Berita

Stamford Bridge Jadi Tuan Rumah Malam Bintang Soccer Aid 

Ada banyak wajah familier di Stamford Bridge pada Minggu malam dalam acara penggalangan dana yang menarik dan yang merupakan Soccer Aid pertama diselenggarakan di Stamford Bridge.

Stamford Bridge biasanya agak sepi pada pertengahan Juni namun kali ini tidak karena salah satu ajang amal-olahraga terbesar yang disiarkan di televisi digelar di sana, di stadion yang terisi penuh, di hadapan jutaan pemirsa di rumah.

Tujuan dari acara ini adalah menggalang dana bagi Unicef, selain bernostalgia – meski para penonton punya tim kesayangan masing-masing, tidaklah mengejutkan ketika melihat pemain-pemain seperti John Terry dan Didier Drogba mendapat sambutan hangat ketika diperkenalkan sebelum kick-off.

Banyak penggemar Chelsea terlihat di stadion, dan the Blues sendiri menempatnya banyak wakilnya, antara lain Michael Essien, Ricardo Carvalho, Joe Cole, dan Glen Johnson, yang bergabung dengan JT dan Didier Drogba bersama olahragawan-olahragawati dan selebritas yang dikelompokkan dalam tim Inggris dan World XI.

Eks kapten Chelsea Women, Katie Chapman juga tampil di sana. Soccer Aid menyuguhkan terobosan dengan menggabung pesepakbola pria dan wanita di lapangan yang sama, dan bekerja sama dengan Football Association sebagai bagian dari stusi berkelanjutan terhadap partisipasi orang dewasa dalam olahraga.
 

Laga itu sendiri akhirnya ditentukan lewat adu penalti setelah 90 menit berakhir skor berimbang 2-2. Meski Drogba gagal mencetak gol penentu di laga ini, timnya, World XI akhirnya keluar sebagai pemenang.

Bintang Hollywood, Tom Hanks, mengawali laga, yang kemudian keluar dari laga bersama dengan cameraman. Terjadi permainan cepat di 10 menit pertama ketika legenda lari, Usain Bolt, yang memegang rekor dunia sprint dengan waktu 9,58, angka yang tertera pada kausnya, melakukan sprint menembus pertahanan Inggris, namun dapat dipatahkan oleh Terry dan Jamie Carragher (yang tidak mendapat sambutan sehangat yang diterima kapten, pemimpin, dan legenda kami!) di jantung pertahanan.
 

Essien menguasai bola di tengah lapangan, membalik badan lalu menembak namun bisa diblok. Adalah mantan bek kanan kami, Glen Johson, yang diturunkan sebagai gelandang, yang menciptakan peluang emas pertama di laga itu. Bisa dihentikan oleh Julio Cesar.

Eks kiper Inter Milan, yang bermain di Stamford Bridge dalam laga Legends tahun lalu, di mana Inter Forever berhadapan dengan Chelsea angkatan 98, tampil apik. Dia kemudian menggagalkan tembakan dari penggemar Chelsea sekaligus penyiar TV dan radio, Marvin Humes. Namun, dia tak mampu menghentikan freestyler Jeremy Lynch yang sukses menciptakan gol pertama Inggris. Lynch mencetak gol keduanya untuk Inggris tepat sebelum turun minum. Di babak kedua, giliran Bolt yang mencatatkan namanya di papan skor lewat sebuah tendangan menyusur tanah, memanfaatkan bola liar yang memantul mengenai kepala Carragher.
 

Drogba mengawali babak kedua dengan sebuah operan manis. Penonton mengolok-olok wasit Mark Clattenburg yang tidak memberikan hadiah penalti kepada Joe Cole yang dilanggar. Penggemar Chelsea makin frustrasi ketika sepakan Drogba masih bisa dibuang oleh Carragher di muka gawang.

Di lapangan lawan, comedian Lee Mack, yang bernomor punggung 95,8 – sebagai tandingan nomor punggung Usain Bolt, seharusnya bisa memperbesar keunggulan Inggris jika saja tendangan volinya tidak melambung ke Matthew Harding Stand.

Cole nyaris menjebol gawang lawan namun sepakannya masih bisa diamankan sementara tendangan setengah voli Terry juga bisa dimentahkan lawan – bola muntah diterima oleh Mack untuk kembali menciptakan peluang. Namun, World XI yang kembali mencetak gawang – eks kontestan Love Island, Kem, berhasil melewati JT dan kawan-kawan hingga mengubah kedudukan menjadi 2-2 dengan gol di fase akhir pertandingan.

Di adu tos-tosan, yang dieksekusi oleh para selebritas, Inggris sudah gagal dua kali lebih dulu, sementara tendangan Lee Mack bisa dimentahkan. Malam itu akhirnya menjadi milik tim World XI.

Klik untuk menyumbang ke Soccer Aid (situs web dalam bahasa Inggris)

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA