Laporan Pertandingan

Laporan: St Patrick's 0 Chelsea 4

Chelsea meraih kemenangan pertamanya di musim panas ini, di Irlandia, berkat gol-gol yang diciptakan oleh Mason Mount, Emerson, dan Olivier Giroud yang memberikan kemenangan 4-0 atas St. Patrick’s Athletic.

Ini adalah laga kedua kami di pramusim ini menyusul laga kontra Bohemians pada tengah pekan. Di laga ini pula pasukan Frank Lampard memetik kemenangan pertamanya. Seperti laga pertama, banyak pemain muda yang diberi kesempatan untuk menunjukkan kemampuan mereka dan adalah pemain yang baru berusia 20 tahun, Mason Mount yang memecah kebuntuan di menit ke-15.

Emerson menggandakan keunggulan kami setelah setengah jam lewat sebuah sepakan jarak jauh. Di pertengahan babak kedua, giliran Olivier Giroud menambah keunggulan kami dengan menyelesaikan umpan silang Kenedy dari dekat gawang. Pemain yang sama kemudian mencetak gol keempat.

Hasil ini menutup tur pertama di musim panas ini dengan kemenangan dan kini tim akan kembali ke London sebelum kemudian bertolak ke Jepang pada Selasa.

David Luiz, Jorginho, dan Mateo Kovacic tampil untuk pertama kalinya di pramusim ini, serta kembalinya pemain pinjaman Fikayo Tomori dan Mason Mount.

Dengan pemain-pemain yang datang di gelombang dua, the Blues punya lebih banyak pilihan dan memasang formasi 4-4-2 dengan formasi tengah diamond. Michy Batshuayi bersama Tammy Abraham berduet di depan. Di lini belakang, Tomori berpartner dengan David Luiz di jantung pertahanan sementara Willy Caballero menjaga gawang.

Laga di Richmond Park diawali dengan cemerlang, di stadion yang terisi penuh, dengan banyak pendukung Chelsea yang vokal. Di lapangan, Batshuayi terus terlibat selama 15 menit pertama, berniat menambah koleksi gol dari yang ia ciptakan ke gawang Bohemians tiga hari lalu.

Pemain asal Belgia itu memaksa kiper the Pats, Barry Murphy membuat penyelamatan di menit ketiga dengan sebuah tepisan keras. Sebuah sepak pojok dari Mount menghasilkan ancaman lewat flick David Luiz yang menyambar bola tersebut. Bola meleset dari gawang, Batshuayi kurang beruntung ketika sontekannya belum berhasil.

GOL! Mount Membuka Keunggulan 1-0⚽️

Tiang gawang membatalkan tembakan pria 25 tahun itu, setelah menerima umpan cerdik dari Mount dan menggerakkan bola ke depan kotak penalti sebelum kemudian menembak tiang gawang. Akhirnya, gol tercipta di menit ke-15 lewat Mount, yang memainkan laga senior pertamanya untuk klub yang sudah ia bela sejak usia delapan, yang sukses menjebol gawang lawan.

Jorginho punya peran penting dengan umpan tajam yang diarahkan si gelandang, yang kemudian membelah pertahanan lawan dengan giringan bola yang cerdik. Pemain Inggris Under-21 itu kemudian menguasai bola dan mempermainkan bola sebentar untuk mengecoh kiper kemudian memasukkan bola ke gawang.

Batshuayi gagal mencetak gol di babak pertama

St. Patrick kesulitan menghadapi kecepatan permainan lini tengah Chelsea dan peluang pun terus berdatangan. Batshuayi punya peluang dua kali, pertama bisa diblok lawan dan kedua masih bisa dihalau di waktu yang tepat oleh David Webster, sebelum kemudian ia sepak melambung.

Tiang gawang kembali menjadi lawan kami ketika laga berjalan setengah jam. Tembakan Barkley dari jarak 20 yard menerpa tiang gawang meski Murphy tak mampu menghalau bola tersebut.

Skor menjadi 2-0 lewat sepakan jarak jauh Emerson. Pemain asal Italia itu menerima bola dari sisi kiri lalu mendapat ruang tembak. Bola sedikit berpilin dan Murphy pun takluk. Bola masuk ke tengah gawangnya.

GOL! 2-0 dari Emerson ⚽️

Kiper the Pats itu kemudian menggagalkan usaha Batshuayi lewat refleks memukau. Ia kemudian menggagalkan tendangan bebas Barkley lalu merebut bola dari kaki Abraham, usai mendapat umpan manis dari Kovacic.

Ketika turun minum, Lampard mengganti ke-11 pemain dan formasi pun berubah menjadi 4-2-3-1. Olivier Giroud memimpin lini serang dan Cesar Azpilicueta mengambil ban kapten.

Kasey Palmer menguji Murphy sebelum Giroud melakukan sebuah upaya yang spektakuler. Pedro dan Palmer melakukan kerjasama yang berhasil membuka ruang Giroud.

Murphy terus tampil memukau, kali ini dengan menggagalkan upaya Pedro dan Kenedy. Si pemain Brasil itu kemudian menciptakan assist untuk gol ketiga kami di 22 menit terakhir. Beroperasi di kiri, ia melepas sebuah umpan silang jitu yang disambar oleh Giroud dengan tendangan setengah voli.

Lampard di dugout bersama asistennya, Jody Morris dan Joe Edwards

The Pats baru saja tampil di Liga Europa beberapa hari yang lalu sehingga mereka terus melakukan perubahan seiring laga. Striker muda usia, Eric Molloy, masuk dan kembali berhadapan dengan bek-bek kami. Jika di laga sebelumnya ia mencetak gol bagi Bohemians yang melakukan uji coba terhadapnya, di laga ini ia tak mampu mengulangi sejarah itu.

Ketika laga hampir berakhir, Giroud kembali membobol gawang lawan. Mengiring bola dari sisi kiri, ia maju ke kotak penalti lalu menyelesaikan sendiri bola ke sudut bawah gawang lawan.

Kerja keras dan dampak positif terlihat selama sembilan hari di Irlandia. Setelah ini, skuat akan terbang ke Jepang pekan depan untuk menghadapi Kawasaki Frontale dan Barcelona.


Chelsea XI Babak pertama Caballero; Zappacosta, Tomori, David Luiz (k), Emerson; Jorginho, Mount, Kovacic, Barkley; Abraham, Batshuayi
Babak kedua Cumming, Alonso, Zouma, Christensen, Azpilicueta (k), Bakayoko, Gilmour, Giroud, Kenedy, Pedro, Palmer
Pencetak gol Mount 15; Emerson 31; Giroud 68, 88

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA