Berita

Gianfranco Zola Tinggalkan Chelsea

Gianfranco Zola meninggalkan Chelsea setelah semusim bekerja sebagai asisten pelatih tim utama di Stamford Bridge.

Legenda the Blues ini kembali ke klub pada Juli tahun lalu untuk menjadi bagian dari staf backroom Maurizio Sarri. Dia berperan penting dalam membantu kompatriotnya, Sarri beradaptasi dengan sepak bola Inggris dan Chelsea. Dia pun menularkan keahlian dan pengalamannya, yang diperolehnya setelah bertahun-tahun bermain di level puncak, di lapangan latihan di Cobham.

Musim ini membuahkan hasil yang menggembirakan di mana kami finis di peringkat tiga dan menjadi juara Liga Europa, yang berarti Zola menambah satu medali juara dari ke empat medali yang dia peroleh semasa bermain di Stamford Bridge.

Zola, salah satu pemain terbaik sepanjang masa klub, pertama kali bergabung dengan Chelsea pada November 1996 dari Parma, mengakhiri musim pertamanya di sepak bola Inggris dengan menciptakan peluang yang diselesaikan Eddie Newton, dengan tumit belakangnya, saat mengalahkan Middlesbrough di final FA Cup. Dia juga terpilih sebagai Football Writers’ Association Footballer of the Year.

Selama berkarier di Stamford Bridge, Zola, yang terpilih sebagai Chelsea Player of the Year sebanyak dua kali, dikenal akan kemampuannya dalam mencetak gol-gol spektakuler, salah satunya berupa tendangan bebas dan tendangan voli back-heel cantik saat melawan Norwich di FA Cup 2002.

Gol Zola yang paling dikenang adalah gol yang memastikan gelar juara Piala Winners pada 1998. Dia berlari mengejar umpan Dennis Wise dan menyelesaikannya dengan brilian hanya beberapa detik setelah masuk ke lapangan, menyegel kemenangan 1-0 atas Stuttgart.

Setelah tampil sebanyak 312 untuk Chelsea, dia meninggalkan klub pada musim panas 2003 untuk bergabung dengan Cagliari yang bermarkas di pulau kelahirannya, Sardinia.

Dia memulai karier kepelatihannya dengan menjadi asisten pria yang pernah jadi rekan setimnya di Chelsea, Pierluigi Casiraghi, menukangi tim nasional Italia Under-21, sebelum kemudian menangani West Ham United dan Watford, yang dia bawa ke final play-off divisi Championship pada 2013.

Perannya bersama Cagliari, Al-Arabi dan Birmingham City dilanjutkan Zola, yang baru saja didapuk sebagai pemain-manajer tim Chelsea Legends dalam laga hujan gol kontra Real Madrid di Bernabeu.

Kami semua di Chelsea mengucapkan terima kasih kepada Gianfranco Zola atas kontribusinya sepanjang musim lalu di Stamford Bridge dan mengharapkan yang terbaik bagi babak berikutnya dalam kariernya. Dan tentunya, dia akan disambut dengan tangan terbuka jika kembali kemari.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA