Berita

Petr Cech Ditunjuk Sebagai Penasihat Kinerja dan Teknis

Petr Cech kembali ke Chelsea sebagai Penasihat Kinerja dan Teknis. Fokus dari jabatan ini adalah memberikan nasihat pada semua masalah kinerja dan sepak bola di klub serta menanamkan dan memfasilitasi hubungan yang kuat antara tim pria dan tim akademi, memastikan berbagai departemen pendukungnya dapat bekerja sama secara efektif.

Petr akan bertugas di Cobham dan akan bekerja sama dengan Direktur Chelsea Marina Granovskaia. Dia juga akan bertugas bersama tim pelatih tim utama dan staf backroom, bepergian bersama tim baik ketika bermain di kandang maupun kandang dengan penekanan tugas pada pada strategi dan kinerja.

Cech berkata: ‘‘Aku merasa sangat terhormat bisa mendapatkan kesempat untuk bergabung dengan Chelsea FC lagi dan membantu menciptakan lingkungan kinerja dengan level setinggi mungkin guna melanjutkan kesuksesan klub yang telah diraih selama lebih dari 15 tahun terakhir. Aku menantikan tantangan baru dan berharap dapat menggunakan seluruh pengetahuan dan pengalaman sepak bolaku untuk membantu tim mencapai kesuksesan yang lebih jauh lagi di masa depan.”

Marina Granovskaia berkata: “Dengan gembira kami menyambut datangnya kembali Petr ke Chelsea. Selama karier bermainnya di sini, dia adalah salah satu profesional yang paling berdedikasi, sukses, dan bijaksana. Kami selalu berharap ketika Petr sudah siap pensiun, kami ingin melihatnya lagi di Chelsea FC dan kami senang sekali bisa menambahkan keahlian dan pengetahuannya tentang sepak bola kepada staf teknis.”

Dalam karier cemerlangnya semasa bermain di Stamford Bridge, Cech sudah memenangi setiap penghargaan klub mayor yang mungkin dimenangi di level klub. Dia sukses memecahkan rekor clean sheet Chelsea yang sebelumnya dipegang oleh Peter Bonetti dan menjadi pemain asing dengan penampilan terbanyak kami.

Di musim pertamanya, 2004/05, Cech langsung mencatatkan rekor 24 clean sheet di Premier League dalam perjalanan kami meraih gelar juara dengan hanya kemasukan 15 gol dalam prosesnya. Dia juga sama impresifnya setahun kemudian ketika kami mempertahankan status sebagai tim terbaik di Inggris dengan pertahanan terkuat.

Dia berhasil mengalahkan cedera tengkorak retak di musim 2006/07 dan sukses membukukan clean sheet di final FA Cup pertama di stadion Wembley yang baru ketika kami mengalahkan Manchester United dengan skor 1-0. Dia kembali mengenyam kesuksesan di kompetisi itu pada 2009, 2010 – di mana ia melakukan penyelamatan penalti di final – dan pada 2012, ketika menghentikan tembakan pemain Liverpool, Andy Carroll untuk mempertahankan keunggulan kami.

Menit-menit terbaik pria kelahiran Republik Ceko selama membela Chelsea terjadi di final Liga Champions, di Munich. Setelah mementahkan eksekusi penalti Arjen Robben di babak tambahan, Cech melakukan dua penyelamatan lagi di babak adu penalti, yang memberikan jalan bagi Didier Drogba untuk membuat tendangan kemenangan.

Pada 2013, dia kembali meraih kesuksesan di Eropa, yakni di Liga Europa, dan meski jarang tampil di musim terakhirnya, 2014/15, dia berhasil meraih titel juara Premier League keempatnya dan mencatatkan clean sheet saat mengalahkan Tottenham di League Cup dalam laga yang digelar di Wembley.

Setelah tampil 494 kali untuk Chelsea dan memenangi 13 penghargaan mayor, Cech pindah ke Arsenal. Penampilan terakhir dalam kariernya sebagai pesepak bola dilakukan di final Liga Europa bulan lalu, dan tampil amat baik meski akhirnya mengakhiri laga dengan kekalahan.

Selamat datang kembali, Big Pete!

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA