Laporan Pertandingan

Laporan: Bohemians 1 Chelsea 1

Era Frank Lampard sebagai pelatih kepala Chelsea dimulai dengan bermain imbang di Dublin setelah gol cepat Michy Batshuayi disamakan menjelang laga pertama di pramusim ini usai.

Pelatih kepala kami memberikan menit yang sama bagi 22 pemainnya selama 90 menit laga di ibu kota Irlandia. Mereka yang datang Senin kemarin masih belum dilibatkan.

Batshuayi sudah membuat kami unggul di menit kedelapan, menggetarkan gawang lawan setelah bola muntah hasil sepakan Kenedy datang ke arahnya, di dalam kotak 18 yard. Billy Gilmour dan Tiemoue Bakayoko nyaris menambah keunggulan kami tak lama setelah babak kedua dimulai namun the Blues gagal menambah gol dan malah kebobolan di menit-menit akhir.

Di laga berikutnya Sabtu nanti, kami akan berhadapan dengan St Patrick’s Athletic. Sebelum itu, tim akan kembali ke pusat latihan mereka di Dublin.

Lampard memulai laga dengan menggabungkan pemain muda dan pemain berpengalaman. Willy Caballero tampil di belakang empat bek yang di antaranya diisi oleh kapten Cesar Azpilicueta dan Kenedy, sementara lini tengah dihuni oleh Danny Drinkwater, Ethan Ampadu dan Academy Player of the Year Conor Gallagher. Batshuayi memimpin lini depan dengan didukung oleh Pedro dan Kasey Palmer.

Para pemain dan staf pelatih baru kami disambut oleh hujan di Dalymount Park, namun awan kemudian menghilang menjelang kick-off. Juga dilangsungkan aplaus selama semenit untuk mengenang seorang penggemar Chelsea, Oran Tully, yang meninggal tahun lalu dalam usia 19 tahun akibat penyakir serius.

The Blues memulai laga dengan formasi 4-2-3-1. Gallagher diposisikan sebagai gelandang terdepan dan mereka dengan cepat mendominasi klub yang kini bercokol di peringkat tiga Premier Division Irlandia. Mereka hanya butuh delapan menit untuk mencetak gol pertamanya di pramusim ini. Adalah Batshuayi, yang kembali dari masa peminjamannya di Crystal Palace, yang mengemas gol pembuka.

Gol pertama di era Lampard: CHE 1-0 BOH

Kenedy merangsek ke depan di sisi kiri lapangan dan mencoba menembak dari luar kotak penalti, namun arah bola tampak melebar sebelum akhirnya terkena si striker asal Belgia. Bola bergulir ke arahnya dan diselesaikan dengan sempurna ke sudut atas gawang, mengecoh kiper James Talbot yang menjatuhkan diri untuk menghalau bola.

Tim tamu terus mendominasi penguasaan bola di seperempat jam pertama dan kebugaran mereka pun terlihat baik menghadapi lawan yang sudah menjalani dua pertiga kompetisi di liga mereka. Tendangan bebas Pedro dari posisi menjanjikan masih terlalu tinggi, kemudian menyusul sebuah serangan dari sayap kanan, penyelesaian Gallagher masih melenceng dari sasaran.

Ampadu menghidupkan lini tengah di babak pertama

Lini tengah kita pun tampil menggigit di mana Ampadu dan Drinkwater terus melakukan tekel demi tekel. The Bohs perlahan mulai menemukan permainannya dan memaksa Caballero melakukan penyelamatan pertamanya 10 menit menjelang turun minum. Dari tengah lapangan, eks pemain muda Brighton, Danny Mandriou, menggiring bola ke area tembak, namun sepakannya masih bisa dimentahkan oleh kiper asal Argentina kami.

Chelsea menurunkan tim yang sama sekali berbeda di babak kedua, dari skuat tahun lalu ada Davide Zappacosta, serta pemain-pemain pinjaman yang kini pulang, yaitu Bakayoko, Kurt Zouma dan Izzy Brown.

The Blues memulai babak kedua dengan apik dan nyaris menggandakan keunggulan 10 menit di babak kedua. Gelandang serang Gilmour langsung mengancam dan sepakan pemain internasional Skotlandia Under-21 itu masih mengenai jaring gawang yang kemudian disusul dengan sepakan keras Bakayoko dimentahkan oleh pemain bernomor punggung satu the Bohiemans.

Gilmour kembali nyaris menggandakan kedudukan setelah memulai pergerakan di tengah lapangan dengan mengirim umpan ke Lucas Piazon. Pemain asal Brasil itu mengembalikan bola ke pemuda 20 tahun di jarak 20 yard dari gawang. Memanfaatkan kelincahan kakinya, ia berhasil mendapat ruang tembak, tetapi bola masih bisa ditepis Talbot sambil menjatuhkan diri.

Gilmour dua kali nyaris menggandakan kedudukan di babak kedua

Kebugaran menjadi fokus di babak kedua dan Bohemians pun melakukan sejumlah pergantian, meski kemudian kecepatan permainan sedikit menurun. Tuan rumah berhasil beberapa kali menguji Jamie Cumming, kiper kami di babak kedua, namun dengan sepakan-sepakan yang kurang akurat.

Di menit-menit akhir, klub asal Irlandia itu berhasil menyamakan kedudukan lewat pemain trial Eric Molloy yang melakukan aksi individu.

Setelah Zappacosta memenangi bola di sayap kanan, masih ada waktu bagi Ike Ugbo untuk menciptakan ancaman sekaligus gol kemenangan namun cungkilannya untuk melewati kiper lawan yang maju ke depan masih bisa dihentikan di dekat garis gawang. Dari sebuah kemelut, Brown menembak bola ke gawang Bohemians namun skor tetap tidak berubah dan laga pun berakhir imbang.

Bos baru kami mengamati dari touchline

Kini skuat Lampard akan melanjutkan latihan keras mereka di tempat latihan sebelum kemudian kembali bertanding melawan St Patrick’s tiga hari lagi.


Chelsea XI di babak pertama (4-2-3-1) Caballero; Sterling, Azpilicueta (c), Guehi, Kenedy; Ampadu, Drinkwater; Pedro, Gallagher, Palmer; Batshuayi
Babak kedua Chelsea XI Cumming; Zappacosta, Chalobah, Zouma, Maatsen; Baker, Bakayoko; Piazo, Gilmour, Brown; Ugbo
Pencetak gol Batshuayi (8)

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA