Internasional

Brasilnya Willian Raih Mahkota Juara Turnamen Amerika Selatan; Mantan the Blues John Mikel Obi Berharap Nigeria Sukses di Final

Meski mengalami cedera paha yang dilaporkan membuatnya absen di final Copa Amerika, Willian tetap dibawa sebagai pemain cadangan saat Brasil menundukkan Peru dan berhasil menyabet gelar juara turnamen di benua itu.

Pemain Chelsea ini dipanggil untuk memperkuat tim nasional Brasil menjelang turnamen dimulai untuk menggantikan Neymar yang cedera, dan ketika diturunkan sebagai pemain pengganti di dua laga, dia selalu memberi andil, dengan mencetak satu gol dan sukses mengeksekusi tembakan dalam adu penalti saat membantu negaranya lolos ke semifinal.

Dia juga diturunkan saat jeda turun minum di semifinal ketika Selecao menaklukkan rival terbesar mereka, Argentina, dan meski akibat cedera yang dideritanya dan situasi pertandingan membuatnya tidak akan diturunkan di final, Willian bisa tersenyum lebar menyusul kesuksesan Brasil merebut trofi pertamanya dalam 12 tahun terakhir.
 

Di final 2019, di turnamen tertua di benua itu, Brasil menekuk Peru dengan skor 3-1 di stadion Maracana, Rio de Janeiro, sekaligus mempertahankan rekor selalu menjadi juara di keempatkan kesempatan ketika menjadi tuan rumah. Mereka terakhir kali mengangkat trofi pada 1989.

Di laga kemarin (Minggu), Brasil tidak mengubah tim yang bermain di semifinal dan unggul 2-1 saat turun minum. Everton, striker klub Gremio, membuka keunggulan mereka sebelum kemudian disamakan oleh Peru melalui tendangan dari titik putih di menit ke-44 menyusul handball Thiago Silva. Eksekusi dilakukan oleh Paolo Guerrero yang bermain untuk klub di Brasil. Akhirnya, Brasil kembali unggul sebelum turun minum lewat pemain Man City, Gabriel Jesus.

Namun, permainan berubah ketika Jesus mendapat kartu kuning keduanya ketika laga tersisa 20 menit lagi. Meski demikian, penggemar tuan rumah bisa tenang setelah Everton mendapatkan hadiah penalti dan berhasil dikonversi oleh pemain the Toffees, Richarlison, yang sekaligus memastikan Brasil jadi yang terbaik di Amerika Selatan. Eks bek kiri kami, Filipe Luiz juga tampil bagi Brasil.

Sementara, di hari yang sama, Kenneth Omeruo jadi bagian dari tim Nigeria yang lolos ke perempat final Piala Eropa yang digelar di Mesir.

Negaranya berhasil mengalahkan juara bertahan Kamerun dengan skor 3-2. Sempat unggul satu gol, mereka harus mengejar ketertinggalan 2-1 sebelum turun minum.

Omeruo, bek tengah berusia 25 tahun, yang musim lalu dipinjamkan ke Leganes di Spanyol, bermain penuh di Alexandria dan menciptakan sebuah umpan silang di pertengahan babak pertama yang berhasil dimanfaatkan oleh pemain Nigeria. Sepakan eks striker Watford, Odion Ighalo sempat mengenai pemain lawan dan masuk ke gawang.

Kamerun membalikkan keadaan melalui dua pemain yang bermain di Prancis, Stephen Bahoken dan Clinton Njie. Akan tetapi, Ighalo kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah laga berjalan satu jam untuk mengubah kedudukan menjadi 2-2. Pemain Arsenal, Alex Iwobi memastikan kemenangan tiga menit kemudian.

Eks bek kami, Ola Aina, yang pindah permanen ke Torino musim panas ini menyusul peminjaman yang sukses di sana, berpartner dengan Omeruo di lini pertahanan Nigeria. Sayangnya, John Mikel Obi tidak ambil bagian lantaran cedera. Gelandang yang meninggalkan Chelsea pada 2017 setelah bergelimang trofi selama membela the Blues punya koleksi 89 penampilan untuk Nigeria dan jadi bagian dari negaranya saat menjuarai Piala Afrika enam tahun lalu. Dia dinyatakan tidak bugar untuk tampil lebih jauh dalam perjalanan mereka mengulangi prestasi itu pada 2019 ini. Dia juga menyatakan bahwa ini akan jadi turnamen internasional terakhirnya, dan mungkin laga terakhirnya untuk Nigeria.
 

Dia berkata, “Merupakan sebuah pengalaman yang luar biasa bagiku bersama tim nasional. Kupikir tiga belas tahun sudah cukup. Aku sudah memenangi trofi. Aku sudah melalui masa-masa yang hebat. Kurasa sekarang saatnya bagi anak-anak muda untuk melanjutkannya.”

“Di Mesir, aku lebih banyak menjadi pendukung dan memastikan agar mereka berada di jalur yang benar. Kurasa kehadiranku selalu penting bagi mereka, mudah-mudahan aku bisa menyelesaikannya dengan trofi.”

Di perempat final yang akan diselenggarakan Rabu nanti, Nigeria akan berhadapan dengan Afrika Selatan.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA