Berita

Mantan Pemain Chelsea Arjen Robben Pensiun dari Sepakbola

Mantan pemain sayap Chelsea dan Belanda Arjen Robben telah mengumumkan masa pensiunnya.

Pria berusia 35 tahun itu sudah memastikan musim lalu akan menjadi yang terakhir bersama Bayern Munich setelah membantu tim Jerman itu memenangi gelar Bundesliga lainnya

Robben memulai kariernya di klub Belanda Groningen sebelum bergabung dengan PSV Eindhoven, di mana ia memenangi gelar Eredivisie.

Pemain sayap itu kemudian menandatangani kontrak bersama Chelsea selama musim panas 2004, kemudian mempersembahkan dua gelar Premier League berturut-turut, serta Piala FA, dan dua trofi Piala Liga.

"Saya telah memutuskan untuk mengakhiri karier saya sebagai pemain sepak bola profesional," kata Robben, yang bermain untuk Belanda dalam kekalahan final Piala Dunia 2010 oleh Spanyol.

"Ini, tanpa keraguan, keputusan tersulit yang harus saya buat dalam karier saya, sebuah keputusan di mana hati dan pikiran bertabrakan."

"Kecintaan terhadap sepakbola memberi Anda keyakinan bahwa Anda masih bisa menghadapi dunia, sebagai lawan dari kenyataan bahwa tidak semuanya berjalan seperti yang Anda inginkan dan Anda bukan lagi anak lelaki berusia 16 tahun yang tidak tahu apa artinya sebuah cedera."

"Saat ini saya sehat dan bugar, dan sebagai penggemar banyak olahraga lainnya, saya ingin tetap seperti itu di masa depan. Jadi saya pasti akan berhenti, tapi bagus juga."

Mengenai masa depannya, Robben menambahkan: "Sudah waktunya untuk bab berikutnya, dan saya berharap untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan istri dan anak-anak saya dan menikmati semua keindahan yang masih ada di depan kita."

Awal kariernya di Stamford Bridge terhambat oleh cedera metatarsal yang diderita pada masa pramusim, tetapi setelah melakukan debutnya pada Oktober 2004, ia memainkan peran utama dalam kesuksesan klub keluar sebagai juara liga untuk kali pertama selama 50 tahun, bermain di sisi sayap dalam formasi tiga penyerang dan berduet dengan Damien Duff, meskipun cedera lebih lanjut membuatnya absen di bagian akhir musim.

Dia mencetak tujuh gol dalam 18 pertandingan liga dan dinobatkan sebagai Player of the Month edisi November 2004, tetapi kalah dalam perebutan penghargaan pemain terbaik PFA Young Player of the Year dari pemain Manchester United Wayne Rooney.

Robben mengumpulkan medali juara Premier League keduanya untuk musim 2005/06, menyumbang enam gol dalam musim liga itu meskipun \\dua kartu merah dan lebih banyak cedera membuatnya hanya membukukan 28 penampilan.

Di musim ketiga dan terakhirnya bersama klub ia membuat kontribusi besar sebagai pemain pengganti  dalam dua kemenangan final piala kami, dia mengirim umpan untuk gol Didier Drogba melawan Arsenal di final Piala Carling dan membuat kontribusi di Wembley melawan Manchester United meskipun bermain jauh dari kondisi terbaik.

Spekulasi yang mengaitkannya dengan kepindahan ke Spanyol dengan Real Madrid berlangsung lama, dan akhirnya klub setuju untuk membiarkannya pergi, dengan harga 24.4 juta pound menurut laporan media, dua kali lipat dari yang kami keluarkan untuk membelinya. Total ia menjadi starter dalam 74 pertandingan untuk Chelsea dengan 32 penampilan sebagai pemain pengganti, mencetak 19 gol.

Robben bergabung dengan Bayern Munich pada 2009 dan merupakan pemain utama bagi klub Jerman ketika mereka mencapai final Liga Champions 2010, kalah dari Inter besutan Jose Mourinho, dan dikalahkan lagi, kali ini oleh the Blues di Munich pada 2012 - sebuah laga di mana ia melihat sepakan penaltinya di babak tambahan berhasil diselamatkan oleh teman baiknya Petr Cech.

Robben akhirnya mendapatkan trofi Liga Champions setahun kemudian, ketika ia mencetak gol kemenangan di Wembley di menit terakhir, dan mengalahkan rival Bundesliga Borussia Dortmund.

Dia menorehkan 96 penampilan untuk negaranya, mencetak 37 gol.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA