Wawancara

Petr Cech: Mengejar Lebih Banyak Kesuksesan di Chelsea

Situs web resmi Chelsea berbicara kepada mantan kiper dan legenda kami saat kembali ke klub...

Ketika membahas soal karier bermain, hanya ada lima pemain dengan penampilan Chelsea lebih banyak daripada Petr Cech dan di banyak musim saat dia mengawal gawang kami, dia memiliki kesuksesan yang besar. Sekarang dia kembali - dalam peran barunya sebagai penasihat teknik dan performa yang diumumkan sebelumnya hari ini - dan kesuksesan di atas lapangan tetap menjadi sasarannya. Ia bertujuan untuk menggunakan pengetahuan luas yang ia peroleh di sepakbola untuk memastikan Chelsea saat ini beroperasi dengan cara terbaik.

Ini adalah tantangan yang jelas-jelas ia sukai, ketika ia berbicara dengan situs web resmi Chelsea sekembalinya ke klub...

"Saya ingin mempertimbangkan setiap opsi yang mungkin saya miliki dan saya harus mengatakan bahwa saya memiliki begitu banyak pilihan untuk terus bermain karena semua orang berusaha membujuk saya untuk terus bermain," jelas Cech. "Jadi saya memiliki tawaran ini dan saya memiliki tawaran dari berbagai tempat untuk melanjutkan karier dengan peran yang berbeda tetapi tawaran yang saya dapatkan dari Chelsea bersifat pribadi bagi saya karena saya memiliki sejarah yang hebat dengan klub sepakbola ini."

"Itu adalah tawaran terbaik untuk dipertimbangkan dan pada akhirnya saya merasa sangat bahagia dan istimewa memiliki kesempatan untuk kembali dan terutama dengan peran yang saya miliki, yang merupakan peran dengan banyak tanggung jawab dan ini adalah sesuatu yang sangat saya nantikan."

Pria berusia 37 tahun itu menjelaskan apa yang menarik baginya tentang posisi barunya di dalam struktur klub ini...

"Saya akan bekerja sama dari dekat dengan semua orang di Cobham, setiap departemen - kinerja, rekrutmen, tim - dan saya telah menjalani 20 tahun karier profesional dan 15 tahun di Inggris dengan tim-tim top. Saya telah memperoleh banyak pengalaman selama tahun-tahun itu."

"Ketika Anda seorang pemain, Anda selalu melihat hal-hal dengan cara yang sedikit berbeda dan Anda berpikir mengapa hal-hal tidak bisa berjalan seperti ini. Saya bisa menggunakannya untuk keuntungan saya karena saya tahu bagaimana perasaan seorang pemain atau apa yang mereka sukai atau apa yang mereka inginkan agar siap untuk tampil dan menjadi yang terbaik setiap hari. Ini adalah sesuatu yang saya ketahui, apa yang diperlukan untuk bersiap untuk menampilkan performa bagus dan ini yang ingin saya ciptakan, lingkungan kinerja tingkat tinggi - yang sudah ada tetapi saya ingin mendorongnya lebih jauh."

"Kami dapat bekerja dengan kecepatan terbaik untuk memastikan kami memiliki peluang terbaik untuk memenangi setiap pertandingan. Ini adalah sesuatu yang jelas lebih mudah diucapkan daripada dilakukan tetapi ada banyak hal yang dapat Anda kerjakan dan Anda bekerja dengan orang-orang dan sebagai tim, bekerja mencapai tujuan yang sama. Ini adalah sesuatu yang sangat sayanantikan karena saya suka memiliki kesempatan untuk memengaruhi sesuatu dan membuatnya berfungsi."


Cech yakin pengalaman tambahan yang ia miliki dengan pindah ke klub top Premier League lainnya, Arsenal, akan bermanfaat.

"Merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi saya untuk pergi ke Arsenal dan melihat bagaimana keadaan di sana, betapa berbeda lingkungannya. Di Chelsea kami adalah klub yang hidup dengan banyak perubahan, pergantian manajer, dan Arsenal adalah klub di mana tidak ada perubahan selama bertahun-tahun sehingga menambah pengalaman dan Anda melihat sesuatu secara berbeda. Kemudian semuanya berubah di Arsenal, orang-orang baru muncul pada musim lalu, seorang manajer baru, jadi ini menarik untuk melihat bagaimana evolusi itu bekerja dan Anda dapat mengambil ide, apa yang berhasil dan tidak berhasil dan apa yang mungkin bekerja lebih baik."

"Saya harus mengatakan saya tahu klub ini dengan sangat baik. Saya mengenal sebagian besar orang yang masih di klub, saya telah bekerja dengan mereka, jadi saya tidak melangkah ke sesuatu yang sama sekali tidak saya kenal. Saya memiliki ide yang sangat bagus tentang bagaimana klub dijalankan dan klub telah meraih sukses luar biasa selama 15 tahun terakhir dan kami ingin meneruskannya dan melanjutkan dengan kesuksesan yang sama, dan bahkan kesuksesan yang lebih baik di tahun-tahun mendatang."


Cech masih hanya beberapa minggu dari akhir karier bermainnya, tetapi untuk pertama kalinya ia mampu merenungkannya secara keseluruhan.

"Ini merupakan perjalanan yang luar biasa," katanya. "Jika Anda dilahirkan di Cekoslowakia di balik Tirai Besi maka Anda memiliki perspektif yang sama sekali berbeda tentang kehidupan. Lalu tiba-tiba ketika revolusi datang dan perbatasan membuka peluang datang, dan itu memainkan peran besar bagi saya karena kesempatan untuk pergi ke luar negeri atau melakukan perjalanan ke turnamen nasional."

"Anda mengawali karier dengan klub-klub kecil dan kemudian Anda pergi selangkah demi selangkah ke tim nasional. Ini adalah impian saya, bermain untuk tim nasional dan saya ingin bermain di divisi teratas. Setelah Anda memiliki itu Anda ingin bermain di Liga Champions dan pada usia 19 tahun saya melakukannya dan saya mulai bermain untuk tim nasional dan kemudian Anda berpikir baik-baik, apa langkah selanjutnya. Itu untuk pergi ke liga top dan melalui Prancis saya berakhir di sini dan di sinilah impian saya menjadi kenyataan."

"Maka Anda harus melakukan segalanya untuk memaksimalkannya dan mengingat kembali 20 tahun itu, dan 11 tahun di sini dan empat tahun di Arsenal, saya bisa mengatakan itu adalah perjalanan yang luar biasa."

Sebagai seorang penjaga gawang, salah satu kekuatan besar Cech adalah kemampuannya untuk menyingkirkan gangguan dan hanya fokus pada pekerjaannya, tetapi bagaimana rasanya setelah bertahun-tahun menjadi pemain Chelsea lalu menjadi kiper lawan?

"Kunjungan pertama ke Stamford Bridge sebagai pemain Arsenal adalah hal yang sulit karena rasanya sangat aneh bahwa Anda melakukan pemanasan di sisi lain dan Anda pergi ke ruang ganti lainnya, dan kemudian semua lagu ini diputar dan rasanya seperti Anda masih di sini, tetapi pada saat yang sama Anda tiba dengan tim yang berbeda."

"Hanya yang pertama  saya merasa sulit. Selama bermusim-musim, yang kedua dan ketiga kami bertemu berkali-kali. Kemudian saya merasa normal untuk datang sebagai tim tamu tetapi setiap kali Anda kembali, semua kenangan kembali. Anda tidak bisa melupakan 228 clean sheet, semua trofi yang Anda miliki, gelar ganda, dan kemenangan besar di kandang, Liga Champions, Piala Liga, semuanya."

"Anda tidak bisa melupakannya sehingga selalu ada perasaan khusus ketika Anda kembali. Kembali lagi benar-benar baru bagi saya sekarang, tetapi tidak terasa asing."

Baca: Petr Cech membahas final Liga Europa setelah performa impresif
 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA