan kemeja Chelsea.

Musim debut

Dari mana kami memulainya? Enam menit pertama pada laga debutnya di Premier League sepertinya hal yang bagus,  karena hanya itulah waktu yang diperlukan bagi pemain berusia 21 tahun itu untuk menunjukkan bakat dan permainan apiknya di sisi sayap yang menakjubkan. Pada suatu sore di bulan Agustus yang cerah di Wigan, ia pertama-tama memberikan asis yang membelah pertahanan pada Branislav Ivanovic, dan kemudian ia menaklukkan Ivan Ramis, yang menjatuhkannya untuk menghasilkan penalti yang dikonversi oleh Frank Lampard.

Kapan debut Hazard di Premier League? 
19 Agustus 2012 vs Wigan di DW Stadium.

Hazard menciptakan peluang, Hazard dilanggar: pertahanan tim-tim Premier League mungkin telah diberi peringatan dini mengenai kualitas sang pemain, tetapi selama tujuh tahun berikutnya mereka hanya menunjukkan sedikit tanda bahwa mereka mampu menghentikannya.

Secara keseluruhan ia dilanggar 638 kali di liga, lebih sering 40 persen dari pemain lain di periode yang sama. Kesediaannya untuk segera bangkit kembali meski dengan luka di engkel dan betisnya membuatnya mendapatkan pujian di dalam dan di luar lapangan. Dan dia mungkin sering dilanggar, terutama di sepertiga akhir lapangan, tetapi sejak 2012 Hazard masih berhasil menciptakan 595 peluang untuk rekan setimnya.

Debut dan gol pertama Hazard di Stamford Bridge

Dia menandai debutnya di Stamford Bridge melawan Reading dengan menghasilkan penalti dan memberikan asis lagi, Lampard dan Ivanovic sekali lagi menjadi sosok yang diuntungkan. Tiga hari kemudian, dengan Newcastle berkunjung ke markas kami, ia membukukan gol Chelsea pertamanya dari titik penalti. Hazard terbukti andal dalam mengesekusi penalti di tahun-tahun mendatang, mencetak 26 dari 31 penalti yang dia ambil untuk kami. Yang diingat adalah saat dia menyundul bola pantulan dari sepakan penalti yang diselamatkan melawan Crystal Palace pada Mei 2015 yang menentukan gelar, kami akan membahasnya lebih lanjut nanti.

Hazard dan Mata: Duet Mematikan

Hazard dengan cepat menjalin kerja sama hebat dengan Juan Mata, pemain lincah Spanyol yang telah tiba setahun sebelumnya. Kerja sama permainan keduanya, baik itu membongkar pertahanan solid lawan atau meluncurkan serangan balik, adalah faktor kunci dalam produktivitas the Blues pada 2012/13. Kemenangan atas Norwich (4-1), Tottenham (4-2), Manchester United (5-4), Aston Villa (8-0), Southampton (5-1), dan Stoke (4-0) pasti akan teringat. Hazard kemudian menyebut Mata sebagai pemain yang paling ia sukai yang pernah bermain bersamanya, mereka adalah pertemuan otak dan penguasaan sepakbola.

Gol-Gol Menakjubkan

Visi Hazard untuk mencetak gol-gol spektakuler menjadi bukti dalam kemenangan hebat kami atas Aston Villa dan Stoke di momen Natal, dan kemudian di bulan Maret di Manchester United (menginspirasi kebangkitan di Piala FA) dan di kandang kami menghadapi West Ham.

Kontribusinya yang utama bagi kami saat mencapai final Liga Europa adalah penampilan yang sensasional sebagai pemain pengganti di kandang Sparta Prague, yang ditutup dengan sepakan keras saat injury time yang memastikan tempat kami di babak 16 besar. Sayangnya, cedera hamstring di markas Aston Villa pada pertandingan kedua terakhir kami membuatnya absen dari pertandingan final di Amsterdam, tetapi dia sempat memberikan asis untuk gol Lampard yang menjadikannya pemecah rekor.

Satu-satunya hal buruk di tahun pertamanya adalah kartu merah yang aneh di semifinal Piala Liga di markas Swansea pada bulan Januari, tetapi ia kembali beraksi dalam performa terbaik dan memainkan peran utama dalam finis kuat kami di musim tersebut, yang menjadi musim terpanjang dalam sejarah Chelsea.

Catatan di musim debut Hazard

Secara keseluruhan Hazard bermain 62 kali, mencetak 13 gol, dan mencetak 19 asis. Tidak butuh waktu lama baginya untuk menunjukkan betapa pemain istimewa yang kami miliki di tangan kami, dan penampilannya juga mendapat pengakuan yang lebih luas, dengan terpilih dalam daftar PFA Team of the Year.
 

Musim kedua Hazard - 2013/14

Hazard semakin bagus di musim keduanya dan menyelesaikannya dengan terpilih sebagai PChelsea Player of the Year untuk pertama kalinya.

Alasannya jelas.Selain performa mengagumkan dia juga mencetak gol di laga-laga besar. Hazard menjebol gawang Arsenal, Liverpool, Tottenham, dan PSG pada 2013/14, dan kecemerlangan pemain Belgia itu memastikan kami mampu bersaing di Premier League dan Liga Champions. Dia mencetak 17 gol dalam 49 pertandingan.

Performa terbaik Hazard untuk Chelsea?

Performa memukau Hazard dalam kemenangan tandang 1-0 atas tim yang kemudian menjadi juara, Man City, layak disebutkan, seperti juga hat-trick perdananya di Chelsea dalam pertandingan berikutnya melawan Newcastle. Tapi melawan rival Magpies, Sunderland,menjadi yang paling menonjol  dan bisa disebut sebagai penampilan terbaik Hazard dalam seragam Chelsea.

Itu terjadi di Stadium of Light pada malam musim dingin yang dingin pada bulan Desember 2013. The Blues memenangi laga menegangkan dengan skor 4-3, tetapi semua perhatian tertuju pada Hazard. Kadang-kadang rasanya seperti dia memainkan olahraga yang berbeda dengan orang lain di lapangan, seperti sihir yang dia tunjukkan malam itu, termasuk satu asis dan dua gol solo yang begitu spektakuler sehingga beberapa penggemar Sunderland tidak bisa menahan tepuk tangan mereka.

Hazard mengakhiri musim tanpa penghargaan kolektif, tetapi ia dinobatkan sebagai PFA Young Player of the Year untuk bersanding dengan penghargaan Chelsea-nya, serta terpilih masuk dalam daftar PFA Team of the Year lagi.

Musim 2014/15 Hazard

Segalanya menjadi lebih baik untuk Hazard, dan Chelsea, pada 2014/15.

Dia adalah pemain terbaik di Inggris dengan kami memenangi gelar dengan tiga pertandingan tersisa dan juga mengangkat Piala Liga. Menjadi starter dalam 49 pertandingan kami di semua kompetisi, performa Hazard tidak pernah di bawah standar, baik itu selama awal-awal musim yang sarat dengan gol atau di paruh kedua musim, ketika permainan kami menjadi lebih pragmatis karena banyaknya cedera dan skorsing.

Konsistensi no.10 kami selama 90 menit menarik perhatian, dan manajer Jose Mourinho mengidentifikasi ketergantungan ini sebagai sesuatu yang penting bagi kesuksesan kami di 2014/15. Itu adalah sesuatu yang berusaha dikembangkan oleh pemain sayap kami.

Hazard tampak nyaman bermain dengan pendatang baru Diego Costa dan Cesc Fabregas. Memang permainan kombinasi antara trio itu, serta Oscar dan Willian, adalah beberapa performa terbaik yang pernah terlihat di Stamford Bridge. Ketika kerja sama itu tak terlihat, Hazard akan memberikan kontribusi tersendiri seperti yang dibuktikan dengan kontribusi besarnya dalam empat kemenangan tipis berturut-turut antara Februari dan April, jenis membantu kami memastikan gelar liga. Dia mencetak gol di Villa, West Ham, dan Hull, dan kemudian memberikan asis untuk gol telat Fabregas di Loftus Road.

Pada pekan berikutnya Hazard menjaringkan satu-satunya gol melawan Man United di Stamford Bridge, dan itu adalah sundulannya di pertandingan kandang berikutnya, melawan Crystal Palace, yang memastikan gelar liga di tangan kami.

Catatan Hazard pada 2014/15

Dia menutup musim dengan 19 gol dan 11 asis di semua kompetisi. Dia terpilih sebagai Chelsea Player of the Year untuk kedua kalinya secara beruntun, dan performanya yang luar biasa juga diakui oleh rekan-rekannya (Chelsea Players’ Player of the Year, PFA Player of the Year) dan media (FWA Footballer of the Year, Premier League Player of the Season). Tidak mengherankan tidak ada pemain Chelsea yang pernah memenangi begitu banyak penghargaan individu dalam satu musim.

Musim 2015/16 Hazard

Hazard dan tim kami tidak bisa menyamai level tersebut pada 2015/16. Cedera dan kurangnya kepercayaan diri memengaruhi pemain Belgia kami, dan dia harus menunggu sampai April untuk mencetak gol pertamanya dari dari permainan terbuka di Premier League.

Namun, dengan tetap ciri khas Hazard, ia berhasil menghasilkan momen paling dikenang dalam musim itu, dengan mencetak gol spektakuler penyeimbang di kandang Tottenham yang sama-sama dirayakan di East Midlands seperti di Bridge, dan terpilih sebagai Goal of the Season kami.

Berapa kali Eden Hazard memenangi penghargaan Chelsea Goal of the Season?
Tiga kali: 2015/16 (v Tottenham), 2016/17 (v Arsenal), 2018/19 (v Liverpool)

Gol solo brilian di Anfield menyusul dan menunjukkan Hazard kembali ke performa terbaiknya, dan ia membawa performa itu ke Euro 2016 bersama Belgia, kemudian musim juara kedua kami dalam tiga musim di Premier League.

Hazard dan Antonio Conte

Setelah awalnya agak kesulitan di bawah bos baru Antonio Conte, kesuksesan kami lahir dari perubahan formasi menjadi 3-4-3. Hazard mulai bermain bagus sejak formasi itu diterapkan dan membentuk kerja sama yang apik dengan Marcos Alonso. Dia mencetak tujuh gol selama rekor 13 kemenangan beruntun klub yang mendorong kami ke puncak klasemen sebelum Natal, posisi yang kemudian tidak pernah kami lepaskan. Di antaranya adalah gol-gol yang memukai melawan dua klub Manchester.

Pada tahun baru, Hazard terus berkembang dan mencetak salah satu gol favorit Chelsea melawan Arsenal pada Februari, gol solo yang dimulai di lini tengah dan berakhir dengan banyaknya pemain belakang Arsenal yang takluk, termasuk mantan rekan setimnya Petr Cech. Itu terpilih sebagai Goal of the Season.

Hazard bermain luar biasa ketika kami mendekati gelar, mencetak dua gol dalam kemenangan 2-1 melawan penantang terdekat Manchester City. Namun, kontribusinya tidak hanya terbatas pada Premier League, dan pemain asal Belgia itu mencetak gol indah - gol pertamanya di Wembley - dalam kemenangan 4-2 di semifinal Piala FA atas Tottenham.

Sayangnya kami kalah di final melawan Arsenal, tetapi pada saat itu Hazard memiliki medali juara Premier League keduanya, dan sehari setelah final di Wembley ia dinobatkan sebagai Chelsea Player of the Year untuk ketiga kalinya.

Musim 2017/18 Hazard

Cedera yang diderita saat ia menjalani laga internasional selama musim panas menunda kembalinya ia untuk bermain, tetapi ia segera kembali ke tim dan kembali ke performa terbaiknya. Pemosisian Hazard pada 2017/18 bervariasi, dan ia terbukti mahir dalam posisi reguler di sayap kiri, di samping striker utama di lini depan, atau memimpin lini depan, tergantung pada pertandingan yang kami jalani.

Laga Final Hazard

Untuk final Piala FA di Wembley melawan Man United, Hazard dipasangkan dengan Olivier Giroud di lini serang dan menghasilkan momen menentukan dari sebuah pertandingan yang ketat. Itu adalah gaya klasik Hazard: sentuhan pertama yang sempurna diikuti dengan pergerakan mematikan yang membuat pemain lawan kewalahan. Phil Jones hanya bisa melanggarnya saat dia mendekati gawang, dan dia memilih dirinya untuk mengesekusi penalti yang dihasilkan. Gelar perdananya di Piala FA adalah cara sempurna untuk menandai penampilannya yang ke-300 di Chelsea.

Bersama Belgia di Piala Dunia 2018

Pada Piala Dunia musim panas lalu di Rusia, kapten Belgia Hazard terpilih sebagai pemain terbaik kedua di turnamen tersebut setelah serangkaian penampilan gemilang yang membantu negaranya mencapai semifinal, di mana mereka hanya kalah tipis oleh tim yang akhirnya menjadi juara, Prancis. Secara total Hazard bermain 72 kali untuk Belgia saat menjadi pemain Chelsea, dengan mencetak 28 gol.

Musim Terakhir Hazard

Tahun terakhir Hazard di London Barat adalah yang musim terbaiknya di Premier League dalam hal gabungan gol (16) dan asis (15), dan faktor utama dalam keberhasilan kami finis di posisi ketiga. Di Watford pada Boxing Day ia menjadi pemain Chelsea ke-10 yang mencapai catatan 100 gol dengan penyelesaian satu lawan satu yang keren. Sebuah gol penalti yang dia ceta kemudian di pertandingan itu menjadi gol penentu kemenangan kami.

Itu adalah salah satu dari banyak performa apik Hazard selama musim individu yang sangat luar biasa. Catatan lainnya termasuk hat-trick, yang dicetak melawan Cardiff, sepasang asis dalam kemenangan kandang melawan Man City yang belum terkalahkan, dan dua gol terbaiknya dalam seragam Chelsea.

Berapa hat-trick yang dicetak Eden Hazard untuk Chelsea? 
Dua: melawan Newcastle pada 2014 dan Cardiff pada 2018

Keduanya merupakan gol solo yang memamerkan kemampuannya dalam menggiring bola dengan kecepatan tinggi dan di ruang sempit; keduanya membuat lawan kewalahan menghadapinya. Yang pertama, dalam laga Carabao Cup melawan Liverpool, yang bahkan jadi lebih memuaskan karena itu menjadi penentu kemenangan kami, yang kedua, di kandang melawan West Ham, sama-sama menarik perhatian dan penyelesaian dengan gaya yang sama. Pada akhirnya, gol di Anfield menjadi Goal of the Season kami.

Seperti pada 2014, 2015 dan 2017, penggemar Chelsea memilih Hazard sebagai Pemain Terbaik mereka, dan itu merupakan kesuksesan keempatnya yang juga menjadi rekor dalam penghargaan tersebut. Rekan setimnya memilihnya sebagai Pemain Terbaik mereka juga, jadi dia mencapai prestasi unik untuk memenangi ketiga penghargaan klub di musim yang sama.

Final Terakhir yang Mengesankan

Tendangan bola terakhirnya di Stamford Bridge adalah penalti penentu dalam kemenangan adu penalti atas Eintracht Frankfurt, dan Hazard dengan gemilang memberikan satu lagi penampilan gemilang untuk final Liga Europa yang menutup kariernya di Chelsea.

Kualitas Hazard yang menghantam pertahanan Arsenal sudah terlihat jelas dari awal laga, dan dia sangat berpengaruh dalam performa kami di babak kedua. Setelah memberikan asis untuk Pedro yang menjadikan skor 2-0, ia mencetak dua golnya sendiri, penalti yang tenang melewati Cech, dan yang kedua merupakan salah satu gol terbaik Chelsea musim ini.

Pencapaian karier Chelsea

Itu adalah gol keenam dan ketujuh melawan Arsenal, yang bergabung dengan Bournemouth, West Brom, dan Newcastle sebagai tim yang paling sering dijebol Hazard. Lebih penting lagi, mereka berkontribusi pada trofi untuk klub; dia pergi setelah memenangi dua gelar Premier League, dua Liga Europa, satu Piala FA, dan satu Piala Liga.

Konsistensi Hazard

Menganalisis kontibusinya selama tujuh tahun di Premier League, konsistensi Hazard sangat menonjol. Hanya David De Gea, yang telah memainkan lebih banyak laga ketimbang dirinya (245 laga); dan hanya De Gea, Hugo Lloris, dan rekan setimnya di Chelsea, Cesar Azpilicueta, yang memainkan lebih banyak menit. Dia berada di peringkat keempat untuk kontribusi gol (85 gol, 54 asis) pada periode itu, keempat untuk tembakan tepat sasaran, dan kedua untuk pertandingan dimenangi (145 pertandingan, di bawah 60 persen).

Selain memuncaki daftar peluang yang dibuat dan pelanggaran yang dilakukan pada seorang pemain, Hazard juga menyelesaikan lebih dari 900 dribel, hampir 50 persen lebih banyak dari pemain berikutnya. Berikan Hazard bola, dan dia kemungkinan besar akan menaklukkan pemain yang mengawalnya.

"Legenda sejati Chelsea, sang juara..."

Di Cobham Hazard yang karismatik adalah sosok yang populer dan lucu, selalu bercanda dengan senyum khasnya. Di lapangan statistik yang menyoroti kontribusinya tidak terbatas. Kata-kata dari Fabregas meringkas seperti apa rasanya bermain bersamanya.

Dan untuk melihatnya dari tribun atau di televisi? Selalu menyenangkan. Sentuhan-sentuhan elegan, keseimbangan tubuh, serta kecepatan. Tipu muslihat, keanggunan, dan gol, semua disampaikan oleh kepribadian yang menginspirasi untuk olahraga yang sangat dia kuasai.

Itu adalah musim panas 2012 ketika Hazard, pemain muda yang paling didambakan di dunia, mengumumkan di Twitter dia akan meninggalkan klub masa kecilnya Lille untuk bermain dengan juara Liga Champions, dan sejak malam itu di Munich, dialah yang menjadi faktor terpenting untuk banyak momen terbaik kami.

Eden meninggalkan klub sebagai legenda Chelsea sejati, sang juara, dan dengan harapan terbaik kami untuk langkah selanjutnya dalam kariernya.

Oleh Rupert Cane

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA